STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kenali Apa Itu Money Trap, yang Bikin Kamu Berperilaku Boros dan Cara Mencegahnya

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 04 Feb 2022 22:15 WIB
Kenali Apa Itu Money Trap, yang Bikin Kamu Berperilaku Boros dan Cara Mencegahnya

Baru saja gajian, tapi uang sudah habis entah ke mana. Beauties, bisa jadi karena kamu terperangkap money trap. Apa maksudnya?

Yaitu jebakan yang bikin kamu berperilaku konsumtif yang umumnya disertai aneka faktor yang menyertainya. Contoh paling relevan adalah memaksakan diri mengikuti tren masa kini.

Tanda Terkena Money Trap

Biasanya karena faktor mengikuti tren, lantas ciri-ciri yang sering ditemui biasanya tidak jauh-jauh dari membeli gadget keluaran terbaru padahal gadget sebelumnya masih berfungsi dengan baik, Beauties.

Selain itu kebiasaan pakai kartu kredit maupun paylater terus-menerus, mengopi cantik di tempat yang instagramable hanya karena gengsi dan pamer di media sosial, serta ikut-ikutan hal lain yang lagi ramai seperti trading tetapi belum terlalu paham ilmunya.

Hal-hal tersebut bikin kamu rentan terjebak utang, terlebih untuk utang konsumtif, Beauties.

Membatasi pemakaian marketplace agar terhindar dari perilaku konsumtif.Membatasi pemakaian marketplace agar terhindar dari perilaku konsumtif./ Foto: Freepik

Biar Nggak Terjerat Money Trap

Money trap memang bisa menjerat siapa saja. Namun kita tentu juga punya strategi biar nggak terjerat, Beauties. Apa dan bagaimana saja?

1. Hindari Pengeluaran yang Lebih Besar dari Pemasukan

Ya, kamu perlu punya cash flow yang sehat, yaitu ketika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Untuk itu kamu perlu membuat anggaran belanja, serta mencatat seluruh pengeluaran tiap bulannya.

Mengutip detikFinance, dengan mencatat setiap pengeluaran bisa membantu dalam mengecilkan pengeluaran. Setelah mendapat gaji, sebaiknya alokasikan kepada beberapa pos, seperti untuk biaya hidup, dana darurat, menabung, juga keinginan/gaya hidup.

Kunci dari cash flow yang sehat adalah baru belanja keinginanmu setelah menyimpan sebagian dari pendapatan.

2. Memisahkan Rekening Tabungan dengan Kebutuhan Sehari-hari

Cara ini bisa membuat kamu nggak impulsif berbelanja tanpa berpikir panjang, terutama barang yang tidak terlalu perlu. 

Tetapi satu hal yang juga perlu kamu terapkan sebelum keluarkan uang adalah berpikir lagi apakah benar-benar butuh atau cuma impulsif aja.

- Mumpung Masih Awal Bulan, Bahagiakan Dirimu dengan Beli Barang Bermanfaat Ini/Pexels/Tim DouglasIlustrasi belanja. /Pexels/Tim Douglas

3. Lunasi Utang

Bila punya utang, kamu wajib melunasinya terlebih dulu dan bila memungkinkan bayarlah secara full. Tujuannya biar nggak bikin menunggak dan terbebani bunga yang makin besar.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE