sign up SIGN UP

Kamu Seorang Freelancer? Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Stabil Tanpa Kekurangan

aqillah diaz | Beautynesia
Sabtu, 25 Sep 2021 21:30 WIB
Kamu Seorang Freelancer? Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Stabil Tanpa Kekurangan
caption

Di era teknologi yang semakin berkembang pesat, terdapat banyak pekerjaan yang muncul, salah satunya adalah freelancer atau yang biasa disebut sebagai pekerja lepas. Pekerjaan freelancer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dipilih karena waktu kerjanya sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan apa yang sedang dikerjakan.

Waktu yang fleksibel tersebut dapat membuat penghasilan para freelancer menjadi tidak tetap. Hal itu tergantung dari project yang ada. Tidak menentunya pekerjaan ini, menyebabkan para freelancer harus bisa mengatur keuangan agar dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. 

Namun, jangan berkecil hati ya, Beauties. Bukan berarti menjadi freelancer membuat finansial kamu menjadi buruk. Oleh karena itu, jika kamu bekerja sebagai freelancer, kamu harus pandai mengatur keuangan.

Nah, kira-kira tipsnya apa aja nih? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Membuat Laporan Keuangan Pribadi

Membuat laporan keuangan pribadi / foto : pexels.com/oliadanilevich
Membuat laporan keuangan pribadi / foto : pexels.com/oliadanilevich

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai freelancer untuk mengatur keuangan yang baik adalah dengan membuat laporan keuangan pribadi. Karena pendapatan yang didapat tidak stabil, maka kamu harus mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya.

Hal ini akan membantu pengeluaran kamu menjadi lebih terkontrol dan lebih aman untuk menyiapkan anggaran ke depannya.

2. Rajin Menabung

Rajin menabung / foto : pexels.com/maitreerimthong
Rajin menabung / foto : pexels.com/maitreerimthong

Biasanya, penghasilan yang tidak tetap membuatmu menjadi susah untuk menabung. Namun, kali ini karena kamu sudah membuat laporan keuangan pribadi, pastinya kamu juga memiliki sisa dana yang tidak terpakai.

Dana tersebut bisa kamu alokasikan ke dalam tabungan, sehingga kamu bisa menggunakan tabunganmu di masa yang akan datang. Selain itu, upayakan untuk memisahkan rekening pribadi dan rekening tabungan ya untuk memudahkanmu menabung. 

3. Tidak Menghabiskan Uang untuk Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Tidak berperilaku konsumtif / foto : pexels.com/freestock.org
Tidak berperilaku konsumtif / foto : pexels.com/freestock.org

Karena pendapatan yang didapat tidak tetap, kamu tidak boleh boros ya! Jangan menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak urgent.

Hal ini dikarenakan dapat menjadi kebiasaan buruk. Mulailah untuk mengurangi belanja sesuatu yang tidak dibutuhkan dan dahulukan kebutuhan yang harus kamu cukupi.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska
Menyiapkan dana darurat / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska

Selain beberapa tips di atas, kamu juga harus menyiapkan dana darurat karena pendapatan kamu tidak tetap. Hal ini berguna untuk kehidupan di masa depan. Jika kamu memiliki tabungan dana darurat, maka kamu nggak perlu untuk mengambil uang dari rekening pribadi dan uang tabungan juga akan tetap aman. 

5. Memulai Berinvestasi

Memulai belajar investasi / foto : pexels.com/LizaSummer
Memulai belajar investasi / foto : pexels.com/LizaSummer

Tips yang terakhir adalah mulailah untuk belajar berinvestasi. Investasi merupakan hal yang penting untuk keuangan karena dapat berguna di masa depan dan menjamin keuangan tetap stabil, serta aman.

Jika pendapatanmu tidak terlalu besar, kamu bisa memulai investasi yang ringan dan tidak beresiko tinggi, seperti membeli emas atau reksa dana. Dengan memulai berinvestasi maka membuatmu memiliki aset. 

Itulah beberapa informasi dan tips yang bisa kamu lakukan sebagai freelancer agar keuangan kalian tetap aman dan stabil. Semoga tips ini berguna ya bagi kamu. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id