sign up SIGN UP

Ingin Bahagiakan Pasangan? Coba Pahami dulu 5 Jenis Love Languange dalam Hubungan

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Senin, 13 Dec 2021 17:00 WIB
Ingin Bahagiakan Pasangan? Coba Pahami dulu 5 Jenis Love Languange dalam Hubungan
caption

Terjalinnya suatu hubungan dalam waktu lama tidak menjadi jaminan kamu dan pasangan sudah bisa saling memahami bahasa cinta atau love language satu sama lain. Ketidakpahaman mengenai apa yang membuat masing-masing bahagia tentunya membuat kamu dan pasangan kerap dirundung bingung tentang apa yang harus dilakukan.

Seorang penulis Dr.Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul The Five Love Languages, mengungkap suatu hubungan dapat berjalan baik ketika saling mengerti apa yang dibutuhkan. Tanpa memahami love language pasangan, akan sulit bagi kamu untuk membuatnya bahagia karena tidak memahami keingininannya. 

Bagi kamu yang penasaran dan masih bingung, berikut Beautynesia merangkum 5 bentuk love languange yang dimiliki oleh individu dalam suatu hubungan.

1. Quality Time

Tidak ingin diganggu ketika bersama dengan pasangan adalah love languange dari quality time.
Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan/Foto:Freepik.com/Freepik

Sama seperti dengan artinya, quality time mendefinisikan sebuah bahasa cinta melalui pertemuan hangat dengan seseorang terkasih. Kehadiran dari pasangan adalah bentuk ekspresi dari segala kasih sayang yang diharapkannya dalam suatu hubungan.

Bukan seberapa sering bertemu, love languange yang satu ini lebih mengedepankan kualitas serta kesan dari kebersamaannya tersebut. Keinginan untuk menikmati momen dengan baik Singkirkan handphone dan gangguan lain, fokuskan perhatian hanya untuk berdua. Ciptakan momen pertemuan yang lebih bermakna dan dapat dinikmati sekalipun hanya dalam waktu yang sebentar.

2. Physical Touch

Love language yang satu ini menganggap sentuhan fisik sebagai bahasa cinta terbaiknya.
Berbagi kasih dengan sentuhan fisik/Foto:Freepik.com/Prostooleh

Merasa tidak cukup hanya dengan kata-kata, love languange berikut ini lebih mengedepankan sentuhan fisik sebagai bentuk cinta dalam hubungan. Perhatian dan kasih sayang dari pasangan dapat dirasakannya dengan utuh ketika dekat secara fisik.

Tidak melulu tentang kontak fisik yang intim, bentuk sentuhan pada cinta ini memiliki arti yang begitu luas. Seperti yang dilansir pada laman Very Well Mind, beberapa cara sederhana seperti merangkul, memberikan pijatan juga berpegangan tangan menjadi sangat berarti bagi seseorang dengan love languange ini.

3. Words of Affirmation

Pemilik love language berikut sangat menyukai pasangan yang gemar memberikan pujian dan kata-kata manis.
Mengutarakan cinta lewat kata-kata yang manis/Foto:Freepik.com/Freepik

Jika kamu menyukai aksi seseorang yang tegas dalam mengutarakan perasaannya, bahasa cinta yang satu ini mungkin menjadi milikmu.

Words of Affirmation diartikan sebagai bahasa cinta yang diekspresikan lewat kalimat atau ungkapan hangat sebagai bentuk dari kasih sayang. Pemilik love languange ini sangat menyukai kutipan manis dan pesan-pesan romantis yang diutarakan oleh pasangannya.

Ketertarikannya terhadap kata-kata manis juga dijadikan sebagai bentuk keyakinan dalam mempercayai rasa cinta dari pasangannya. Sesederhana apapun bentuk ungkapannya, akan selalu dianggap sebagai bukti ketulusan dan penghargaan tertinggi atas kehadiran dalam hubungan tersebut.

4. Act of Service

Tidak cuma kata-kata, pemilik love language act of service menginginkan bukti nyata dari cinta pasangannya.
Aksi nyata membantu pasangan adalah bukti cinta terbaik/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com

Berbeda dari sederet bentuk cinta sebelumnya, act of service menginginkan perhatian lebih dari sekadar kata ataupun sentuhan fisik. Adalah aksi nyata berbentuk perlakuan baik yang menjadi bahasa cinta utama dari love language yang satu ini.

Seorang psikologis klinis asal California, Beverly Palmer PhD menyebut perasaan seseorang dapat dilihat jelas melalui perlakuan nyata terhadap orang terkasih. Hal inilah yang mungkin menjadi jawaban mengapa pemilik act of service sangat mendambakan tindakan nyata ketimbang kata-kata sebagai jaminan kasih sayang dalam hubungan. 

5. Receiving Gift

Sesuai dengan namanya, love languange receiving gift ialah mengutarakan peraasan lewat pemberian hadiah.
Mengutarakan cinta lewat kado dan pemberian lainnya/Foto:Freepik.com/Yanalya

Pemberian hadiah dari pasangan kerap dijadikan sebagai simbol kasih sayang oleh sebagian dari kamu yang memiliki bahasa cinta receiving gift. Sebuah kesan spesial dan dihargai sepenuhnya akan kamu rasakan tatkala orang yang dicintai memberikan sesuatu yang terhadapmu.

Meskipun begitu, pemberian tersebut tidak selalu diartikan sebagai sesuatu yang mahal. Seseorang dengan love languange ini akan lebih melihat bagaimana niat dan usaha dari pasangannya untuk melakukan hal tersebut. Hal-hal kecil sekalipun akan tetap bernilai dan memiliki arti lebih bagi seseorang yang menerimanya.

Bagaimana Beauties, sudahkah menemukan mana bahasa cinta kamu dan pasanganmu?

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id