BILLBOARD
970x250

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Begini Kronologi dan Alasannya!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 30 Mar 2023 16:30 WIB
Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Begini Kronologi dan Alasannya!

Beauties, baru-baru ini ada sebuah berita mengejutkan yang datang dari dunia olahraga di Indonesia. Tengah bersiap menjadi tuan rumah sekaligus peserta yang ikut bertanding di ajang sepak bola bergengsi Piala Dunia U-20 2023, kesempatan itu justru hilang dalam sekejap. 

Melalui laman resminya, pada (29/3/2023) kemarin FIFA resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus peserta dalam Piala Dunia U-20. Kondisi ini pun memicu kemarahan hingga kekecewaan bagi masyarakat Indonesia. Lantas mengapa Indonesia gagal jadi tuan rumah? Simak kronologi dan alasannya berikut ini!

(1) Kronologi FIFA Cabut Status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Keputusan FIFA untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 ternyata bukan tanpa sebab, Beauties. Sebelumnya diketahui jika Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang pertandingan sepak bola bergengsi ini sejak tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi covid-19, event ini baru bisa diselenggarakan di tahun 2023.

Lolosnya Israel dalam kualifikasi peserta Piala Dunia U-20 menjadi awal dari polemik ini. Mengutip dari CNBC Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan ketua umum PSSI periode sebelumnya, Mochamad Iriawan, menyatakan jika Israel diperbolehkan bermain sekaligus akan diakomodasi oleh pemerintah selayaknya peserta yang lain. Kondisi ini memicu beragam reaksi dari beberapa pihak. 

Potret kebersamaan timnas U-20 Indonesia.
Potret timnas U-20/instagram/pssi

Ada sejumlah kepala daerah, ormas, hingga kelompok masyarakat yang menolak kehadiran Israel. Hal ini pun membuat isu politik dinilai tercampur oleh urusan olahraga. Lantas polemik Israel ini pun membuat drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya di selenggarakan di Bali harus dibatalkan. Menyusul kondisi yang semakin mengkhawatirkan, Presiden Joko Widodo sempat mengutus Erick Thohir selaku ketua umum PSSI untuk pergi menemui Gianni Infantino, presiden FIFA.

Sayangnya, hasil akhir dari pihak FIFA justru memutuskan untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah. Keputusan ini pun disampaikan melalui laman resmi mereka dengan menyebut alasan pembatalan ini disebabkan karena kejadian yang berkembang saat ini di Indonesia, Beauties.

(2) Alasan Timnas Indonesia Tak Lagi Bisa Bertanding di Piala Dunia U-20

Dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tentu membuat sebagian besar masyarakat kecewa sekaligus geram. Hal ini karena keputusan FIFA tersebut membawa dampak yang cukup memilukan bagi tim nasional alias timnas sepak bola tanah air tercinta. Yup, dengan Indonesia tak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 berarti timnas tak bisa lagi ikut berpartisipasi sebagai peserta di ajang ini.

Dihimpun melalui CNN IndonesiaIndonesia memiliki kesempatan untuk tampil sebagai peserta Piala Dunia U-20 di tahun 2023 berkat status sebagai tuan rumah. Sayangnya, saat status tuan rumah resmi dicabut oleh FIFA, hak timnas Indonesia untuk bertanding di ajang sepak bola bergengsi ini pun akan dihapuskan.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah berangkat ke Doha, Qatar untuk menghadiri pertemuan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino pada (29/3/2023) kemarin. Namun setelah  bertemu untuk mencari solusi terbaik, Indonesia harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan ajang olahraga ini di tanah air kita.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE