sign up SIGN UP

Kamu Juga Bisa Punya! Begini Cara Melatih Kecerdasan Emosional

Meydiana Adinda | Beautynesia
Kamis, 12 Aug 2021 06:00 WIB
Kamu Juga Bisa Punya! Begini Cara Melatih Kecerdasan Emosional
caption

Memiliki kecerdasan emosional sama pentingnya dengan memiliki kecerdasan intelektual. Dilansir dari Very Well Mind, kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami, mengontrol, dan mengevaluasi emosi yang dimilikinya.

Kecerdasan ini bukan hanya tentang bagaimana seseorang mengendalikan dan mengekspresikan emosinya, tapi juga tentang bagaimana seseorang dapat memahami emosi yang dikeluarkan oleh orang lain.

Maka dari itu, kecerdasan emosional berpengaruh besar terhadap kemampuan komunikasi dan interaksi seseorang. Semakin cerdas emosional seseorang, maka semakin baik pula ikatan sosial yang ia miliki.

Jika kamu adalah seorang pribadi yang tenang dan selalu berpikiran terbuka, itu merupakan tanda kamu memiliki kecerdasan emosional. Namun jika kamu belum memilikinya, jangan bersedih hati dulu! Kamu juga bisa kok memiliki kecerdasan emosional yang baik dengan latihan berikut ini!

1. Latih Kesadaran Diri

Meningkatkan kecerdasan emosional
Cerdas emosional dengan kesadaran diri/foto: pexels.com/anna tarazevich

Ketika sedang emosi, kamu tidak akan bisa berpikir jernih. Maka dari itu, pengendalian emosi dimulai dari berpikir jernih dan mengenali diri dengan baik. Kemampun sadar diri ini akan membuat kamu lebih tenang dan rasional dalam bertindak.

Mark Manson, seorang penulis buku pengembangan diri, dalam website-nya menyebutkan bahwa kesadaran diri melibatkan pemahaman terhadap diri sendiri dan perilaku yang dimiliki. Ada tiga level untuk memiliki kesadaran diri, yaitu:

  • Sadari setiap hal yang dilakukan
  • Kenali setiap perasaan yang muncul
  • Kenali setiap emosi yang bahkan sebelumnya tidak kamu sadari

2. Belajar Menyalurkan Emosi dengan Baik

Meningkatkan kecerdasan emosional
Salurkan emosi dengan baik/foto: pexels.com/ekaterina bolovtsova

Mengekspresikan emosi yang dirasakan tentu wajar dilakukan. Tapi dengan memiliki kesadaran diri yang baik, hendaknya kamu juga sadar terhadap setiap perilaku yang akan diekspresikan.

Untuk mengelola emosi, kamu perlu mengenali apa yang dirasakan, kemudian memutuskan apakah itu emosi yang sesuai atau tidak untuk situasi yang dihadapi, dan kemudian barulah kamu dapat bertindak sesuai dengan apa yang diputuskan. Jika kamu berhasil melakukannya, maka kamu telah menyalurkan emosimu dengan lebih terarah.

Setiap kamu merasakan emosimu bergejolak, ingatlah untuk mengambil jeda. Diam sejenak dan pikirkan apa yang sebaiknya kamu lakukan. Ini juga akan menghindarkanmu dari penyesalan akibat emosi sesaat.

3. Kembangkan Kesadaran Sosial

Meningkatkan kecerdasan emosional
Cerdas emosional dengan kesadaran sosial/foto: pexels.com/monstera

Memiliki kesadaran sosial akan membantumu mengenali dan memahami cara orang lain berkomunikasi denganmu. Ketika berhasil memahaminya, kamu bisa memberikan apa yang orang lain butuhkan dengan tepat.

Hal ini akan berpengaruh baik pada hubunganmu dengan orang-orang di sekitar. Dilansir dari Help Guide, untuk memiliki kesadaran sosial, seseorang perlu lebih banyak memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, dengan memperhatikan orang lain, kamu juga bisa belajar lebih dalam tentang dirimu. Kamu bisa mengetahui bagaimana perasaanmu terhadap hal-hal yang kamu perhatikan. Maka dari itu, mulailah berinteraksi dengan sekitar dan kurangi kesibukanmu dengan ponsel ya, Beauties.

4. Jalin Hubungan yang Lebih Sehat

Meningkatkan kecerdasan emosional
Kecerdasan emosional dalam hubungan sehat/foto: pexels.com/pixabay

Setelah berhasil memiliki kesadaran diri dan kesadaran sosial, kamu bisa meningkatkan hubungan yang dimiliki agar lebih sehat. Hubungan yang sehat, baik itu hubungan romantis, kekeluargaan, atau persahabatan, perlu dimulai dengan mengenali dan menghormati kebutuhan emosi satu sama lain.

Saling bercerita dan mendengarkan akan membangun empatimu terhadap orang lain. Berempati dengan seseorang tidak selalu berarti untuk sepenuhnya memahami mereka, melainkan untuk menerima mereka apa adanya, bahkan ketika kamu tidak berhasil memahami mereka. Dengan saling berempati, hubunganmu dengan orang lain akan menjadi lebih sehat.

Nah, itu dia beberapa kiat untuk meningkatkan kecerdasan emosional, Beauties. Semoga kita bisa terus berkembang jadi pribadi yang lebih baik, ya!


Our Sister Site

mommyasia.id