sign up SIGN UP

Dikenal Cinta Damai, Berikut Kelebihan dan Kekurangan dari Kepribadian Plegmatis!

Retno Wulandari | Rabu, 12 Jan 2022 21:30 WIB
Dikenal Cinta Damai, Berikut Kelebihan dan Kekurangan dari Kepribadian Plegmatis!
caption
Jakarta -

Ada empat kepribadian yang dikenal dengan istilah four temperaments. Keempat kepribadian tersebut antara lain sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Di antara keempat kepribadian tersebut, plegmatis adalah satu-satunya kepribadian yang dikenal cinta damai dan easy going, lho.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kepribadian plegmatis, berikut kelebihan dan kekurangannya yang dilansir dari Better Help!

Ciri-ciri Kepribadian Plegmatis

Seseorang yang memiliki kepribadian plegmatis umumnya cenderung lebih tenang, cinta damai, dan easy going. Mereka juga memiliki kepedulian dan rasa simpati yang cukup tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya.

Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis
Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis/ Foto: Freepik @lookstudio

Dalam hal mengekspresikan emosi, sayangnya orang-orang dengan kepribadian plegmatis lebih nyaman menyembunyikan emosinya. Oleh sebab itu, mereka jarang terlihat marah ketika berdebat dengan orang lain.

Mereka juga memiliki sifat introvert tapi senang bekerja sama dengan banyak orang. Mereka bukanlah pribadi yang penuh akan ambisi dan cenderung pasif. Dalam mengambil keputusan, kepribadian plegmatis sangat mudah setuju dengan keputusan orang lain.

Kelebihan Kepribadian Plegmatis

Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis
Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis/ Foto: Freepik @lookstudio

Sebagai pribadi yang dikenal cinta damai, orang-orang dengan kepribadian plegmatis cenderung suka menikmati hidup yang damai bersama keluarga, teman, dan pasangannya. Bahkan mereka sangat setia ketika menjalin hubungan pertemanan atau percintaan, lho, Beauties.

Kesulitan dalam mengekspresikan emosi ternyata membuat orang-orang plegmatis terhindar dari emosi berlebihan yang tidak terkontrol. Ini merupakan jadi salah satu kelebihan dari kepribadian plegmatis yang patut untuk ditiru.

Kelemahan Kepribadian Plegmatis

Tidak hanya kelebihan, orang-orang plegmatis juga memiliki kekurangan khususnya dalam bersosialisasi. Meskipun easy going, mereka memiliki sedikit sifat introvert sehingga sulit untuk masuk ke dalam circle baru.

Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis
Kelebihan dan kekurangan kepribadian plegmatis/ Foto: Freepik @haritanita

Kekurangan lainnya yang dominan dari kepribadian plegmatis adalah sulit untuk menerima perubahan. Karena terlalu santai, orang-orang plegmatis cenderung membiarkan segala sesuatu terjadi begitu saja.

Mereka bukan pribadi yang cepat dalam mengambil keputusan. Hal inilah yang membuat mereka dengan mudah menyetujui keputusan orang lain.  Dalam mewujudkan tujuan hidup, orang-orang plegmatis kurang bertekad untuk mewujudkannya.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian plegmatis, Beauties. Apakah relate dengan kepribadian kamu?

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id