Jangan Rapikan Tempat Tidur Saat akan Check Out dari Kamar Hotel, Ini Alasannya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 22 Nov 2023 13:00 WIB
Jangan Rapikan Tempat Tidur Saat akan Check Out dari Kamar Hotel, Ini Alasannya!
Alasan jangan rapikan tempat tidur saat akan check out dari kamar hotel/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Tamu hotel datang dengan berbagai kebiasaan mereka. Tamu yang lebih perhatian biasanya ingin meninggalkan kamar hotel dalam kondisi yang layak, termasuk merapikan tempat tidur, sebelum check out. Masalahnya, banyak dari tamu hotel boleh dikatakan belum begitu memahami tata cara meninggalkan kamar hotel sebelum check out.

Menurut seorang mantan petugas kebersihan hotel, lebih baik tinggalkan tempat tidur dalam keadaan berantakan tanpa perlu dirapikan. Alih-alih kamu berniat mempermudah pekerjaan pelayan hotel dengan merapikan tempat tidur, itu justru dinilai tidak perlu. Lantas apa, ya, alasannya? Berikut penjelasannya.

Alasan Jangan Merapikan Tempat Tidur Hotel

Petugas kebersihan hotel merapikan kasur/Foto: Freepik.com/freepik

Pengunjung hotel yang meninggalkan tempat tidur dalam keadaan rapi malah akan lebih membebani petugas kebersihan dibandingkan jika dibiarkan berantakan. Sebaliknya, tempat tidur yang dibiarkan berantakan akan mempercepat mereka untuk mendeteksi bahwa barang-barang tersebut sudah dipakai dan mengambilnya sekaligus. 

Seorang mantan petugas kebersihan di sebuah hotel di Australia menjelaskan ketidaknyamanan ini kepada Business Insider.

“Bila anda sudah tidur di tempat tidur, anda tidak perlu merapikannya saat akan pergi. Jika menurut kami anda belum menggunakan tempat tidur sama sekali, kami tidak boleh mengganti seprai. Jadi lebih baik tinggalkan saja dalam kondisi terlihat sudah ditiduri,“ ujarnya.

Tempat tidur yang telah rapi sempurna malah akan membingungkan staf kebersihan hotel, apakah mereka harus menggantinya atau tidak. Pasalnya, para petugas kebersihan hotel tidak punya banyak waktu.

Mereka cuma diberi waktu kurang dari 30 menit untuk membersihkan setiap kamar hotel, sedangkan mereka dibebankan banyak tugas. Jadi, sebagai jalan pintas, mereka acapkali tidak mengganti seprai dan handuk bagi setiap tamu.

"Pada hari-hari sibuk, staf hanya akan menepuk-nepuk bantal dan menggunakan kembali seprai yang sama, hanya mengganti seprai setiap tiga hingga empat hari," Flavio Serreti, manajer Soprano Villas dan Rome Lofts, membeberkan kepada Business Insider. Dia juga mengatakan bahwa beberapa hotel merasa keberatan dengan biaya pencucian seprai setiap hari yang mahal.

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Check Out

Biarkan tempat tidur berantakan sebelum check out/Foto: Unsplash.com/Egor Myznik

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan kamar hotel? Periksalah kembali barang bawaanmu untuk memastikan semuanya tidak tertinggal di hotel.

Selain itu, kamu dapat membantu mengumpulkan handuk, seprai, sarung bantal, dan selimut bekas pakai menjadi satu tumpukan, sehingga memudahkan petugas kebersihan hotel untuk membawa dan membersihkannya. 

“Ini tidak perlu atau diharapkan, tetapi sungguh menyenangkan ketika seorang tamu melepas seprai  sebelum mereka pergi karena anda harus membersihkan begitu banyak kamar dalam jangka waktu tertentu. Ini sangat membantu. Selain itu, taruh semua handuk bekas anda di tumpukan di lantai,“ ujar seorang petugas kebersihan Holiday Inn kepada Business Insider yang dikutip dari Mail+ Edition.

Lalu mengutip The Sun, etika lain yang selalu baik untuk diikuti adalah membuang sampah ke tempat sampah, bukan sembarangan ke lantai, dan menyiram toilet setelah digunakan.

Di lain kesempatan, jika kamu menginap selama beberapa malam, kamu berhak meminta layanan merapikan tempat tidur di pagi hari atau penggantian seprai kepada petugas kebersihan.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE