Kino Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-26, Terus Berinovasi Bawa Produk Lokal ke Pasar Global
PT Kino Indonesia Tbk dikenal sebagai produsen barang kebutuhan sehari-hari. Beauties tentu mengenal beberapa merek legendarisnya, seperti Ellips, Larutan Cap Kaki Tiga, hingga Ovale.
Tahun 2025 ini, Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26, dengan membawa semangat "Synergy in Diversity". Semangat ini mencerminkan kekuatan besar yang tumbuh dari kebersamaan, keberagaman cara berpikir, dan tekad untuk terus berinovasi demi membawa dampak positif bagi setiap generasi.
Selama lebih dari dua dekade, Kino tumbuh dari mulanya perusahaan lokal, hingga sukses menghadirkan lebih dari 30 merek ternama yang hadir di berbagai negara. Ada enam kategori produk yang dimiliki oleh Kino, seperti personal cares, foods, beverages, households, health & wellness, hingga pet cares.
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia |
Meski terus berkembang di kancah internasional, Kino tetap berpegang teguh pada akar dan nilai-nilai lokal dengan menghadirkan inovasi yang lahir dari budaya, kebutuhan, dan semangat masyarakat Indonesia. Kino pun berkomitmen menghadirkan solusi yang relevan untuk gaya hidup masyarakat, meningkatkan kualitas hidup, membawa kebaikan dan menjadi bagian dari setiap generasinya.
"Di Kino, kami percaya kekuatan sejati tumbuh dari kebersamaan. Setiap langkah yang kami ambil selalu berangkat dari semangat saling mendukung dan tumbuh bersama. Kebersamaan inilah yang menjadi pondasi kuat kami selama 26 tahun," ungkap Arviane D.B., Head of PR Kino Indonesia.
Inovasi adalah DNA Kino: Beberapa Produk Jadi Pelopor dan Beragam Inisiatifnya
Media Gathering Anniversary Kino/Foto: Dok. Kino Indonesia
Dalam acara Media Gathering Anniversary Kino, Arviane mengatakan jika inovasi adalah DNA Kino. Cara berpikir yang agile, fleksibel, dan kolaboratif memungkinkan Kino beradaptasi cepat pada perubahan dan tren masyarakat.
“Kami tidak berhenti berinovasi. Setiap produk lahir dari rasa ingin tahu dan keinginan untuk memberi nilai lebih bagi konsumen di setiap generasi,” lanjut Arviane.
Karena tidak berhenti untuk berinovasi, beberapa produk Kino Indonesia sukses menjadi pelopor pada sejumlah kategori, yakni:
- Ellips sebagai pelopor hair vitamin di Indonesia sejak 2005
- Ovale yang memperkenalkan pembersih wajah 2in1 sejak 1999
- Sleek Baby sebagai merek perawatan bayi sejak 2008
- Cap Panda sebagai minuman cincau siap minum
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia |
Tak hanya pada pertumbuhan bisnis, Kino juga berfokus pada nilai dan dampak positifnya untuk masyarakat. Kino pun membangun kolaborasi erat yang bisa membawa dampak positif di masyarakat.
Adapun beberapa inisiatif yang pernah dilakukan oleh Kino adalah sebagai berikut:
- Ellips, Kino hadir di lima kampus terbaik di Indonesia untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri menuju dunia profesional.
- Cap Kaki Tiga Anak, kampanye #LangkahAwalIbu menginspirasi para ibu agar lebih sigap dan percaya diri menjaga kesehatan anak.
- Cooltopia (Cap Kaki Tiga), kampanye #InboxingHampers merayakan keberagaman dan toleransi lewat tradisi berbagi antarumat beragama.
- Cap Panda, Kino berkolaborasi dengan petani lokal cincau dalam kampanye #CapPandaTradisiIndonesia untuk menjaga tradisi dan memberdayakan masyarakat.
- MAXlife dan Perro, Kino menyisihkan 1% hasil penjualan untuk mendukung kesejahteraan hewan bersama shelter lokal, serta melalui KUCINGKU mengadakan aksi street feeding di berbagai kota.
- Ristra Clinic, kampanye #BeautyThroughGeneration mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perawatan kulit yang sehat dan aman lintas generasi.
- Sleek Baby, kampanye #KolaboraSleek hadir untuk mendorong kesetaraan peran Ayah dan Ibu dalam pengasuhan anak.
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia |
Melalui semangat Synergy in Diversity di tahun ke-26 ini, Kino berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi yang relevan, memperkuat kebersamaan, dan menghadirkan dampak positif bagi masyarakat luas.
“Synergy in Diversity bukan sekadar tema, tetapi cerminan siapa kami. Dari keberagaman ide, budaya, dan kolaborasi, lahirlah kekuatan yang membuat Kino terus tumbuh. Kami ingin menjadi perusahaan yang tak hanya sukses, tetapi juga bermakna bagi banyak orang,” tutup Arviane.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia
Kino Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-26./ Foto: Dok. Kino Indonesia