sign up SIGN UP

Ingin Menggunakan Uang THR untuk Self Reward? Ikuti 3 Kiat Ini Agar Tidak Menyesal!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Selasa, 03 May 2022 23:00 WIB
Ingin Menggunakan Uang THR untuk Self Reward? Ikuti 3 Kiat Ini Agar Tidak Menyesal!
caption
Jakarta -

Pemberian tunjangan hari raya atau THR adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bagaimana tidak, dalam satu kali pemberian THR seorang karyawan bisa mendapatkan hampir satu kali gaji pokok. Meskipun tidak sedikit karyawan yang mendapatkan THR di bawah satu kali gaji pokok, hal itu tergantung dari masa kerja dan kebijakan perusahaan. Bahkan, Kementerian Ketenagakerjaan membuka layanan aduan apabila ada perusahaan yang memberikan THR tidak sesuai dengan ketentuan.

Besarnya tunjangan yang didapat tersebut tidak jarang membuat beberapa orang ingin segera membelanjakannya. Konsumtif berkedok self reward seringkali menjadi alasan mengapa seseorang ingin membelanjakan uangnya khususnya uang THR.

Nah, jika kamu ingin menggunakan uang THR dengan alasan self reward, ada baiknya kamu mengetahui kiat di bawah ini agar tidak menyesal, Beauties!

Sebagai Bentuk Apresiasi Diri

THR atau tunjangan hari raya adalah uang yang ditunggu-tunggu bagi karyawan
Ilustrasi Uang THR/foto: pexels.com/karolina-grabowska

Melansir dari CNN Indonesia, psikolog klinis Inez Kristianti menyampaikan bahwa self reward merupakan sebuah cara bagi seseorang untuk bisa mengaktualisasi dirinya. Selain itu, self reward merupakan salah satu bentuk self love, atau mencintai diri sendiri. Self reward sendiri memiliki berbagai macam bentuk, bisa bersifat materi dan non-materi.

Inez berpesan bahwa bagi siapapun yang ingin mengapresiasi diri dengan self reward jangan sampai salah kaprah. Misalnya, seseorang beranggapan bahwa self reward merupakan upaya menghamburkan uang dan bersikap boros. Self reward pada dasarnya sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri yang bisa menimbulkan perasaan bermakna, bahkan bisa menambah motivasi diri sendiri untuk kemudian hari.

Self reward tidak sama dengan fear of missing out (FOMO) atau takut ketinggalan trend, ya, Beauties. Orang yang cenderung mengikuti trend dan merasa FOMO akan membeli barang tanpa pikir panjang, bahkan hanya sekadar lapar mata.

Kiat Menggunakan THR untuk Self Reward

Berhenti Mengaitkannya Dengan Materi

Dengan memahami apakah hal tersebut keinginan atau kebutuhan, akan membuatmu bisa mempertimbangkan prioritas yang bisa kamu ambil
Ilustrasi Cash Flow/foto: pexels.com/karolina-grabowska

Sebelum berencana menghabiskan uang untuk self reward, kamu perlu memikirkan apakah pengeluaran tersebut masuk akal atau tidak, dan apakah sesuai dengan budget atau tidak. Mungkin tidak harus mahal, namun bisa memperhatikan lagi apakah ada makna untuk kamu atau tidak. Lalu, tidak harus besar atau mewah, kadang hal-hal kecil juga bisa lebih bermakna.

Self reward bisa dilakukan tanpa harus mengaitkan dengan materi. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kata-kata afirmasi untuk setiap pencapaian-pencapaian apabila hal tersebut bisa membuatmu merasa lebih baik dan merasa diapresiasi.

Self Reward Tidak Sama Dengan Egois

Biar Gak Kalap Belanja, Cara Mindful Shopping Bisa Kamu Terapkan Loh!Ilustrasi belanja/Foto: Pexels.com/Pavel Danilyuk

Konsep self reward yang dimaknai dengan keliru berdampak buruk pada perilaku dan bisa merugikan orang lain. Self reward sebagai salah satu bentuk self love dapat berarti perasaan cinta kepada diri sendiri. Artinya, jangan sampai merugikan atau menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Pikirkan Efek Jangka Panjang

Cara Bantu Kamu Biar Nggak Kalap Belanja / foto : pexels.com/SamLionIlustrasi belanja/Foto: Pexels.com/SamLion/

Upaya mencintai diri sendiri dengan self reward perlu memikirkan kembali efek jangka panjangnya, apakah merugikan diri sendiri atau orang lain. Misalnya, makanan yang kamu konsumsi. Jika makanan tersebut merupakan makanan tidak sehat dengan porsi yang berlebihan, dalam jangka panjang tentunya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Nah, Beauties, apapun bentuknya, kamu harus lebih bisa memahami kondisi dirimu terlebih dahulu. Apakah memang self reward itu diperlukan apakah tidak. Jika memang THR yang kamu dapatkan bisa bermanfaat bagi dirimu dan orang di sekitarmu, maka kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk menggunakannya. Be wise, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id