sign up SIGN UP

Jadi Salah Satu Kunci Sukses, Ciptakan Growth Mindset Melalui 5 Buku Pengembangan Diri Ini

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 15 Aug 2021 20:00 WIB
Jadi Salah Satu Kunci Sukses, Ciptakan Growth Mindset Melalui 5 Buku Pengembangan Diri Ini
caption

Sukses memiliki makna yang relatif bagi setiap orang. Namun, pada dasarnya, mencapai goal yang kamu perjuangkan merupakan sebuah kesuksesan tersendiri.

Hanya saja tidak jarang orang mengalami kesulitan untuk mencapai goal walaupun sudah mengatur tahapan yang harus dilalui karena, tentu saja, terkadang apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan. Tapi, walaupun realita berbeda dengan yang harapan, jangan buat itu menjadi alasan kita untuk menyerah. Membaca buku pengembangan diri bisa menjadi cara untuk mengatasi krisis serta membangun growth mindset.

Growth mindset menjadi pola pikir penting yang harus dimiliki demi mencapai kesuksesan. Bahkan, hampir semua orang sukses di dunia mempunyai pola pikir ini. Namun, apa sebenarnya growth mindset? Bagaimana kita menerapkannya? Yuk baca penjelasan dan beberapa buku pengembangan diri terbaik yang bisa membantumu kembangkan growth mindset ini!

Apa Itu Growth Mindset?

Mengenal growth mindset/
Mengenal growth mindset/ Foto: pexels.com/andreapiacquadio

Pada dasarnya, growth mindset adalah sebuah konsep pola pikir di mana kemampuan dasar yang dimiliki bukan sesuatu yang mutlak, melainkan bisa dikembangkan. Walaupun kemampuan yang dimiliki orang berbeda-beda, tapi dengan belajar dan semangat pantang menyerah, maka perkembangan kemampuan tersebut menjadi tidak terbatas.

Dengan growth mindset, kita diajak untuk berpikir bahwa kegagalan bukanlah sesuatu untuk mendefinisikan kemampuan seseorang, tapi sebagai cara untuk mengetahui di mana hal yang mesti diperbaiki dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Buku Pengembangan Diri untuk Bantu Terapkan Growth Mindset

Nah, setelah mengetahui pengertian growth mindset, ini dia beberapa rekomendasi buku pengembangan diri yang bisa kamu baca, Beauties!


1. Mindset: The New Psychology of Success karya Carol S. Dweck

Mindset/
Mindset/ Foto: goodreads.com

Melalui bukunya yang menggebrak dunia psikologi, Carol S. Dweck, psikolog dari Stanford University, memperkenalkan kita pada dua konsep yang bertolak belakang, growth mindset dan fixed mindset. Dalam bukunya yang mudah dimengerti ini, kita diajak untuk mengenal growth mindset lebih dalam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini cocok untuk dibaca semua orang, baik yang masih bersekolah, orangtua, maupun mereka yang mengejar karir.

2. Think Again: The Power of Knowing What You Don’t Know karya Adam Grant

Think Again/
Think Again/ Foto: goodreads.com

Growth mindset mengajarkan kita untuk selalu belajar dan berkembang. Tentu hal ini didukung dengan keberanian kita untuk keluar dari zona nyaman.

Di sinilah buku Think Again: The Power of Knowing What You Don’t Know membantu kita untuk lebih berani dan menikmati proses mengembangkan diri di luar zona nyaman tersebut. Adam Grant menjelaskan kualitas yang dibutuhkan untuk mengubah pikiran menjadi lebih terbuka, termasuk dalam menghadapi kritik.

3. Barking Up The Wrong Tree karya Eric Barker

Barking Up The Wrong Tree/
Barking Up The Wrong Tree/ Foto: pinterest.com/BookDepository

Kiat sukses didukung dengan hasil penelitian? Dijamin hasilnya buat kamu lebih terdorong untuk menerapkan pola pikir positif, Beauties!

Melalui Barking Up The Wrong Tree, Eric Barker memberikan beberapa contoh bagaimana orang-orang, baik ekstrovert maupun introvert, meraih kesuksesan dalam berbagai hal dan menghubungkannya dengan hasil penelitian. Ditulis dengan gaya yang sangat mudah dipahami, kamu bisa mendapatkan motivasi saat kamu menghadapi krisis dengan membaca buku ini.

4. Grit: The Power of Passion and Perseverance karya Angela Duckworth

Grit: The Power of Passion and Perseverance/
Grit: The Power of Passion and Perseverance/ Foto: goodreads.com

Setelah growth mindset terbentuk, kegigihan menjadi karakter berikutnya yang perlu diterapkan demi mencapai sebuah goal. Buku pengembangan diri, Grit, tidak hanya menjelaskan fakta psikologi dibalik kegigihan seseorang, tapi juga membantumu menemukan passion, membentuk pola pikir pantang menyerah, dan kiat yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan lainnya.

5. Untethered Soul: The Journey Beyond Yourself karya Michael A. Singer

 

The Untethered Soul: The Journey Beyond Yourself/
The Untethered Soul: The Journey Beyond Yourself/ Foto: goodreads.com

The Untethered Soul berfokus pada ranah spiritual yang bisa diterapkan untuk menjaga ketenangan diri dan kesehatan mental. Buku ini mengingatkan kita bahwa kita bukanlah “suara” yang ada di dalam pikiran kita.

Kita bisa mengendalikan bagaimana “suara” itu berbicara pada kita. Dengan mempunyai kontrol atas “suara” ini, kita dapat melihat sisi positif dari kehidupan, melepaskan energi negatif dari dalam diri kita, serta menciptakan pola pikir yang lebih baik pula. Dengan menyadari hal ini, growth mindset pun bisa kamu bentuk.

Itu dia 5 rekomendasi buku pengembangan diri yang bisa kamu baca untuk menciptakan growth mindset, Beauties. Semoga berhasil!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id