STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Keburu Emosi, Ini 3 Tips Jitu untuk Berdebat Secara Sehat dengan Pasangan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 20 Dec 2021 23:30 WIB
Jangan Keburu Emosi, Ini 3 Tips Jitu untuk Berdebat Secara Sehat dengan Pasangan!

Dalam menjalin hubungan asmara, setiap pasangan pasti pernah mengalami perdebatan atau adu argumen. Terlepas dari seberapa banyak kesamaan yang dimiliki, tiap pasangan tentu tidak akan memiliki pikiran, perasaan, atau prinsip yang sama persis. Dan ini adalah hal yang wajar.

Sebenarnya, perdebatan bukanlah hal yang buruk jika bisa ditangani dengan tepat. Bahkan, perdebatan ibarat sebuah tantangan bagi pasangan yang mampu mengasah keterampilan berkomunikasi satu sama lain. Dilansir dari Real Simple, menurut Tray Kearney, pelatih kehidupan dan hubungan, debat yang sehat dapat menunjukkan tingkat pengendalian diri serta kemampuan untuk menangani perbedaan pendapat tanpa harus bersikap egois.

Lantas, bagaimana cara berdebat dengan pasangan secara baik dan sehat? Melansir dari Real Simple, simak ulasannya berikut ini.

Aktif Mendengarkan

Kim Seon Ho dan Shin Min Ah pasangan drakor paling bikin baper tahun 2021/Foto: instagram.com/tvn_dramaAktif mendengarkan kunci dari perdebatan yang sehat/Foto: Instagram.com/tvn_drama

Salah satu kunci dalam perdebatan yang sehat dengan pasangan adalah aktif mendengarkan. Menurut Helen LaKelly Hunt, salah satu pendiri Imago Relationships International dan Imago Relationship Therapy, konflik mengaktifkan bagian reptil dari otak manusia yang membuat seseorang melawan, melarikan diri, atau terdiam.

Namun, kamu bisa keluar dari perangkap itu jika kamu diam sejenak sebelum bereaksi dan memahami sepenuhnya apa yang berusaha disampaikan oleh pasangan. "Cobalah untuk menenangkan apapun yang terjadi di kepala Anda sehingga Anda dapat benar-benar mendengar pasangan Anda," ungkapnya.

Jika kamu terus menyela tanpa membiarkan pasangan menyelesaikan kalimatnya, itu tandanya kamu tidak mendengarkan. Beri mereka kesempatan untuk menjelaskan pandangannya dan pastikan bahwa kamu menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan untuk memahami, bukan hanya sekadar untuk membalas argumennya.

Ungkapkan Keinginan dengan Jelas

Yoo Na Bi dan Park Jae eon di drama Nevertheless/Instagram.com/nevertheless_k_dramaUngkapkan keinginan dengan jelas pada pasangan/Foto: Instagram.com/nevertheless_k_drama

Satu hal yang harus benar-benar dipahami saat berdebat adalah pasangan tidak bisa membaca pikiran kamu, tak peduli sudah seberapa lama kalian bersama. Tidak mengungkapkan apa yang kamu butuhkan secara jelas hanya akan membuat perdebatan semakin panas.

Sebagai contoh, ketika pasangan sering terlambat atau tidak on time, kamu bisa menjelaskan bahwa dengan tepat waktu tidak hanya membuat kalian menjadi produktif, namun kamu juga merasa dihormati. Petunjuk yang jelas atas apa yang diinginkan bisa membuat argumen menjadi lebih sehat, bahkan mencegah pertengkaran yang bisa terjadi.

Cari Waktu yang Tepat untuk Berdebat

salah satu scene dari drama It's Okay Not To Be OkayCari waktu yang tepat untuk berdebat/Foto: hancinema.net

Kamu dan pasangan pasti memiliki kesibukan masing-masing, mulai dari pekerjaan di kantor, mengurus rumah, pertemanan, dan lainnya. Sebisa mungkin hindari berdebat ketika kamu atau pasangan akan melakukan hal yang penting, seperti meeting di kantor. Hal ini hanya akan membuat perdebatan menjadi sia-sia dan menguras emosi.

Jika memang ada hal yang ingin dibicarakan dan sekiranya mengandung hal-hal yang cukup berat dan sulit hingga memicu perdebatan, pilihlah waktu ketika kamu dan pasangan sedang tidak sibuk dan merasa tenang. Kamu dan pasangan cenderung akan merasa lebih lega dan bisa mempersiapkan diri untuk membahas hal sulit tersebut.

Meski berdebat terkadang dibutuhkan dalam suatu hubungan, pastikan bahwa perdebatan tersebut tetap berjalan dengan baik dan sehat. Dan ingatlah bahwa kamu dan pasangan pada akhirnya akan memperjuangkan hal yang berguna untuk kebaikan bersama.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE