sign up SIGN UP

Hati-hati! Tonton Spider-Man: No Way Home Secara Legal Saja, Sebab Ada Ancaman Penjahat Siber atau Phising Menanti

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 23 Dec 2021 19:45 WIB
Hati-hati! Tonton Spider-Man: No Way Home Secara Legal Saja, Sebab Ada Ancaman Penjahat Siber atau Phising Menanti
caption
Jakarta -

Euforia film Marvel terbaru, Spiderman: No Way Home tentu saja masih ramai. Tetapi pastikan kamu hanya menikmati film superhero satu ini secara legal, Beauties.

Alasannya dapat menjadi 'ladang subur' buat para pelaku kejahatan siber lewat halaman phising.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Dikutip dari CNN Indonesia, peneliti Kapersky tengah mengamati aktivitas intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdana film ini. Hasilnya, temuan berupa banyak contoh situs web phising yang dibuat, yang tentu saja untuk mencuri data pribadi berupa detail bank kamu.

Jadi, untuk bisa menonton film ini, pengguna diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kreditnya. Kemudian uang yang didebit dari kartu kredit pengguna juga data pembayaran itu dikumpulkan oleh penjahat siber, tetapi tentu nggak dengan penayangan film seperti yang sudah dijanjikan.

Adegan Ciuman Spider-ManAdegan Ciuman Spider-Man/ Foto: Istimewa

Fanart yang Menarik Perhatian

Daya tarik pada laman phising semakin menarik perhatian sebab menampilkan fanart semua aktor Spider-Man. Selain itu, peneliti Kapersky juga menemukan Adware bahkan Trojan berbahaya yang dapat mengumpulkan informasi, mengubah data, serta mengganggu kinerja komputer, bila pengguna menginstal program tertentu.

Para penjahat siber ini memanfaatkan keantusiasan penonton, terlebih bagi penggemar yang punya teorinya masing-masing dan sudah sejak lama mengikuti film ini. Sehingga penonton dibuat ingin mengetahui jawaban atas teori itu dengan terburu-buru mengunduh file yang padahal berbahaya.

Spider-Man : No Way HomeSpider-Man : No Way Home/ Foto: Tyas Arini

Agar Terhindar dari Phising

Pastikan kamu menhindari tautan mencurigakan, seperti link untuk penayangan awal film maupun serial TV, meski dengan daya tarik tertentu. Seperti bocoran-bocoran dari film, dan sebagainya.

Cek juga URL dan ejaan nama perusahaan. Pasalnya beda 1-2 huruf kalau nggak teliti, maka bisa menjebakmu. Perhatikan juga file yang kamu download. File video biasanya nggak punya ekstensi .exe atau .ms.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id