sign up SIGN UP

Kenali 5 Tanda "Red Flag" dalam Hubungan Percintaan, Waspada dan Lebih Baik Segera Putuskan!

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Rabu, 29 Dec 2021 06:00 WIB
Kenali 5 Tanda
caption

Kasus kekerasan dalam hubungan percintaan hingga berujung hilangnya nyawa seseorang marak terjadi. Ketika awal berpacaran dengan seseorang pastinya kita akan selalu merasa bahagia. Namun tak lama kemudian si dia mulai memperlihatkan sifat aslinya dan hal tersebut menjadi salah satu tanda bahaya atau sering disebut ‘Red Flag' dalam hubungan.

Mengutip laman Very Well Mind, istilah red flag digunakan sebagai sinyal atau tanda berhenti karena terlalu berbahaya untuk dilanjutkan. Red flag juga sering dipakai dalam hubungan percintaan yang harus selalu diwaspadai.

Menurut dr. Wendy Walsh, PhD, seorang psikolog klinis yang berspesialisasi dalam hubungan mengatakan bahwa tanda bahaya diartikan jika orang tersebut tidak bisa memiliki hubungan yang sehat dan tidak baik secara emosional. Oleh karena itu, kita harus mengetahui tanda-tanda red flag berikut ini.

Adanya Kekerasan

Tanda red flag adanya kekerasan
Tanda red flag adanya kekerasan/ Foto: Pexels/ Alex Green

Jika pasangan melakukan kekerasan terhadapmu, orang-orang yang kamu cintai, orang yang tidak dikenal, bahkan terhadap hewan peliharaan maka sebaiknya segera akhiri hubungan tersebut. Kekerasan dapat menunjukkan kalau si dia belum bisa mengembangkan cara yang sehat untuk menyalurkan emosinya dengan benar. Dalam beberapa kasus juga bisa menjadi indikasi bahwa dia kurang memiliki empati terhadap orang lain.

Pernah Selingkuh

Selingkuh merupakan tanda red flag
Selingkuh merupakan tanda red flag/ Foto: Pexels/ Roman Odintsov

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah hubungan dibutuhkan adanya rasa saling percaya tetapi jika pasanganmu mengabaikan rasa tersebut apalagi dalam hubungan sebelumnya pernah selingkuh, kamu penting banget untuk berhati-hati.

Bagi beberapa orang mungkin kisah percintaan yang pernah dilakukan oleh si dia tidak akan mengganggu karena itu hanyalah sebuah masa lalu. Tetapi buat kamu yang terganggu karena si dia pernah selingkuh, maka ketahuilah bahwa faktor tersebut akan memengaruhi kemampuanmu untuk percaya sepenuhnya pada pasangan.

Sering Berbohong

waspadai tanda red flag yakni sering berbohong
waspadai tanda red flag yakni sering berbohong/ Foto: Pexels/ Vera Arsic

Sering berbohong atau nggak jujur bukanlah pertanda baik dalam hubungan, Beauties. Jika kamu sering memperhatikan bahwa si dia secara konsisten sering berbohong atau memergoki apa yang dikatakan tidak sesuai, maka itu menjadi salah satu tanda dari red flag.

Dilansir dari Insider, dibohongi secara berulang-ulang bisa mempersulitmu untuk membangun suatu kepercayaan dalam hubungan dan menjadi tanda bahwa si dia adalah sosok yang tidak bisa kamu pertahankan.

Kurang Komunikasi

Kurang komunikasi bisa menimbulkan masalah
Kurang komunikasi bisa menimbulkan masalah/ Foto: Pexels/ Mart Production

Jika pasanganmu tiba-tiba sikapnya berubah menjadi pasif-agresif, sering menyalahkan, atau mengekspresikan emosinya dengan cara yang agresif, maka dapat menunjukkan komunikasi yang dijalani tidak efektif. Komunikasi adalah dasar dari sebuah hubungan jadi jika kamu dan pasangan tidak dapat berkomunikasi secara terbuka dan sehat maka bisa terjadi masalah ke depannya.

“Hubungan yang sehat memberikan tempat yang aman bagi kedua pihak untuk berbicara secara terbuka tentang emosi mereka tanpa takut akan penilaian dan kritik,” ujar Quintero, terapis penikahan dan keluarga berlisensi.

Itulah beberapa tanda mengenai red flag dalam hubungan percintaan yang harus kamu waspadai. Jika sudah terlihat adanya red flag lebih baik segera diakhiri, karena jika hubungan tersebut tetap kamu jalani maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id