STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Google Doodle Hari Ini Kenang Kelahiran HR Rasuna Said, 'Sang Singa Betina' Pahlawan Perempuan Indonesia

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 18:30 WIB
Google Doodle Hari Ini Kenang Kelahiran HR Rasuna Said, 'Sang Singa Betina' Pahlawan Perempuan Indonesia

Beauties yang tinggal di Jabodetabek, boleh jadi sudah tidak asing dengan jalan raya HR Rasuna Said, di Jakarta.

Hari ini, 14 September merupakan ulang tahunnya yang ke 112, Beauties. Google pun turut memeriahkan dengan membuatkan doodle. Kamu sudah buka Google hari ini?

Lantas seperti apa sepak terjang pahlawan perempuan ini? Google/Doodle menulis, ia dikenal sebagai singa betina, sebab kerap menyuarakan hal-hal sosial terutama hak-hak perempuan, guru, juga jurnalis.

Rasuna lahir di dekat danau Maninjau, Sumatra Barat pada tahun 1910. Sejak usianya masih muda, dirinya memang tertarik dengan berbagai isu terkini, dan prestasinya di bangku pendidikan juga tergolong murid yang cerdas! Nggak heran nih kalau dirinya memang cocok dijadikan role model bagi anak muda.

Rasuna said dikenal dengan sikap kritisnyaRasuna said dikenal dengan sikap kritisnya/Foto: Twitter/ArsipNasionalRI

Pada tahun 1926, dirinya diundang untuk bergabung dengan Sarikat Rakyat, yang kala itu mengkritik kolonialisme Belanda dan perlakuan yang tidak adil pada perempuan. Jelas bukan tanpa risiko, pasalnya pada tahun 1932 dirinya ditahan karena hal itu.

Usai keluar dari penjara, dirinya berkecimpung di dunia jurnalistik dan menjadi pemimpin majalah lho, Beauties! Nggak berhenti di situ, ia pun juga bergabung menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat hingga akhir hayatnya.

Pemilik nama Hajjah Rangkayo Rasuna Said itu meninggal dunia di usia 55 tahun, pada 2 November 1965 dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE