sign up SIGN UP

Jangan Biarkan Berlalu, 4 Cara Bijak Kelola 'Uang Bonus' Ini Perlu Dilakukan!

Rini Apriliani | Selasa, 28 Sep 2021 21:30 WIB
Jangan Biarkan Berlalu, 4 Cara Bijak Kelola 'Uang Bonus' Ini Perlu Dilakukan!
caption
Jakarta -

Siapa sih yang tidak bahagia jika mendapatkan uang tambahan di luar gaji bulanan? Umumnya, kita menyebut hal ini dengan 'uang bonus'. Usai goal project atau bonus dari kinerja baik yang kita lakukan, banyak perusahaan yang tak segan-segan untuk memberikan uang tambahan kepada pegawainya.

Merasa hanya bonus dan sebagai apresiasi diri, banyak dari mereka yang menghambur-hamburkan uang bonus begitu saja. Padahal akan sangat bermanfaat jika tetap kita atur dengan baik.

Nah, berikut ini cara bijak menggunakan 'uang bonus'. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Jika Ada Tagihan, Bayarkan Sebagian

Membayarkan TagihanMembayarkan Tagihan/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Saat kamu mendapatkan uang tak terduga, pisahkan sebagian uang tersebut untuk membayar tagihan atau hutang. Walau mungkin belum jatuh tempo, namun hal ini akan sangat meringankanmu untuk ke depannya.

Bukankah akan jauh lebih membahagiakan jika hutang atau tagihan dapat cepat terlunaskan?

2. Alihkan ke Kebutuhan

Woman wearing protective mask preparing for virus pandemic spread quarantine.Hygiene, cleaning and disinfection products.Preventive measures and protection.Supply shopping during the epidemic.Alihkan ke Kebutuhan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/eldinhoid

Kamu juga bisa mengalihkannya ke kebutuhan. Ingat ya, kebutuhan bukan keinginan. Apa yang saat ini sedang benar-benar kamu butuhkan dan memang memiliki peran yang besar?

Kamu bisa alihkan uang tersebut untuk hal ini. Bisa juga jika kamu ingin menambah stok kebutuhan bulan depan supaya lebih terasa ringan, seperti membeli kebutuhan pokok untuk bulan depan.

3. Tabungkan atau Investasi

Hindari kebiasaan menunda untuk menabung. Segeralah menyisihkan uang setelah mendapatkan gaji.Menabung atau Investasi/ Foto: Freepik.com

Hal yang satu ini jangan sampai dilewatkan, Beauties! Tak perlu banyak, namun senantiasa kamu rajin untuk menabungkan atau menginvestasikan uang yang kamu miliki.

Bukan terasa manfaatnya sekarang, tapi nanti saat kamu butuh dan sedang terdesak, kamu akan sangat berterimakasih dengan tabungan atau investasi yang dimiliki. 

4. Beri Sedikit Apresiasi Diri

Young woman shopping in the mall and texting on mobile phone.Beri Sedikit Apresiasi Diri/ Foto: iStock

Karena ini buah dari kerja kerasmu juga, tidak ada salahnya untuk menikmatinya. Beri sedikit bagian untuk apresiasi diri, entah itu membeli makanan kesukaan, ditabungkan untuk nanti jalan-jalan, atau membeli hal yang kamu inginkan.

Tapi perlu diingat ya, jika sedikit saja bagian untuk hal ini, jangan sampai uang bonus dianggap sebagai uang lupa yang kamu buang-buang begitu saja. Sayang banget kan kalo terbuang sia-sia? 

Beauties, itu dia tips keuangan mengelola uang bonus dari kantor. Mudah bukan? Jangan lupa di terapkan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id