sign up SIGN UP

Hore! Working Holiday Visa Australia Sudah Dibuka Kembali, Ini Syaratnya Beauties!

zulfa farhuna | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 20:00 WIB
Hore! Working Holiday Visa Australia Sudah Dibuka Kembali, Ini Syaratnya Beauties!
caption

Selama Pandemi Covid-19, hampir semua negara memperketat aturan warga negara asing (WNA) yang ingin masuk. Hanya WNA dengan status perjalanan dan kepentingan tertentu yang diizinkan masuk maupun transit. Tak terkecuali kebijakan yang ada dari negara asal Kanguru, yaitu Australia.

Australia sendiri merupakan salah satu benua yang letaknya bersebelahan dengan Indonesia. Banyak panorama yang bisa dinikmati di negeri kanguru tersebut selain Sydney Opera House. Nah, bagi pekerja digital nomad, Australia seperti surga.

Karena Australia merupakan satu-satunya negara yang memberikan Working Holiday Visa (WHV) bagi warga negara Indonesia. Apa saja persyaratannya? Dan bagaimana ketentuan untuk membuatnya? Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

Apa Itu Working Holiday Visa?

stampel visa dari berbagai negara
visas stamp/Foto: pinterest.com/gib

Kabarnya, semenjak 21 Februari 2022 Australia telah membuka border untuk turis asing yang ingin masuk ke negaranya. Sehingga visa on arrival, visa kunjungan, hingga visa bekerja bisa di apply kembali untuk masuk ke Australia. Salah satunya yaitu Working Holiday Visa, yang mana merupakan visa yang diberikan kepada anak muda yang berminat bekerja sambil berlibur di Australia.

Dalam prosesnya, WHV sendiri terbagi ke dalam dua sub-class. Ada sub-class 417 dan 462. Untuk negara Indonesia, Malaysia, China, Thailand, Singapura, Peru, dan lainnya masuk ke dalam sub-class 462.

Lalu negara Belgia, Perancis, Kanada, Jerman, Jepang, Korea Selatan, dan lainnya masuk ke dalam sub-class 417. Perbedaan sub-class ini berdampak pada perbedaan dokumen yang harus di kumpulkan saat mendaftar WHV.

Untuk Siapa Working Holiday Visa Ditujukan?

stampel keimigrasian negara Australia
Australian stamp/Foto: pinterest.com/Jay Preston

Dikutip dari Indonesia.embassy.gov.au, Visa ini ditujukan kepada pemuda-pemudi yang mempunyai pendidikan dan berumur 18 tahun hingga 30 tahun yang ingin bepergian sekaligus bekerja selama 12 bulan di Australia.

Walau sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus untuk anak muda berpendidikan seperti apa, tapi biasanya yang mencoba mendaftar WHV ini kebanyakan adalah digital nomad. Sebagai informasi, digital nomad sendiri merupakan pekerja jarak jauh (remote worker/freelancer) yang biasanya bekerja berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Apa Saja Syaratnya?

pasport orang Australia yang khas dengan maskot negaranya, yaitu kanguru
Australian Passport/Foto: pinterest.com/Wander Waves

Dikutip dari laman Indonesia.embassy.gov.au, Adapun syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi online terisi lengkap.
  2. Membayar biaya visa Fotokopi dari paspor (halaman biodata, perubahan/tambahan-jika ada, halaman visa dan cap imigrasi) yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan pasport lama (jika ada) Satu lembar foto anda ukuran foto paspor yang terbaru.
  3. Surat dukungan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Bukti kecukupan finansial paling tidak AUDĀ 5000 atau sekitar Rp50.456 juta.
  4. Bukti kualifikasi lulusan pendidikan setingkat perguruan tinggi paling rendah tingkat diploma (D-III) atau telah menjalani pendidikan paling singkat 2 tahun pada jenjang sarjana.
  5. Bukti kemampuan bahasa Inggris.
  6. Melampirkan hasil medical check up, khususnya tes rontgen.
  7. Melampirkan Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI) yang bisa diajukan secara online di website keimgirasian Indonesia.

Nah Beauties, sudah siap bepergian sambil bekerja dengan Working Holiday Visa dari Australia? Pastikan semua syarat terpenuhi dan mendaftar sesuai timeline ya. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id