STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jadi Salah Satu Cara Belajar Budaya, Ini Deretan Manfaat untuk Kamu yang Hobi Nonton Drama Korea!

Annisa Helby | Beautynesia
Senin, 11 Jul 2022 08:30 WIB
Jadi Salah Satu Cara Belajar Budaya, Ini Deretan Manfaat untuk Kamu yang Hobi Nonton Drama Korea!

Di era globalisasi saat ini, budaya menjadi peran yang penting bagi perkembangan suatu negara. Fenomena Hallyu atau disebut juga dengan Korean Wave, adalah salah satu budaya populer Korea Selatan yang sedang marak dan menyebar luas di seluruh dunia.

Melalui produk-produk yang dihasilkan seperti drama, musik, style, dan lain-lain. Hasil menunjukkan bahwa drama Korea atau K-Drama menjadi tingkat keberhasilan yang banyak digemari, sehingga menjadi pusat perhatian dan memberikan dampak yang luar biasa.

BTSIlustrasi konser grup K-Pop BTS/ Foto: koreaboo.com

Untuk di Indonesia, awal kemunculan Korean Wave bermulai dari drama Korea atau K-Drama. Yang disiarkan sekitar tahun 2002 pada salah satu stasiun TV Indonesia.

Menjadi salah satu hiburan yang sangat menarik, karena selalu membuat rasa penasaran para penonton untuk terus mengetahui kelanjutan antar episode satu dengan lainnya.

Crash Landing on You juga punya jalan cerita yang dijamin membuat baper yang akan bikin pemula K-Drama jatuh cintaCrash Landing on You/ Foto: asianwiki.com

Begitu juga dengan penyampaian pesan dalam per episode setiap drama,  membuat para penonton memperoleh pelajaran baru yang bisa diambil ke dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang menjadi ciri khas dari Drama Korea yang berhasil menjadi tren dan mode.

Bukan hanya sekedar menampilkan bakat dari pemeran saja, drama Korea memiliki konsep dengan menyisipkan seperti sejarah, bahasa, sampai dengan cara hidup. Drama Korea bisa menjadi salah satu alternatif untuk kalian yang mau belajar budaya Korea, hingga memperoleh manfaat lainnya, lho!

Bisa Mengenal Sejarah Korea

Alchemy of Souls tayang perdana pada Sabtu (18/6) dengan rating menjanjikan, yaitu 5,2 persen. Drama sageuk ini mengalahkan It’s Beautiful Now dan Cleaning Up yang tayang di akhir pekan. Foto : instagram.com/tvn_dramaIlustrasi drama Korea sageuk/ Foto : instagram.com/tvn_drama

Drama Korea memiliki beragam genre yang ditampilkan. Salah satunya adalah drama ber-genre sejarah Korea atau biasa disebut drama sageuk. Drama jenis ini biasanya berlatar belakang budaya dan tradisi Korea yang identik dengan masa kerajaan.

Sehingga kalian akan mengenal masa periode sejarah Korea seperti Era Tiga Kerajaan, Era Negara Utara-Selatan (Silla Bersatu), Era Dinasti Goryeo, Era Dinasti Joseon, dan Era Penjajahan Jepang.

Lalu kalian dapat mengenal tokoh penting sejarah Korea. Karena dalam drama Korea, juga mengusung kisah nyata seorang figur terkenal. Selain itu, busana yang digunakan adalah pakaian tradisional khas Korea.

Dan untuk lokasi syuting, akan di-setting dengan nuansa seperti berada di zaman dahulu atau menggunakan tempat-tempat bersejarah yang ada di Korea.

Jadi Wadah untuk Belajar Bahasa

Rekomendasi drama korea yang berlatar sekolah/pinterest.com/soompiIlustrasi drama Korea/ Foto:/soompi

Seperti belajar bahasa yang lainnya, terkesan sulit dan asing. Namun, dengan terbiasa menonton drama Korea. Kalian akan terbiasa mendengarkan kosakata yang diucapkan oleh para pemeran.

Mulai kosakata bahasa Korea untuk salam, kosakata bahasa Korea untuk perkenalan, kosakata bahasa Korea untuk kata ganti orang, kosakata bahasa Korea untuk mengekspresikan diri, kosakata bahasa Korea untuk mengucapkan selamat, dan kosakata bahasa Korea untuk orang yang dicintai.

Baik itu bahasa formal maupun informal. Bahkan cara pengucapan orang Korea pun kalian juga bisa ikut menirukannya, Beauties!

Mengetahui Tradisi Kehidupan Sehari-hari di Korea

Lima kebiasaan makan orang Korea yang sering muncul di drama Korea (Kebiasaan makan di Korea/Foto: asianwiki.com)Ilustrasi drama Korea/Foto: asianwiki.com

Saat menonton drama Korea, para penonton juga akan mengamati segala macam aktivitas atau perilaku pemeran dalam alur cerita. Ini merupakan gambaran keseharian dari masyarakat Korea tersebut.

Masyarakat Korea memang terkenal dengan sopan dan ramah dengan orang yang lebih tua, kebiasaan ini juga sering kita temukan dalam adegan drama. Memberikan salam dan membungkuk sebagai bentuk rasa hormat.

Etika saat makan, jangan mengambil makanan atau memulai makan sebelum orang yang paling tua memulainya. Pastikan menggunakan sumpit atau sendok.

Masyarakat Korea juga terbiasa berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum saat berpergian. Pekerja keras, gigih, tidak mudah menyerah, disiplin dan tertib aturan.

Seperti yang terlihat dalam drama Korea, memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baik mungkin untuk lebih produktif dan efektif. Sehingga menjadi hal yang positif bagi para penonton dan termotivasi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Masih banyak sekali hal-hal yang bisa kalian pelajari mengenai budaya Korea melalui drama Korea. Jadi kamu bisa menyaksikan drama Korea, sebagai motivasi serta memupuk semangat dalam belajar!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE