Jangan Buru-buru Resign, Ini 5 Cara Mudah Atasi Stres di Tempat Kerja
Stres di tempat kerja umumnya disebabkan oleh tekanan yang memengaruhi kondisi fisik dan mental pekerja. Beberapa penyebab lainnya, seperti beban atau waktu kerja yang berlebihan, hubungan yang tidak harmonis dengan rekan kerja, hingga atasan yang kurang memberikan dukungan.
Ketika seseorang merasa stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol sehingga detak jantung serta tekanan darah akan meningkat. Selain itu, pernapasan menjadi lebih cepat, bahkan otot menjadi tegang.
Tentunya kondisi tersebut akan mengganggu pikiran dan kinerjamu. Dilansir dari Very Well Mind, berikut beberapa cara mudah mengatasi stres di tempat kerja. Simak, yuk!
Mulai Pagi Hari dengan Pikiran Positif
![]() Mulai pagi hari dengan pikiran positif/Foto: Freepik.com/lifestylememory |
Awali rutinitas pagi hari dengan semangat, mulai dari bangun tidur, mandi, masak, sarapan, hingga berangkat ke tempat kerja. Pikirkan hal positif atau momen baik yang telah terjadi maupun harapan yang akan datang.
Jangan lewatkan sarapan, karena kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap sehat. Tubuh dan pikiran sama-sama memegang peranan penting dalam menciptakan pagi hari tanpa tekanan.
Hindari Konflik
![]() Hindari konflik/Foto: Freepik.com/tirachardz |
Konflik interpersonal dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan emosional. Konflik antar rekan kerja terkadang sulit dihindari, namun sebaiknya kamu tetap bisa menahan diri agar tak terlibat konflik di tempat kerja.
Salah satu yang bisa dilakukan untuk menghindari konflik adalah jangan bergosip, membicarakan keburukan orang lain itu tidaklah baik. Apalagi jika suatu saat kamu bisa dibicarakan balik oleh orang lain. Sebisa mungkin hindari berbagi pendapat pribadi tentang agama dan politik karena bisa memicu konflik.
Jadilah Seseorang yang Terorganisir
![]() Jadilah seseorang yang teroganisir/Foto: Freepik.com/tirachardz |
Untuk mengurangi stres di tempat kerja, kamu bisa mulai mengorganisir kegiatan atau tugas yang ditargetkan selesai tepat waktu. Dengan merencanakannya, kamu bisa bekerja secara teratur dan efisien.
Hindari bekerja secara multitasking, karena kamu bisa kehilangan fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Ketika pikiranmu terbagi, proses hingga hasil pekerjaan cenderung kacau dan kurang maksimal.
Ciptakan Ruang Kerja yang Tenang dan Nyaman
![]() Ilustrasi bekerja/Foto: Freepik.com/jcomp |
Bekerja seharian dengan duduk menatap layar laptop atau komputer rentan menimbulkan sakit punggung. Apalagi mata terasa perih akibat radiasi, tak jarang rasa stres bisa muncul akibat tubuh lelah.
Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan ruang kerja yang tenang dan nyaman. Pilih kursi yang paling nyaman untuk bekerja, rapikan berkas yang tertumpuk, bersihkan ruangan agar terhindar dari debu. Kamu juga bisa menambahkan mini diffuser di meja kerja yang memberikan keharuman menyegarkan agar energi positif meningkat setelah mencium wewangian.
Mendengarkan Musik
![]() Ilustrasi mendengarkan musik/Foto: Freepik.com/lookstudio |
Mendengarkan musik memberikan banyak manfaat dan bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres sebelum, selama, atau setelah bekerja. Contohnya, kamu bisa mendengarkan musik favorit sebelum berangkat kerja, pikiran positif dari musik yang kamu putar akan membangkitkan semangat.
Jika kamu tidak diperkenankan mendengarkan musik selama bekerja, kamu bisa meredakan stres dengan mendengarkan musik favorit di perjalanan pulang.
Menghadapi stres memang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Jangan lupa untuk beristirahat dan tidur yang cukup, serta meluangkan waktu melakukan hal-hal yang disukai. Sesekali liburan di akhir pekan juga bisa mengembalikan semangatmu sehingga terhindar dari stres, lho, Beauties! Selamat mencoba!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!




