sign up SIGN UP

Hujan Air Sudah Biasa: Ini 5 Hujan Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Ada Hujan Duit!

Erlin Santosa | Kamis, 18 Nov 2021 22:00 WIB
Hujan Air Sudah Biasa: Ini 5 Hujan Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Ada Hujan Duit!
caption

Musim hujan telah tiba di sejumlah wilayah di Indonesia. Hujan yang terjadi setiap hari saat ini merupakan hal biasa dan normal. Namun, apa jadinya jika hujan yang turun bukan dalam bentuk air?

Ternyata di beberapa tempat di belahan dunia pernah terjadi fenomena hujan yang nggak biasa lho! Bukan berupa tetesan air, beberapa hujan ini justru menjatuhkan benda-benda aneh yang nggak terduga.

Berikut adalah 5 fenomena hujan aneh yang pernah terjadi di dunia. Hujan aneh apa saja, sih, yang terjadi? Yuk cari tahu!

Hujan Darah

Fenomena hujan darah di India/Foto: Dreamstime.com
Fenomena hujan darah di India/Foto: Dreamstime.com

Terlihat menyeramkan, fenomena hujan darah ini pernah melanda kawasan Kerala, India Selatan dalam kurun waktu 2 bulan. Walau tampak seperti tetesan darah, diketahui ternyata nggak ada kandungan darah sama sekali di dalam air hujan tersebut, lho!

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan menunjukkan bahwa air hujan menjadi berwarna merah karena telah bercampur dengan DNA Trentepohlia annulata. Diketahui spesies tersebut merupakan jenis alga berwarna merah.

Hujan Daging Mentah

Fenomena hujan daging mentah di Kentucky/Foto: Skeptoid.com
Fenomena hujan daging mentah di Kentucky/Foto: Skeptoid.com

Potongan-potongan daging mentah diketahui pernah turun dari langit Kentucky dalam jumlah yang banyak seperti hujan. Mengejutkan, karena ternyata penyebab dari fenomena aneh satu ini adalah ulah para burung bangkai.

Salah satu teori yang cukup diyakini adalah daging mentah tersebut merupakan sisa makanan dari sekelompok burung bangkai yang dimuntahkan ketika mereka terbang di langit. Diketahui burung bangkai memang spesies pemakan hewan-hewan yang telah mati. Kini, fenomena hujan aneh ini dikenal dengan istilah Kentucky Meat Shower.

Hujan Ikan

Fenomena hujan ikan di Australia/Foto: Oddviser.com
Fenomena hujan ikan di Australia/Foto: Oddviser.com

Fenomena aneh ini mampu membuat ribuan ikan terdampar secara tiba-tiba dan memenuhi ruas jalan kota. Beberapa ikan yang terdampar masih berada dalam keadaan hidup dan beberapa lainnya sudah dalam keadaan mati. Diketahui fenomena hujan ikan merupakan hal yang cukup umum terjadi, khususnya di kawasan Australia.

Dugaan ilmiah terkuat untuk menjelaskan fenomena ini adalah peran dari 'tornadic waterspouts', yakni tornado berbentuk air yang membawa ikan-ikan mengikuti arus sehingga akan terlihat seolah berjatuhan dari langit. Namun, nggak sedikit masyarakat yang masih mempercayai mitos bahwa terjadinya hujan ini akan mendatangkan hal-hal buruk di kemudian hari.

Hujan Laba-Laba

Fenomena hujan laba-laba di Australia/Foto: Insectcop.com
Fenomena hujan laba-laba di Australia/Foto: Insectcop.com

Seakan nggak cukup dengan hujan ikan, Australia kembali dikejutkan dengan fenomena hujan laba-laba. Jutaan laba-laba kecil beserta jaringnya berjatuhan dari langit dan memenuhi jalanan. Fenomena hujan aneh ini lalu dikenal dengan istilah 'angel hair', karena terdapat struktur menyerupai rambut berwarna putih dari jaring laba-laba yang terbentuk.

Terjadinya fenomena ini ternyata didasari oleh perilaku nggak umum laba-laba yang dilakukan untuk berpindah tempat. Laba-laba akan naik menuju tempat tinggi lalu mengarahkan tubuh mereka ke udara sembari mengeluarkan jaringnya. Perilaku tersebut akan membuat laba-laba seolah terbang dan kemudian jatuh bersamaan dari langit.

Hujan Uang

Fenomena hujan uang di beberapa wilayah/Foto: Pixabay.com
Fenomena hujan uang di beberapa wilayah/Foto: Pixabay.com

Hujan yang satu ini pasti menjadi hujan yang paling kita impikan untuk terjadi. Siapa sangka, hujan uang ternyata nggak cuma terjadi dalam sekali, lho! Untuk kali pertama, hujan uang terjadi di Bourges, Prancis.

Fenomena ini kembali terjadi untuk yang kedua kalinya di Chicago. Seolah belum cukup, fenomena aneh ini pun kembali terulang di Jerman. Hingga kini, belum ada yang mampu memberikan penjelasan pasti mengenai fenomena ini.

Menurut kamu, hujan paling aneh apa yang pernah terjadi? Dan apakah kamu berminat untuk merasakan salah satunya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id