
Kurangi Mengeluh, Berikut Tips Mencapai Work Life Balance Supaya Lebih Bahagia!

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan dan pekerjaannya berjalan secara seimbang. Biasanya hal itu disebut dengan istilah work life balance. Apalagi di kondisi seperti ini, teknologi semakin maju, semua serba cepat, 'bekerja keras' dianggap sebagai cara terbaik untuk mencapai semua mimpi dan keinginan kamu. Hal ini dianggap benar, namun kamu harus ingat bahwa semua ada batasnya.
Nah, agar kamu dapat menyeimbangkan kehidupan kerja dengan kehidupan lainnya, maka kamu harus membagi waktu dan tetap produktif dalam mencapai work life balance. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan, Beauties!
Kurangi Mengeluh
![]() Kurangi mengeluh / foto : pexels.com/RonLach |
Terkadang mengeluh merupakan hal yang wajar, namun jangan menjadikan hal ini menjadi kebiasaan ya! Karena tanpa disadari kamu telah menyebarkan energi negatif kepada orang lain. Untuk mencapai work life balance, kamu harus mengurangi kebiasaan buruk ini dan lakukan beberapa hal yang kamu senangi untuk mengatasi rasa jenuh.
Mempelajari Hal Baru dan Memulai Kegiatan Baru
![]() Mempelajari Hal Baru dan Memulai Kegiatan Baru / foto : pexels.com/Pixabay |
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai work life balance adalah dengan membangkitkan antusiasme dengan belajar hal baru dan memulai beberapa kegiatan baru di samping melakukan kegiatan yang cukup membosankan. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan simpel yang dapat dilakukan di rumah, seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci, ataupun lainnya.
Selain itu, kamu juga dapat melakukan olahraga secara rutin. Hal ini dapat meningkatkan semangat dan produktivitasmu.
Menentukan Prioritas
![]() Menentukan prioritas / foto : pexels.com/SuzyHazelwood |
Menentukan prioritas merupakan cara efektif yang dapat kamu lakukan agar kamu dapat memiliki waktu luang meskipun dikelilingi oleh banyak kerjaan. Kamu dapat mencatat seluruh tugas dan prioritaskan pekerjaan yang harus selesai secara cepat.
Jangan sampai terpengaruh hal lain, seperti media sosial. Berusahalah untuk berkonsentrasi dengan pekerjaan yang sudah diberikan dan fokus untuk menyelesaikannya.
Kurangi Penggunaan Gadget
![]() Kurangi Penggunaan Gadget / foto : pexels.com/AnthonyShkraba |
Di kondisi saat ini memang susah untuk menjauhi penggunaan gadget karena kita dituntut untuk selalu on. Namun, kamu harus bisa mengurangi penggunaan gadget karena dapat membuat waktu kalian terbuang sia-sia.
Hal itu dapat membuat pekerjaan menjadi tertunda. Saat bekerja, usahakan untuk segera mematikan gadget tidak lebih dari jam 8 malam. Lalu, gunakan waktu semaksimal mungkin ketika hari libur untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Gunakan gadget seperlunya ya!
Hindari Membawa Pekerjaan ke Rumah
![]() Hindari Membawa Pekerjaan ke Rumah / foto : pexels.com/RonLach |
Nah, tips yang satu ini harus banget diterapkan ya! Sebaiknya hindari membawa pekerjaan ke rumah, karena saat di rumah adalah waktu untuk kamu beristirahat dan meninggalkan tanggung jawab di kantor.
Optimalkan waktu bekerja kamu dengan menyelesaikan pekerjaan kantor dan saat pulang ke rumah kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan tenang.
Mengatur Waktu dengan Baik
![]() Mengatur Waktu dengan Baik / foto : pexels.com/Jeshoots.com |
Agar aktivitas kamu dapat berjalan dengan lancar, kamu harus dapat mengatur waktu dengan baik. Buatlah jadwal kegiatan agar aktivitas yang kamu lakukan menjadi terstruktur.
Tidak hanya membuat jadwal aktivitas di kantor, tapi kalian juga bisa membuat jadwal kegiatan sebagai penyemangat untuk melakukan kegiatan lain. Maksimalkan waktu kalian sebaik mungkin ya!
Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk dapat mencapai work life balance! Semoga bermanfaat!
_______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!