Jangan Panik, Ini 4 Langkah yang Bisa Kamu Ambil Setelah Membuat Kesalahan di Tempat Kerja
Membuat kesalahan di tempat kerja mungkin menjadi salah satu mimpi buruk yang sangat dihindari oleh setiap karyawan. Pasalnya, ini dapat berdampak buruk bagi citra diri di kantor.
Hanya menerima dan melanjutkan pekerjaan seperti biasa setelah membuat kesalahan mungkin bukan pilihan yang tepat. Karena langkah yang kamu ambil bisa berdampak pada karier ke depannya, lho!
Jika kamu sedang atau pernah membuat kesalahan di tempat kerja, jangan khawatir. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan!
Mengakui Kesalahan
Langsung akui kesalahan yang diperbuat/ Foto: Pexels.com/ Foto: detik |
Begitu kamu menemukan ada yang tidak beres atau salah dengan pekerjaan, segera beritahu atasan. Jangan mencoba menyembunyikan kesalahan. Jika kamu melakukannya, kamu bisa terlihat buruk dan orang lain akan mengira kamu berusaha menutup-nutupi.
Tetap tenang, akui kesalahan, dan bersikap terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut akan menunjukkan sikap profesionalisme yang menjadi poin penting dalam dunia kerja.
Beri Solusi atas Kesalahan yang Dibuat
Lakukan hal ini ketika membuat kesalahan di tempat kerja/Foto: Pexels.com/RODNEA Production/ Foto: detik |
Setelah kamu mengakui kesalahan, kamu juga perlu membuat rencana untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Yakinkan atasan bahwa kamu sedang mencari solusi dan tidak lepas tanggung jawab.
Siapkan beberapa solusi yang bisa kamu ajukan. Walaupun kamu telah membuat kesalahan, namun ini bisa jadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan problem solving atau pemecahan masalah yang kamu miliki.
Jangan Menyalahkan Rekan Kerja
Jangan menyalahkan rekan kerja/Foto: Freepik.com/Katemangostar/ Foto: Novianty Aulia |
Ketika kamu bekerja pada tim, besar kemungkinan bahwa kesalahan tersebut juga dilakukan teman satu tim. Namun, sudah nalurinya bahwa seseorang lebih senang menerima pujian dibandingkan mengakui kesalahan. Setuju, Beauties?
Jika teman satu tim seakan lepas tangan dari kesalahan yang diperbuat bersama, menyalahkan orang lain juga bukan perbuatan yang profesional. Cobalah untuk berdiskusi kembali dan mencari jalan tengah. Karena pada akhirnya, setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya sendiri.
Belajar dari Kesalahan
Belajar dari kesalahan/Foto: Freepik.com/DCStudio/ Foto: Diyah Wulandini |
Pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman tidak hanya tentang keberhasilan, namun juga kegagalan ataupun kesalahan.
Jadikan kesalahan yang kamu perbuat ini sebagai pembelajaran agar lebih berhati-hati dan teliti saat bekerja. Tidak perlu terlalu keras pada diri sendiri apabila kamu sudah mengakui kesalahan dan belajar mencari solusinya. Membuat kesalahan adalah hal yang mungkin saja terjadi, namun bagaimana sikap kamu mengatasi situasi tersebut adalah hal yang penting.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Langsung akui kesalahan yang diperbuat/ Foto: Pexels.com/ Foto: detik
Lakukan hal ini ketika membuat kesalahan di tempat kerja/Foto: Pexels.com/RODNEA Production/ Foto: detik
Jangan menyalahkan rekan kerja/Foto: Freepik.com/Katemangostar/ Foto: Novianty Aulia
Belajar dari kesalahan/Foto: Freepik.com/DCStudio/ Foto: Diyah Wulandini