sign up SIGN UP

Jangan Salah, Ekstrovert Juga Rentan Alami Social Fatigue alias Lelah Berinteraksi dengan Orang Lain! Cek di Sini!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Kamis, 06 Jan 2022 11:45 WIB
Jangan Salah, Ekstrovert Juga Rentan Alami Social Fatigue alias Lelah Berinteraksi dengan Orang Lain! Cek di Sini!
caption
Jakarta -

Buat kamu yang ekstrovert, pernahkah kamu merasa begitu lelah usai berinteraksi dengan orang lain? Padahal sebagai seorang ekstrovert, bertemu dan menghabiskan waktu dengan orang lain merupakan salah satu hal yang dinanti-nantikan agar mood tetap dalam keadaan yang baik.

Tetapi, mengapa kini berubah, ya? Hmm, bisa jadi itu pertanda bahwa kamu sedang mengalami gejala “social fatigue” atau kelelahan dalam bersosialisasi nih, Beauties!

Umumnya fenomena ini sering dijumpai pada orang-orang dengan tipe kepribadian introvert. Namun belakangan diketahui bahwa ternyata orang-orang yang berkepribadian ekstrovert pun sangat mungkin untuk mengalaminya juga.

Lalu kira-kira apa dan bagaimana sih tanda bahwa kamu sedang terjangkit gejala social fatigue? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Social Fatigue?

Dihimpun dari berbagai sumber, social fatigue merupakan suatu fenomena psikologis yang menimpa seseorang setelah ia melakukan komunikasi dengan orang lain secara terus-menerus hingga akhirnya menimbulkan kebosanan. Rasa bosan ini lama-lama akan menguras energi sehingga penderita social fatigue rentan mengalami kelelahan mental dan fisik yang cukup serius.

Dalam jangka panjang, fenomena social fatigue yang nggak segera diatasi bahkan dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Nggak jarang penderita social fatigue menjadi mudah cemas, marah, takut, stres dan merasa tertekan ketika ia mendapat undangan untuk bertemu orang banyak.

Tanda Kamu sedang Alami Social Fatigue

Ekstrovert pun Rentan Alami Social Fatigue
Susah tidur, gejala awal social fatigue/Foto: Pexels.com/Cottonbro

Kebanyakan orang baru sadar bahwa ia mengalami kelelahan dalam berinteraksi di saat gejalanya sudah cukup parah. Oleh karena itu, yuk, cek beberapa tanda awal gejala social fatigue yang dilansir dari laman Psyhcentral ini.

  • Kesulitan untuk tidur
  • Kurang bersemangat dalam menjalani hari
  • Kualitas hasil pekerjaan menurun
  • Merasa putus asa
  • Mudah menyerah
  • Depresi
  • Menarik diri dari pergaulan yang biasanya disukai

Dari sekian banyak tanda awal social fatigue, kira-kira ada yang lagi kamu rasakan nggak, nih, Beauties?

Tips Mengatasi Social Fatigue

Jika kamu terlanjur mengalaminya, berikut ada beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat kamu terapkan sehari-hari untuk mengurangi dampak buruk dari social fatigue ini.

Mengidentifikasi Pemicu Terjadinya Social Fatigue

Ekstrovert pun Rentan Alami Social Fatigue
Identifikasi pemicu social fatigue/Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Perlu kamu pahami, nggak semua interaksi akan membuatmu merasakan kelelahan. Coba perhatikan lagi kira-kira situasi seperti apa dan dengan siapa yang berperan sangat besar dalam memicu kejenuhan dan kelelahanmu.

Belajar Menetapkan Batasan

Ekstrovert pun Rentan Alami Social Fatigue
Belajar menerapkan batasan diri/Foto: Pexels.com/Monstera

Mengiyakan berbagai ajakan hangout padahal kamu nggak terlalu menikmatinya adalah salah satu hal yang bisa memicu terjadinya social fatigue. Mulai sekarang, cobalah untuk menetapkan batasan terhadap orang lain. Menolak suatu ajakan atau penawaran untuk hal yang kurang disukai bukan masalah, sebaliknya, kamu bisa menerima tawaran yang benar-benar kamu suka.

Lakukan Me Time

Ekstrovert pun Rentan Alami Social Fatigue
Me time setiap hari/Foto: Pexels.com/Monstera

Seharian beraktivitas tanpa henti berpotensi besar akan membuatmu stres dan lelah secara emosional. Setidaknya, luangkanlah waktu 10-30 menit per hari agar dirimu dapat melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan versi kamu. Misalnya maskeran sebelum tidur, mandi air hangat ataupun menulis journal.

Meditasi

Ekstrovert pun Rentan Alami Social Fatigue
Meditasi/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov

Meditasi merupakan sebuah sarana menenangkan pikiran yang dapat kamu coba juga, lho! Kamu bisa bermeditasi satu kali dalam seminggu di dalam ataupun di luar ruangan. Latihan meditasi sangat baik untuk mengurangi stres akibat rutinitas harian yang padat.

Untuk kamu yang tengah berjuang mengatasi social fatigue, tetap semangat, ya! Perlahan tapi pasti, segala kelelahanmu pasti akan terobati.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id