sign up SIGN UP

Dipenjara 3 Tahun Tanpa Dakwaan, Putri Saudi yang Gencar Bela Hak Perempuan Kini Bebas

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 10 Jan 2022 14:46 WIB
Dipenjara 3 Tahun Tanpa Dakwaan, Putri Saudi yang Gencar Bela Hak Perempuan Kini Bebas
caption
Jakarta -

Setelah ditahan tiga tahun di penjara, seorang putri Arab Saudi akhirnya dibebaskan dari penjara dan dapat menghirup udara segar. Sebelumnya, ia mendekam di balik jeruji besi tanpa dakwaan bersama sang anak di Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi.

Putri tersebut adalah Putri Basmah Binti Saud bin Abdulaziz Al Saud (57). Putri Basmah adalah anak bungsu dari Raja Saud dan Jamila binti Asab Ibrahim Marei dan merupakan anggota inti keluarga kerajaan. Ia juga merupakan keponakan dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Maka ia bersepupu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Kronologi Putri Basmah Dijebloskan ke Penjara

Putri Basmah binti SaudPutri Basmah binti Saud/ Foto: YouTube Peter Fisk

Berita pembebasan Putri Basmah disampaikan oleh kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) pada Sabtu (8/1) waktu setempat, seperti dilansir dari kantor berita AFP. Ia dibebaskan dari penjara Al Ha'ir bersama sang putri, Sohoud A Sharif.

"Sang putri (Basmah binti Saud) dan putrinya Suhoud telah dibebaskan. Dia ditolak (memperoleh) perawatan medis yang dia butuhkan untuk kondisi yang berpotensi mengancam nyawa. Selama penahanannya, tidak ada tuduhan yang ditujukan padanya," demikian dilaporkan kelompok HAM ALQST melalui Twitter, seperti dikutip dari detikNews.

Sebelumnya pada akhir Februari 2019 lalu, Putri Basmah ditangkap saat ia hendak bepergian ke Swiss untuk mendapatkan perawatan medis. Kala itu, seorang kerabat dekatnya menyebut bahwa Putri Basmah dituduh mencoba memalsukan paspor.

Namun, penangkapan Putri Basmah diduga karena ia gencar melontarkan kritik kepada pemerintah Arab Saudi. Tak hanya Putri Basmah, pihak kepolisian juga diketahui menangkap aktivis Manal al-Sharif.

Penasihat hukum Putri Basmah, Henri Estramant mengatakan Putri Basmah dan Manal al-Sharif dituduh melakukan 'pelanggaran kriminal' yang tidak disebutkan. Akhirnya, mereka berdua dijebloskan ke penjara namun tidak pernah secara resmi didakwa dengan kejahatan apa pun.

Sempat Memohon Dibebaskan karena Alasan Kesehatan

Putri Basmah binti SaudPutri Basmah binti Saud/ Foto: Instagram/princess.basmah

Saat ditahan di penjara, Putri Basmah rupanya sempat memohon kepada Raja Salman dan MBS agar dibebaskan karena alasan kesehatan dan ia 'tidak melakukan kesalahan'. Diketahui Putri Basmah mengidap beberapa penyakit, seperti jantung, osteoporosis, dan masalah pencernaan yang parah.

Pada 2020 lalu, ia menyampaikan permohonan tersebut melalui sebuah surat yang disebarkan melalui akun Twitter pribadinya.

"Apakah Anda menyadari (?) Saya sekarang ditahan secara sewenang-wenang di penjara Al-Ha'ir tanpa dakwaan kriminal atau dakwaan apapun," tulis Putri Basmah dalam suratnya, seperti dikutip dari detikNews.

"Kesehatan saya memburuk hingga ke kondisi ini (parah) dan dapat menyebabkan kematian saya," sebutnya. "Saya belum mendapatkan perawatan medis atau bahkan tidak menerima tanggapan atas surat-surat yang saya kirimkan dari penjara ke Pengadilan Kerajaan," tambahnya.

Profil Putri Basmah: Pebisnis hingga Aktivis Perempuan

Putri Basmah binti SaudPutri Basmah binti Saud/ Foto: Instagram/princess.basmah

Selain dikenal sebagai pebisnis dan penulis, Putri Basmah dikenal sebagai sosok yang aktif dalam dunia aktivisme dan hak-hak perempuan. Ia vokal dalam memprotes maupun melontarkan kritik terhadap berbagai kebijakan Kerajaan terhadap perempuan di Arab Saudi.

Melansir dari CNN Indonesia, Putri Basmah dikenal karena sesekali mencetuskan opininya soal Arab Saudi kepada media. Hal ini jarang dilakukan oleh bangsawan, terutama perempuan.

Ia diketahui mengkritik sistem hukum kerajaan, yang didasarkan pada hukum Syariah. Putri Basmah juga menyerukan negara mengadopsi konstitusi yang melindungi hak-hak warga negara.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id