STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membantu Meningkatkan Kecerdasan Emosionalmu

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 21 Oct 2022 12:30 WIB
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membantu Meningkatkan Kecerdasan Emosionalmu

Kecerdasan  emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengenali emosi orang lain dan juga diri sendiri. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam banyak bidang di kehidupan sehari-hari. Termasuk hubungan dengan orang lain, tempat kerja, sekolah, kesehatan dan kesejahteraan hidup secara keseluruhan.

Nah, kecerdasan emosional ini bisa ditingkatkan dengan beberapa upaya. Dikutip dari laman Psych2go, berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang membantu meningkatkan kecerdasan emosional kamu.

1. Buat Jurnal Harian tentang Perasaan

Ilustrasi menulis/ Foto: Freepik.com/lifestylememory
Ilustrasi menulis, sebagai bentuk meningkatkan kecerdasan emosional/ Foto: Freepik.com/lifestylememory

Apakah kamu punya buku harian, Beauties? Jika tidak, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memilikinya mulai hari ini. Menuliskan perasaan ke dalam buku harian dinilai bisa menjadi ekspresi emosional yang bermanfaat.

Mengapa demikian? Karena saat kamu menulis jurnal, kamu secara aktif memproses emosi yang dirasakan. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran emosional sehingga memungkinkan kamu untuk menemukan strategi pengaturan emosional diri yang lebih baik.

2. Berlatih Mendengarkan Secara Aktif

Ilustrasi ngobrol/ Foto: Freepik.com/odua
Ilustrasi ngobrol, sebagai bentuk meningkatkan kecerdasan emosional/ Foto: Freepik.com/odua

Jika kamu ingin memperkuat kecerdasan emosional, maka penting untuk tidak sekadar mendengarkan seseorang tetapi juga benar-benar mendengar dengan menyimak secara seksama apa yang mereka katakan. Salah satu alat psikologis untuk bisa mencapainya adalah keterampilan dalam berkomunikasi dengan mendengar aktif. Karakteristik dari mendengarkan secara aktif ini bisa dilihat dari adanya perhatian penuh kepada pembicara.

Lantas, bagaimana jika kamu mau belajar mendengarkan secara aktif? Beauties bisa memulainya dengan tidak menyela pembicaraan lawan bicara ketika mengobrol, tunjukkan bahwa kamu memiliki perhatian terhadap lawan bicara, renungkan apa yang dikatakan lawan bicara serta ajukan pertanyaan sebagai bentuk bahwa kamu benar-benar tertarik dengan apa yang lawan bicara ceritakan.

3. Bersikap Tegas

Ilustrasi pede/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi tegas dan percaya doro/ Foto: Freepik.com/benzoix

Beauties, kecerdasan emosional juga erat kaitannya dengan kemampuan bersikap tegas terhadap berbagai situasi. Kamu berani mengatakan ‘tidak’ untuk sesuatu hal yang memang kamu rasa tidak sanggup untuk dikerjakan.

Jika kamu memaksakan mengerjakannya, dapat memberikan dampak negatif bagi dirimu. Namun yang perlu digarisbawahi di sini adalah ketegasan perlu disampaikan dalam bentuk komunikasi asertif agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

4. Coba Lakukan Kebaikan Kecil

Ilustrasi barista/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi barista/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Hal yang satu ini mengarah pada kemampuan untuk berempati. Tapi, apa sih sebenarnya empati itu? Kalau dibahasakan dalam bentuk yang sederhana, empati bisa dikatakan sebagai kemampuan melihat dunia melalui mata orang lain. Menjadi empati berarti bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayangkan apa yang bisa dirasakan orang lain dalam situasi tertentu.

Contohnya, sesederhana kamu memberikan kursi di bus untuk orang yang lebih tua dari kamu dan kamu memilih berdiri karena tidak ada kursi kosong lagi yang tersisa. Kebaikan-kebaikan ini membantumu lebih cerdas secara emosional.  

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE