sign up SIGN UP

Jangan Terlalu Keras, Ini 6 Kiat untuk Membantu Kamu Memaafkan Diri Sendiri

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Minggu, 02 Jan 2022 07:00 WIB
Jangan Terlalu Keras, Ini 6 Kiat untuk Membantu Kamu Memaafkan Diri Sendiri
caption

Tidak ada manusia yang sempurna dan setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kalimat ini tentu sering terdengar dah sudah sangat umum. Ketidaksempurnaan manusia bisa direpresentasikan dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.

Tapi tidak jarang, dari rentetan kesalahan yang pernah terjadi, proses memaafkan kerap sulit untuk dilakukan. Tidak terkecuali untuk memaafkan diri sendiri. Apabila seseorang belum bisa memaafkan dirinya, maka hal tersebut bisa menahan nya untuk maju dan termotivasi.

Oleh karenanya, dibutuhkan solusi agar bisa memaafkan diri sendiri. Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaafkan diri sendiri.

Fokus pada Emosi

Ilustrasi memaafkan diri sendiri/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memaafkan diri sendiri/ Foto: Freepik.com

Langkah pertama yang harus diambil agar dapat memaafkan diri sendiri adalah dengan berfokus pada emosi. Sebelum kamu bergerak maju, kamu perlu mengakui dan memproses emosi yang kamu rasakan. Beri izin pada diri sendiri untuk mengenali dan menerima perasaan yang tengah bergejolak dalam diri.

Akui Kesalahan dengan Lantang

Ilustrasi menyuarakan dengan lantang/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menyuarakan dengan lantang/ Foto: Freepik.com

Jika kamu membuat kesalahan yang terus berjuang untuk memperbaikinya, akui dengan lantang hal-hal yang kamu pelajari dari kesalahan tersebut. Menyuarakan hal-hal yang ada di pikiran dan di hati akan membantu kamu untuk membebaskan diri dari beban yang ada. 

Pikirkan Setiap Kesalahan Sebagai Pengalaman Belajar

Ilustrasi berpikir dengan fokus/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berpikir dengan fokus/ Foto: Freepik.com

Psikoterapi Arlene B. Englander, LCSW, MBA, PA mengungkapkan bahwa memikirkan setiap kesalahan sebagai pengalaman belajar adalah kunci untuk bergerak maju lebih cepat dan lebih konsisten di masa depan.

Ingatkan pada diri sendiri bahwa kamu sudah mencoba untuk melakukan yang terbaik yang kamu bisa dengan pengetahuan yang kamu miliki pada saat itu. Hal ini akan membantu kamu untuk memaafkan diri sendiri dan bergerak maju.

Beri Izin pada Diri Sendiri untuk Menunda Proses 

Ilustrasi kotak kecil/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi kotak kecil/ Foto: Freepik.com

Tidak semuanya harus dikebut untuk membalaskan kesalahan yang pernah dilakukan. Ya, apabila kamu membuat kesalahan dan sulit untuk menghilangkannya, cobalah untuk memvisualisasikan pikiran dan perasaan tentang kesalahan tersebut ke dalam sebuah wadah.

Misalnya saja stoples atau kotak. Setelah itu, katakan pada diri sendiri bahwa kamu akan mengesampingkan hal tersebut untuk sementara waktu dan akan mencoba untuk melakukan hal lain yang positif.

Lakukan Percakapan dengan Batin Sendiri

Ilustrasi bicara pada diri sendiri/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bicara pada diri sendiri/ Foto: Freepik.com

Lakukan percakapan dengan batin sendiri bisa dimulai dengan menulis jurnal. Jurnal bisa membantu kamu memahami kritik batin dan mengembangkan belas kasih pada diri sendiri. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang memiliki kritikus batin di dalam dirinya.

Oleh karenanya disarankan untuk menulis percakapan antara diri kamu sendiri dan kritikus yang ada di dalam batin kamu. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi pola pikir yang menyabotase kemampuan kamu untuk memaafkan diri sendiri.

Tenangkan Pesan Negatif yang Berasal dari Kritikus Batin Sendiri

Ilustrasi menulis perasaan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menulis perasaan/ Foto: Freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, terkadang cukup sulit untuk mengenali pikiran yang menghalangi kamu untuk menguatkan diri sendiri. Jika kamu adalah salah seorang yang sedang berjuang untuk memilah kritik batin yang ada dalam dirimu, maka kamu bisa melakukan latihan.

Cobalah ambil secarik kertas kemudian tuliskan kalimat-kalimat yang berasal dari kritikus batin kamu. Sementara itu, di sisi lain silakan tuliskan kalimat-kalimat welas asih diri terhadap diri kamu sendiri.

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id