sign up SIGN UP

Drakor yang Mengajarkanmu Berani Konsultasi ke Psikolog Saat Alami Masalah Kesehatan Mental

Dian Purnamasari | Beautynesia
Minggu, 24 Oct 2021 10:30 WIB
Drakor yang Mengajarkanmu Berani Konsultasi ke Psikolog Saat Alami Masalah Kesehatan Mental
Jakarta -

Menonton drakor terkadang dapat mengajarkan kita tentang banyak hal, salah satunya adalah berani kosultasi ke psikolog saat mengalami masalah kesehatan mental.

Seperti yang diketahui, terutama di Indonesia, konsultasi ke psikolog masih menjadi hal tabu untuk dilakukan. Melansir laman detikcom, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr. Eka Viora SpKJ, mengatakan, “Di Indonesia terdapat sekitar 15,6 juta penduduk yang mengalami depresi. Sayangnya hanya 8 persen yang mencari pengobatan ke profesional”

Hal ini dikarenakan banyak stigma negatif yang ditujukan pada seseorang yang melakukan konsultasi ke psikolog. Beberapanya di antaranya adalah, anggapan bahwa orang tersebut gila, memiliki iman dan mental yang lemah karena tidak mampu mengatasi masalah hidupnya sendiri. Selain itu, masalah biaya yang harus dikeluarkan ketika konsultasi juga menjadi salah satu faktor orang enggan konsultasi ke psikolog.

Dilansir dari CNN, Psikolog Della Nova Nusantara mengatakan, “Gangguan kesehatan mental itu bukanlah hal yang tabu, bukan pula aib, sama seperti saat fisik kita sedang terluka, capek, kadang butuh istirahat, butuh terapi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya saat itu. Begitu juga dengan kesehatan mental, diperlukan terapi yang tepat untuk menjaga kesehatannya”

Nah, agar pemahamanmu tentang kesehatan mental menjadi bertambah, serta berani untuk konsultasi ke psikolog. Coba nonton beberapa rekomendasi drakor, yang mengajarkanmu berani konsultasi ke psikolog saat mengalami masalah kesehatan mental ini yuk, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id