sign up SIGN UP

Kebanyakan Nonton Film atau Series Drama Tema Perselingkuhan, Benarkah Tidak Baik untuk Kesehatan Jiwa?

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 24 Sep 2021 22:30 WIB
Kebanyakan Nonton Film atau Series Drama Tema Perselingkuhan, Benarkah Tidak Baik untuk Kesehatan Jiwa?
caption
Jakarta -

Menonton series drama maupun film, merupakan salah satu cara mencari hiburan setelah lelah bekerja. Terlebih saat ini banyak pilihan tontonan baru yang semakin menarik diikuti lewat berbagai layanan streaming.

Kalau kamu salah satu penikmatnya, kamu tampaknya sudah familier dengan beberapa judul series dan film yang sempat trending. Salah satunya yang bertema perselingkuhan, sebut saja di drama Korea ada The World of the Married, Love (ft. Marriage and Divorce), VIP, dan lainnya.

Meski seru, kalau diperhatikan deretan drama bertema perselingkuhan seringnya membuat para penonton terbawa emosi. Sampai-sampai dilaporkan ada yang 'menyerang' sang aktor karena perannya yang menyebalkan itu. Meski diserang, aktor tersebut bisa dibilang cukup sukses dalam mendalami perannya.

Terbawa Emosi, Ada yang Salah dengan Diri Sendiri?

The World of The MarriedSalah satu drama bertema perselingkuhan: The World of The Married/ Foto: istimewa

Alasan tiap orang dalam menyukai tontonannya, bisa berbeda-beda. Termasuk drama perselingkuhan, yakni bisa karena lagi mengikuti tren atau memang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Demikian menurut Psikolog Rena Masri dikutip dari laman CNN Indonesia.

Benar adanya sebuah tontonan, meski hanyalah fiksi, bisa menguras emosimu. Karena itu, menurut Rena ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan dan disikapi ketika kamu putuskan untuk menyaksikan tontonan yang menguras emosi itu. Yakni kestabilan emosi, Beauties.

"Kalau sudah dewasa harus lihat apakah itu memengaruhi kestabilan emosi atau tidak. Karena kalau ada pengalaman serupa, itu akan menggugah emosi penonton. Sehingga emosi tak stabil, cemas lagi, khawatir lagi mungkin sekali muncul," kata Rena.

Love (ft. Marriage and Divorce)/Foto: mydramalist.comLove (ft. Marriage and Divorce)/Foto: mydramalist.com

Rena juga mengingatkan bahaya dari paparan hal negatif yang berulang. Pasalnya dinilai bisa mengubah perilaku serta pemikiran orang tersebut.

"Seandainya kita baik-baik saja. Tidak ada alasan untuk insecure, mungkin tontonan itu enggak akan memengaruhi. Tapi kalau terus menerus setiap hari sehingga mungkin timbul pikiran suami/istri gue seperti itu enggak ya?" ucapnya.

"Sehingga semua sangat tergantung kepada kepribadian penonton itu sendiri, kuat atau tidak. Kembali ke diri masing-masing," sambungnya.

Pilih Tontonan yang Bikin Pikiran Rileks dan Tenang

Kalau kamu merasa sebuah tontonan bisa sampai menguras emosi hingga bisa mengganggu aktivitas harian, maka sebaiknya kamu perlu mulai pilah-pilih tontonan-tontonan yang relatif aman dan cocok buatmu. Tidak mengapa bila tidak mengikuti yang lagi tren.

Pasalnya, bagaimana pun pikiran dan perasaan yang baik adalah hal penting yang harus dijaga, terlebih di masa yang masih pandemi ini. Setuju?

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id