sign up SIGN UP

Fenomena Langka, 5 Planet Ini Akan Terlihat Sejajar Sepanjang Bulan Juni, Bisa Dilihat dari Indonesia?

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 07:00 WIB
Fenomena Langka, 5 Planet Ini Akan Terlihat Sejajar Sepanjang Bulan Juni, Bisa Dilihat dari Indonesia?
caption
Jakarta -

Beauties, di bulan Juni ini akan terjadi fenomena langka, lho. Di bulan ini kita akan menyaksikan lima planet terlihat sejajar dari bumi. Lima planet tersebut adalah adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Fenomena langka yang disebut dengan konjungsi kuintet ini, bisa kau saksikan langsung dengan mata telanjang. Jadi, meskipun nggak punya teleskop, kamu tetap bisa menyaksikannya. Hanya saja, kalau dilihat dengan mata telanjang, kelima planet sejajar ini akan terlihat seperti bintang yang bersinar dan nggak berkelap-kelip.

Fenomena langka lima planet sejajar
lima planet sejajar/Foto: detik.com

Kok Bisa?

Dilansir dari Live Science, sebenarnya di ruang angkasa, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus ini nggak sejajar. Namun, karena kita melihatnya dari Bumi yang mana jarak pandangnya sangat jauh, membuat kelima planet tersebut jadi kelihatan seperti sejajar atau bersebelahan. 

Fenomena planet sejajar di bulan Juni
planet sejajar/Foto: pexels.com/Min An

Kamu juga mungkin bertanya-tanya kenapa fenomena seperti ini nggak terjadi setiap tahun? Masih dilansir dari Live Science, hal ini dikarenakan setiap planet punya jadwal mengelilingi matahari yang berbeda-beda alias nggak teratur. Misalnya, Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun, dan Saturnus setiap 29 tahun. 

Apakah Fenomena Ini Tampak di Indonesia?

Fenomena lima planet sejajar di Indonesia
fenomena langka/Foto: pexels.com/Kendall Hoopes

Of course! Dilansir dari Detik, untuk Indonesia sendiri, fenomena ini akan berlangsung pada 4-15 Juni 2022, 16-27 Juni 2022, dan 28-30 Juni 2022. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan fenomena langit yang langka ini, ya. 

Nah, untuk waktu terbaiknya, kamu disarankan untuk menyaksikan penjajaran lima planet ini 45 menit sebelum matahari terbit sesuai zona waktu masing-masing wilayah. Pastikan juga cuaca cerah, dan nggak ada gedung, pohon, gunung, polusi cahaya, serta hal-hal lain yang dapat menghalangi kamu menyaksikan fenomena konjungsi kuintet ini.

Sayangkan, kalau momen langka ini terlewatkan dengan sia-sia dan harus menunggu 18 tahun lagi untuk melihat fenomena sejajarnya kelima planet ini. 

Lalu, bagaimana cara membedakan lima planet ini dengan bintang? Untuk membedakannya, kamu bisa melihat cahaya yang paling stabil alias nggak berkelap-kelip. Sebab, yang berkelap-kelip adalah bintang. Mudah, kan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id