sign up SIGN UP

Ingin Kuliah Gratis di Luar Negeri? Ini 5 Negara yang Paling Banyak Memberikan Beasiswa Bagi Pelajar Indonesia

Anindya Milagsita | Beautynesia
Jumat, 01 Jul 2022 06:00 WIB
Ingin Kuliah Gratis di Luar Negeri? Ini 5 Negara yang Paling Banyak Memberikan Beasiswa Bagi Pelajar Indonesia
caption

Beauties, adakah di antara kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri? Saat ini ada banyak tersedia beasiswa bagi pelajar Indonesia yang mau berkuliah di luar negeri secara gratis, lho. Bukan hanya bisa berkuliah dengan gratis, saat mendapatkan beasiswa luar negeri ini kamu juga akan mendapatkan berbagai tunjangan untuk biaya hidup di sana.

Ada berbagai beasiswa kuliah dari seluruh dunia yang ditawarkan bagi pelajar Indonesia. Tapi beberapa di antaranya, ada negara yang memberikan beasiswa paling banyak. Ingin tahu di mana saja negara beasiswa terbanyak yang bisa kamu pilih? Simak daftarnya lewat artikel berikut ini!

United Kingdom

Britania Raya menjadi negara yang memberikan banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia.
Daftar negara yang memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia/freepik/vwalakte

Negara pertama dibuka dengan United Kingdom yang memberikan banyak beasiswa kuliah gratis untuk pelajar Indonesia. Kawasan United Kingdom yang menaungi negara Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara ini membuka kesempatan buat orang Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah program pascasarjana S2 hingga doktor S3 di sana, Beauties.

Ada berbagai beasiswa kuliah gratis yang bisa dipilih. Mulai dari beasiswa British Council Scholarship for Women in STEM, Chevening Scholarship, GREAT Scholarship, Gates Cambridge Scholarship, sampai Jardine Scholarship.

Belanda

Belanda menjadi negara yang memberi banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia.
Daftar negara yang memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia/freepik/master1305

Masih di kawasan Benua Eropa, ada negara Belanda yang juga memberikan berbagai beasiswa kuliah gratis untuk orang Indonesia. Belanda menjadi salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh pelajar di seluruh dunia untuk melanjutkan pendidikan, lho. 

Menariknya, negara kincir angin ini membuka peluang bagi pelajar Indonesia buat melanjutkan studi S1 hingga S2 secara gratis di sana. Seperti dilansir dari laman Study in Holland, beasiswa kuliah yang tersedia di Belanda di antaranya ada Holland Scholarship, Eric Bleumink Fund, Orange Tulip Scholarship, hingga OKP-LPDP StuNed.

Jerman

Jerman menjadi negara yang memberi banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia.
Daftar negara yang memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia/freepik/wirestock

Siapa yang bermimpi bisa kuliah di Eropa? Kalau kamu salah satunya, mungkin Jerman bisa menjadi salah satu negara pilihan untuk melanjutkan studi, Beauties. Nggak perlu khawatir, serupa dengan United Kingdom dan Belanda, Jerman juga menyediakan banyak pilihan beasiswa buat pelajar Indonesia. 

Terdapat berbagai beasiswa S2 hingga S3 gratis yang bisa dicoba. Mulai dari DAAD EPOS, The Friedrich Ebert Stiftung Scholarship, Heinrich Böll Foundation Scholarships in Germany, Erasmus Scholarship Programs in Germany, Deutschland Stipendium National Scholarship Programme, sampai Konrad-Adenauer-Stiftung Scholarships in Germany for International Students.

Jepang

Jepang menjadi negara yang memberi beasiswa bagi pelajar Indonesia.
Daftar negara yang memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia/freepik/tawatchai07

Bergeser ke Benua Asia, ada Jepang yang terpilih menjadi salah satu negara terfavorit bagi pelajar asal Indonesia buat melanjutkan studi. Menariknya, negara dengan julukan negeri sakura ini menawarkan berbagai pilihan beasiswa gratis bagi orang Indonesia. Mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3.

Buat kamu yang tertarik ingin belajar di Jepang, yuk catat berbagai pilihan beasiswa yang bisa dicoba nantinya. Seperti Mitsui Bussan Scholarship, Monbukagakusho (MEXT), Ajinomoto Scholarship, INPEX Scholarship, Asian Development Bank-Japan Scholarship Program, hingga Hokkaido University President's Fellowship.

Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara yang memberi banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia.
Daftar negara yang memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia/freepik/tawatchai07

Bagi penggemar drama Korea atau musik Kpop, Korea Selatan seringkali dipilih sebagai negara yang paling ingin dikunjungi. Salah satunya untuk melanjutkan pendidikan kuliah. Kalau kamu menginginkannya juga, bisa mencoba berbagai pilihan beasiswa buat kuliah gratis di sana, Beauties. 

Melansir dari laman Study in Korea, ada beasiswa di Korea Selatan seperti Global Korea ScholarshipArt Major Asian (AMA) Scholarship Program, Scholarship for Asian Students in Korea (POSCO T) Park Foundation, Graduate Studies Fellowship Programs (Korea Foundation), hingga Daewoong Foundation Scholarship Program for International Students (Daewoong Foundation).

Nah itu tadi berbagai daftar neagara yang menyediakan banyak pilihan beasiswa kuliah gratis buat pelajar seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di antara berbagai negara di atas, manakah yang ingin kamu pilih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id