sign up SIGN UP

II

Konsumsi Miliaran Bungkus, Ini Kisah Indonesia Jadi Raja Mie Instan di Dunia! Sudah Tahu?

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 26 Jan 2022 16:15 WIB
Konsumsi Miliaran Bungkus, Ini Kisah Indonesia Jadi Raja Mie Instan di Dunia! Sudah Tahu?
caption
Jakarta -

Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan konsumsi mie instan terbanyak di dunia. Hal ini disampaikan oleh World Instant Noodles Association (WINA) pada 2020 lalu. Namun, rekor Indonesia sendiri masih belum berada di puncak. Ada Cina dan Hong Kong yang ada di urutan teratas.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Cina dan Hong Kong diketahui mengonsumsi sebanyak 46,35 miliar bungkus. Sedangkan Indonesia mengonsumsi mie instan sebanyak 12,64 miliar bungkus pada 2020.

Di lain sisi, hasil survei Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2021 mengatakan bahwa dalam setahun, penduduk Indonesia dapat mengonsumsi sebanyak 48 bungkus.

Indomie dinobatkan sebagai mie instan terenak di dunia/Foto: Freepik.com/JcompIlustrasi mie instan. (Foto: Freepik.com/Jcomp) / Foto: Erlin Santosa

Jika ditotal, Indonesia mencapai angka 13,2 miliar bungkus. Jika dikalkulasi dengan harga Rp2.286 per bungkus, penduduk Indonesia mengeluarkan uang sekitar Rp109.728 dalam setahun untuk konsumsi mie instan. Angka tersebut merupakan perkiraan konsumsi per kapita mi instan di Indonesia pada 2021.

Menurut hasil pengamatan IEB Institute (Indonesia Eximbank Institute), tingginya angka konsumsi mie instan di Indonesia merupakan efek pandemi COVID-19 yang membatasi kegiatan sosial di luar rumah, sehingga mendorong masyarakat untuk menyimpan makanan instan  sebagai bentuk antisipasi diperpanjangnya pembatasan sosial. 

Cara makan mie instan tanpa takut gemuk/ foto: Freepik.com/ pressfotoIlustrasi mie instan. (foto: Freepik.com/ pressfoto)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

"Indonesia tidak hanya mengkonsumsi untuk di dalam negeri saja. Mi instan Indonesia sudah diekspor dengan tren yang meningkat termasuk ke pasar non-tradisional. Pada tahun 2020, total ekspor mie instan Indonesia mencapai US$271,34 juta, meningkat 22,96% year-on-year (yoy) dari tahun 2019 yang senilai US$220,7 juta," kata Kepala Divisi IEB Institute LPEI Rini Satriani dalam publikasi di situs resmi LPEI, dikutip Selasa (25/2/2022).

Untuk mengetahui data lebih lanjut mengenai rekor ini, simak di SINI, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id