sign up SIGN UP

Jenuh dan Mulai Acuh? Lakukan 3 Hal ini untuk Membuat Pernikahanmu Kembali Bergairah

Octaviani | Beautynesia
Sabtu, 07 Aug 2021 23:00 WIB
Jenuh dan Mulai Acuh? Lakukan 3 Hal ini untuk Membuat Pernikahanmu Kembali Bergairah
caption

Setiap pasangan yang menikah pasti menginginkan pernikahan yang bahagia hingga maut memisahkan mereka. Namun adakalanya kenyataan tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Kehidupan rumah tangga memang selalu ada saja permasalahan yang dihadapi. Setiap orang juga berbeda-beda cara menyikapinya. Ada yang langsung memilih untuk berpisah tanpa berpikir panjang, ada juga yang memilih bertahan meskipun kalian bersikap dingin dengan satu sama lain.

Pernikahan
Pernikahan/freepik.com/tyrachardz



Maka dari itu, dilansir dari CNN, Menteri Agama, Fachrul Razi, mendukung gagasan Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang mewajibkan pasangan untuk mengikuti bimbingan pranikah. "Bimbingan perkawinan digelar untuk membekali calon pengantin dalam merespons problem perkawinan dan keluarga, mempersiapkan mereka agar terhindar dari problem perkawinan yang umum terjadi, serta meningkatkan kemampuan mewujudkan keluarga sakinah," ujar Fachrul seperti dikutip dari situs Kemenag, Jumat (15/11).

Lantas apa saja kiat untuk menghadapi pernikahan yang sedang tidak baik-baik saja? Berikut Beautynesia bagikan beberapa kiatnya.

Segera Bicarakan dengan Pasangan

Bicarakan semua yang kamu rasakan dan apa yang menjadi penyebabnya. Duduklah bersama dengan kepala dingin, dan ungkapkan isi hatimu dan pasangan. Siapa tahu kalian bisa menemukan akar permasalahan dan solusinya untuk menjadikan pernikahan menjadi lebih baik dan harmonis lagi. Sebaiknya jangan pernah menyimpan masalah dan asumsi sendiri, jika masih bisa dibicarakan, bicarakanlah baik-baik.

Bicarakan masalah dengan pasangan
Bicarakan masalah dengan pasangan/freepik.com/wayhomestudio

Hindari Mindset Perceraian

Kekuatan pikiran sangatlah besar. Jika dari awal sejak merasa adanya permasalahan, pikiranmu langsung tertuju pada perceraian, maka hal itu akan tercermin pada keputusan yang kamu pilih. Karena menurutmu perceraian adalah jalan terbaik, maka kamu tidak akan berusaha dengan keras untuk mempertahankan rumah tanggamu. Maka buanglah pikiran untuk berpisah, terlebih jika kalian sudah memiliki anak. Mindset yang benar, bisa menuntunmu pada keputusan-keputusan yang tepat.

Prioritaskan Pernikahan

Mungkin kesibukan membuat kalian lupa atau bahkan jarang meluangkan waktu berdua. Padahal rasa cinta itu perlu untuk terus dipupuk. Ajaklah pasanganmu untuk quality time berdua. Tidak perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak uang, kamu bisa lakukan di rumah, seperti sepulang bekerja tanyakan kabarnya, kecup keningnya, menonton film bersama di rumah atau hanya sekedar pillow talk. Pekerjaan memang penting mengingat tingginya tingkat kebutuhan apalagi jika sudah memiliki anak. Namun hal itu tidak sepadan jika pernikahan kalian menjadi kurang harmonis.

Latih Diri Untuk Lebih Mau Mendengarkan

Kamu dan pasangan harus sama-sama melatih diri untuk lebih mendengarkan. Bukan hanya sekedar mendengarkan apa yang ia katakan, tapi coba lebih peka lagi untuk memahami perasaannya dan keinginannya. Karena mungkin saja permasalahan rumah tangga disebabkan oleh salah satu pihak yang merasa paling benar, selalu ingin didengar dan dipahami.

Apapun masalah kamu hadapi jangan berputus asa dan berlarut-larut dalam masalah ya Beauties.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id