sign up SIGN UP

Instagrammable Banget! Intip 5 Taman Bunga Paling Memesona di Indonesia, Nggak Kalah Sama Luar Negeri!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Sabtu, 01 Jan 2022 09:30 WIB
Instagrammable Banget! Intip 5 Taman Bunga Paling Memesona di Indonesia, Nggak Kalah Sama Luar Negeri!
caption

Taman bunga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering menarik perhatian para wisatawan. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali wisata bunga yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Taman Bunga ini menawarkan pemandangan yang sungguh menarik hati dan pastinya instagrammable banget! Yuk cari tahu, kira-kira ada apa taman bunga apa saja, ya?

Taman Bunga Sapo Juma – Karo

Taman Bunga Sapo Juma, TonggingTaman Bunga Sapo Juma, Tongging/ Foto: Instagram/sapojumatongging

Taman bunga yang satu ini berlokasi di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berlatar belakang perbukitan hijau dan Danau Toba, udara di taman ini cukup sejuk dan segar.

Di sini kamu akan menemui beragam bunga berwarna-warni yang sengaja ditanam oleh pengelola taman. Jika bosan dengan objek bunga dan rerumputan hijau, maka kamu masih bisa mencari spot foto bagus lainnya di gazebo putih yang biasanya dipakai oleh pasangan untuk melakukan foto pre wedding.

Kabar baiknya lagi, nih, untuk menikmati pemandangan cantik di Taman Bunga Sapo Juma, kamu bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp20 ribu per orang lho! Selain itu, kamu juga bisa bermalam disini dengan menyewa vila ataupun area camping ground yang masih berada di dalam satu kawasan yang sama.

Taman Bunga Nusantara – Cianjur

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Taman Bunga Nusantara, Cianjur/Foto: Instagram.com/tamanbunganusantara

Kalau kamu ingin menikmati hamparan bunga dari berbagai negara di satu tempat yang sama, coba berkunjung ke Taman Bunga Nusantara di Cianjur. Berdiri sejak tahun 1995, taman bunga yang diprakarsai oleh Ibu Suhardani Bustanul Arifin ini menjadi taman bunga pertama yang ada di Indonesia, lho, Beauties!

Setidaknya terdapat lebih dari delapan taman bunga kecil di dalamnya yang dirancang khusus sesuai dengan negara asal maupun jenisnya, seperti Taman Jepang, Taman Prancis, Taman Amerika, Taman Palem, Taman Mawar, Taman Bali hingga yang paling unik ialah Taman Labirin! Eits, ngomong-ngomong soal labirin, di Taman Labirin ini kamu nggak perlu takut tersesat karena sudah dilengkapi dengan denah labirin, jadi aman banget untuk dicoba!

Untuk berfoto ria disini, kamu harus merogoh kocek Rp50 ribu per orang agar bisa memasuki area taman. Selanjutnya, kamu bebas memotret keseluruhan isi taman dan berpose dengan gaya andalan. Jika lelah berkeliling, naik saja ke objek menara pandang setinggi 29 meter yang ada di tengah taman dan berdiam diri di sana, dijamin kamu akan semakin takjub melihat keindahan sekeliling taman yang dirancang oleh enam desainer khusus dari berbagai negara.

5 Taman bunga paling mempesona di Indonesia
Paduan warna bunganya cantik banget, kan?/Foto: Instagram.com/tamanbunganusantara

Taman Bunga Nusantara ini berlokasi di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Letaknya cukup strategis serta mudah untuk ditemukan. Kamu yang tinggal di area sekitaran Jabodetabek dan Jawa Barat wajib coba berwisata sejenak ke taman bunga satu ini. Taman Bunga Nusantara buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.  

Taman Bunga Dewari – Magelang

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Taman Bunga Matahari Dewari, Magelang/Foto: Instagram.com/tamandewari

Berbeda dengan dua taman sebelumnya yang ditanami bunga-bunga beraneka jenis, di Taman Bunga Dewari ini justru kamu hanya akan menemukan hamparan bunga matahari yang tumbuh subur di areal seluas 2.800 meter persegi. Konon katanya untuk mengisi lahan tersebut, pihak pengelola harus menumbuhkan sekitar 8 ribu batang bunga matahari, lho! Dengan luasnya taman ini diharapkan para wisatawan yang datang akan merasa puas berfoto dengan pilihan spot yang paling disukainya.

Suasana asri di dalam taman semakin terasa karena adanya pepohonan rindang yang berdiri kokoh di pinggiran taman. Selain bunga matahari, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan baling-baling atau kincir angin yang diletakkan di dalam taman ini. Nggak tanggung-tanggung, jumlah baling-balingnya pun mencapai 10 ribu sehingga dinobatkan sebagai taman dengan baling-baling terbanyak se-Asia, nih, Beauties!

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Area kitiran di Taman Dewari/Foto: Instagram.com/tamandewari

Jika kamu berminat mengunjungi wisata taman bunga yang satu ini disarankan untuk datang di waktu pagi ataupun sore antara jam 08.00 – 18.00 WIB. Tiket masuknya pun tergolong murah, hanya Rp10 ribu saja per orang. Tertarik mengunjungi taman ini, Beauties?

Taman Bunga Amarilis – Gunung  Kidul

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Taman Bunga Amarilis, Gunung Kidul/Foto: Instagram.com/jogjaonvacation

Taman Bunga Amarilis ini menawarkan hamparan kelopak bunga berwarna oranye yang tentu akan menyegarkan mata. Bunga amarilis atau Brambang Procot ini sendiri baru akan mekar di musim hujan.

Taman bunga ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Pengelola taman mematok tarif sebesar Rp5 ribu per pengunjung yang sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Bagi kamu yang berencana ingin berburu foto ke taman bunga ini, ingatlah untuk selalu menjaga jarak dengan tanamannya agar nggak sampai menginjak bahkan merusak bunga-bunga cantik yang ada.

Padang Bunga Kasna – Karangasem

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Padang Bunga Kasna, Karangasem/Foto: Instagram.com/padang_bungakasna

Nggak hanya dikelilingi dengan pantai yang cantik, Bali juga ternyata mempunyai tempat wisata unik lainnya, yakni Padang Bunga Kasna yang berada di kaki Gunung Agung tepatnya di Desa Temukus, Karangasem, Bali. Keunikan dari bunga ini terletak pada warnanya yang putih. Apabila sedang subur maka akan tampak seperti hamparan salju. 

Agar mendapatkan pemandangan yang tak terlupakan, datanglah beberapa minggu sebelum Hari Raya Galungan, saat itu diketahui bunga kasna sedang subur-suburnya. Selain bunga kasna, di sini ada juga hamparan bunga gumitir atau marigold, lho, Beauties.

5 Taman Bunga di Indonesia paling mempesona
Hamparan marigold di Padang Bunga Kasna/Foto: Instagram.com/padang_bungakasna

So, kalau kamu lagi di Bali, jangan lupa untuk mampir ke Padang Bunga Kasna di Desa Temukus ini, ya! Padang Bunga Kasna buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WITA dengan biaya masuk yang relatif murah yakni Rp10 ribu per orang.

Itulah beberapa rekomendasi taman atau padang bunga dari berbagai wilayah di Indonesia, Beauties. Taman bunga mana yang ingin kamu kunjungi, nih?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id