sign up SIGN UP

Kiat Cegah Rasa Ingin Menyakiti Diri Sendiri atau Self Harm saat Dirundung Emosi Negatif

Octaviani | Beautynesia
Selasa, 03 Aug 2021 13:00 WIB
Kiat Cegah Rasa Ingin Menyakiti Diri Sendiri atau Self Harm saat Dirundung Emosi Negatif
caption

Apakah kamu ingin atau pernah menyakiti diri sendiri ketika sedang mengalami perasaan yang negatif? Kondisi itu disebut juga self harm atau menyakiti diri sendiri ketika dihadapkan pada situasi sulit. Biasanya orang yang memiliki kebiasaan sedang merasa tertekan dan tidak berani menyakiti perasaan orang lain, jadi dia lebih memilih mengorbankan dirinya sendiri.

Contoh dari self harm biasanya membenturkan kepala pada dinding, menyayat tubuh dengan benda tajam bahkan meminum racun. Dilansir dari detikHealth, psikolog dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani menjelaskan, tindakan menyakiti karena sakit hati kerap disebabkan kemampuan mengontrol emosi yang buruk.

"Kemampuan regulasi emosinya bisa jadi kurang baik, karena ia tidak mampu mengatur emosinya agar marah tanpa merugikan orang lain," ujarnya.

Akibat minim kemampuan mengomunikasikan masalah, orang dengan kondisi seperti ini cenderung mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalahnya. Misalnya, dengan cara menyakiti dirinya sendiri.

Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan terus. Untuk itu, Beautynesia merangkum 4 cara untuk mengalihkan dari rasa ingin menyakiti diri sendiri.

Olahraga

Ketika perasaan negatif dan rasa ingin menyakiti diri sendiri itu muncul, bergeraklah! Segera berganti pakaian dan jogging di sekitar rumah, atau sekadar bersepeda jika cuaca sedang bagus.

Bisa juga berjoget dan mendengarkan musik kesukaan yang liriknya memberikan semangat. Di saat seperti itu jangan biarkan dirimu berpikir sendirian terlalu lama.

Bersepada
Bersepada/freepik.com/master1305

Support System

Jadikan keluarga terdekat atau teman untuk tempat pengalihanmu jika rasa self harm ini mulai menghampiri. Teleponlah temanmu dan mengobrol hal-hal yang membuatmu terhibur, seperti bahas film atau main game.

Jangan lupa untuk selalu apresiasi dirimu sendiri jika sudah berhasil melewati rasa ingin menyakiti diri, tiap 15 menit sekali.

Telepon teman
Telepon teman/freepik.com/katemangostar

Hero Box

Sediakan sebuah box, isilah dengan kertas, spidol atau crayon, komik lucu, jurnal, foto idol, mp3 player atau barang-barang yang menyenangkan lainnya. Setiap kamu merasakan perasaan negatif itu, kamu langsung alihkan pikiranmu dengan membuka kotak itu.

Kamu bisa menggambar, menulis atau mendengarkan lagu kesukaanmu.

Hero box
Hero box/freepik.com/lifeforstock

Sebaiknya jika kamu mengalami kecenderungan self harm, segera konsultasikan dengan psikiater agar mendapat penanganan yang tepat.


Our Sister Site

mommyasia.id