sign up SIGN UP

Hati-hati, Terbiasa Lakukan Hal Ini Bikin Kamu Sulit Jadi Orang Kaya!

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 22:15 WIB
Hati-hati, Terbiasa Lakukan Hal Ini Bikin Kamu Sulit Jadi Orang Kaya!
caption
Jakarta -

Siapa sih yang nggak mau jadi orang kaya? Kebanyakan dari kita menginginkannya. Maka nggak heran sederet usaha telah dilakukan demi bisa mencapai titik itu.

Tetapi, apa saja yang sudah kamu usahakan selama ini, Beauties? Apakah cukup dengan bekerja keras? Menurut David Rae, seorang Certified Financial Planner kepada Forbes, ada beberapa hal yang bikin kamu susah jadi orang tajir.

Sulit Bedakan Gaji Tinggi dengan Jadi Kaya

Leo suka belanja yang berbau kemewahanHati-hati, Terbiasa Lakukan Hal Ini Bikin Kamu Sulit Jadi Orang Kaya!/ Foto: Foto: Unsplash/ Freestocks

Hal utama yang bisa dilakukan untuk menjadi kaya adalah bisa membedakan antara bergaji tinggi dan menjadi kaya raya. Biasanya dengan bergaji tinggi, otomatis membuat biaya gaya hidup menaik agar terlihat wah.

Orang yang ingin kaya atau lebih kaya lagi, justru memanfaatkan gaji tinggi tersebut untuk berinvestasi dan memiliki keputusan finansial yang baik, alih-alih demi hidup yang terlihat mewah.

Dan tak jarang, demi mempertahankan gaya hidup mewah, maka bisa berisiko hidup dengan melebihi gaji. Beauties, sebenarnya sah-sah aja kok ingin beli barang-barang branded. Tapi bila itu sampai berlebihan dan bikin kamu terjebak utang konsumtif, maka tandanya sudah tidak sehat, ya.

Tunggu Kaya dulu untuk Investasi

Memulai investasi dengan memahami risikonya.Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/rawpixel.com/

Banyak orang merasa hanya orang-orang kaya atau berpenghasilan fantastislah saja yang bisa berinvestasi. Dengan pemikiran demikian, membuat mereka menunda untuk berinvestasi, hingga setidaknya mencapai standar gaji yang mereka anggap sudah bisa untuk berinvestasi.

Padahal, investasi itu sendiri bisa dimulai dari nominal relatif rendah. Selain itu, saat ini kita juga dimudahkan dengan aneka tawaran investasi sesuai kemampuan. Tapi pastikan dulu kalau kamu sudah mempelajarinya sebelum terjun ya, Beauties.

Menurut David, memang investasi pun ada risikonya, seperti kerugian. Tetapi seiring berjalannya waktu, risiko untuk tidak berinvestasi justru lebih besar. Misalnya risiko kehabisan uang di masa pensiun.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Nah, apakah mengadopsi gaya hidup tidak sehat juga kerap kamu lakukan? Beauties, tampaknya untuk menjadi sehat memang butuh ongkos yang nggak murah, seperti kita tahu makanan organik yang harganya lebih mahal misalnya.

Tapi, kalau sakit juga butuh biaya yang nggak sedikit. Karena itu, lebih baik alokasikan uangmu untuk gaya hidup sehat sesuai kemampuan. Bahkan ada juga kok yang gratis! Seperti rutin berolahraga sendiri (bukan di gym), istirahat yang cukup, dan pola makanan yang sehat.

[Gambas:Youtube]

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id