STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Berpuasa? Yuk, Simak Penjelasannya!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Senin, 11 Apr 2022 22:00 WIB
Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Berpuasa? Yuk, Simak Penjelasannya!

Bulan suci Ramadan telah tiba. Bulan penuh berkah yang datangnya satu tahun sekali ini memotivasi banyak orang untuk melakukan banyak hal kebaikan demi mendapatkan pahala.

Bukan hanya dalam hal beribadah, pada bulan Ramadan kebaikan kepada sesama juga berlomba-lomba untuk dilakukan. Beragam hal baik ini juga patut diajarkan orangtua kepada anak, terutama soal puasa yang menjadi ibadah wajib pada satu bulan penuh.

Lalu bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa? Berikut penjelasannya!

Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Berpuasa?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan si Kecil Berpuasa? Yuk Simak Informasinya!
Ilustrasi ibu dan anak/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto

Usia 4 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan puasa kepada anak. Namun, ajarkan berpuasa secara bertahap, tidak langsung secara penuh sepanjang hari. Orangtua bisa memulai mengajarkan berpuasa dengan cara berbuka setengah hari sembari memberikan pengertian manfaat dari puasa secara sederhana. Selain itu, ajarkan puasa ketika memang si kecil dalam keadaan sehat sehingga perkembangan tubuhnya tidak akan terganggu.

Hal yang Diperhatikan Saat Mengajarkan Anak Berpuasa

Cara mengajarkan anak berpuasaCara mengajarkan anak berpuasa/ Foto: Freepik/Monstera

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua saat mengajarkan anak berpuasa. Pertama, pertimbangkan berat badan dan pertumbuhan anak sesuai dengan usianya. Bila memang sehat, tentu orangtua bisa memulai untuk mengajarkan si kecil berpuasa. Namun, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka adalah makanan yang padat vitamin dan nutrisi.

Tetapi jika ternyata anak kekurangan berat badan dan mengalami masalah kesehatan seperti terlihat pucat, lemas dan sulit makan, sebaiknya tunda untuk mengajari anak berpuasa karena mereka masih membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Cara mengajarkan anak berpuasaCara mengajarkan anak berpuasa/ Foto: Pexels/Timur Weber

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orangtua bisa mengajarkan anak berpuasa secara bertahap. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan lain kepada si kecil selama bulan Ramadan.

Misalnya mengajarkan menabung lalu uang yang terkumpul disumbangkan kepada yang membutuhkan, membantu memasak makanan untuk berbuka puasa, atau rajin beribadah seperti membaca Al Quran, salat berjamaah, salat tarawih, dan lainnya.

Mengajari anak berpuasa dan menyemangatinya untuk melakukan hal baik pada bulan berkah ini tentu sangat menyenangkan. Jika memang kondisi si kecil memungkinkan, yuk mulai ajarkan berpuasa pada bulan Ramadan ini!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE