STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Lagi Dikejar Deadline? Lakukan 5 Tips Manajemen Waktu Ini agar Kerjaan Cepat Selesai!

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Senin, 10 Jan 2022 09:00 WIB
Lagi Dikejar Deadline? Lakukan 5 Tips Manajemen Waktu Ini agar Kerjaan Cepat Selesai!

Dikejar deadline merupakan momok menakutkan bagi kebanyakan orang. Apakah kamu juga salah satunya, Beauties? Sering kali, kamu akan panik dan malah tidak bisa menyelesaikan tugas dengan efektif.

Sebenarnya, tugasmu akan mudah selesai jika kamu bisa mengatur waktu dan alur kerja yang terstruktur. Berikut ini adalah tips manajemen waktu yang baik supaya kamu bisa mengerjakan tugas tepat waktu meskipun dikejar deadline. Simak, yuk!

Dahulukan Prioritas Meskipun Terasa Berat

Ilustrasi Prioritas/Foto: Freepik/Rawpixel
Ilustrasi Prioritas/Foto: Freepik/Rawpixel

Beauties, apakah kamu suka menunda pekerjaan yang penting karena merasa terintimidasi dan takut nggak selesai? Ini adalah penyebab umum menjadi seorang deadliners, lho, Beauties.

Bahkan sebelum benar-benar mencoba, kamu mungkin sudah takut dengan bayang-bayang hambatan yang belum tentu akan terjadi. Akhirnya, ketika sudah dekat dengan hari H, kamu akan lebih terbebani dan jauh lebih panik lagi.

Dalam hal ini, justru pekerjaan yang mendesak adalah prioritasmu, Beauties. Susunlah perencanaan dengan mengurutkannya pada skala prioritas. Jangan tergesa-gesa menyelesaikannya dalam satu kali pengerjaan. Mengerjakannya pelan-pelan akan jauh lebih efektif dan memberi hasil maksimal.

Kenali Jam Produktif

Tips lebih produktif/Foto: Freepik.com/LookstudioIlustrasi bekerja/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Beberapa orang lebih mudah fokus di pagi hari dan ada pula yang lebih bisa kreatif saat tengah malam.

Untuk itu, kenali dulu waktu produktifmu, Beauties! Maksimalkan periode tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugas terpenting dan yang paling mendesak. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan terpenting dengan lebih tepat waktu.

Saat kamu berada di jam-jam sulit berkonsentrasi, lakukan tugas-tugas kecil supaya waktumu tetap produktif dan tumpukan tugas terselesaikan dengan efektif. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk membaca ringan dan menambah pengetahuan di situasi ini. Dengan begini, tidak akan ada waktu yang kamu buang sia-sia.

Periksa Checklist Kerjaan Setiap Hari

Ilustrasi Checklist/Foto:Pexels /Rodnae
Ilustrasi Checklist/Foto:Pexels /Rodnae

Saat terlalu banyak tugas menumpuk, seringkali kita malah menunda-nunda karena tidak tahu harus memulai dari mana. Kebingungan ini terjadi karena kamu belum mengorganisir pekerjaan mana yang sudah diselesaikan dan mana yang belum dilakukan, Beauties. Oleh karena itu penting sekali untuk memiliki checklist harian.

Cobalah untuk selalu memeriksa checklist harian. Coret beberapa hal yang sudah kamu selesaikan agar bebanmu terasa lebih ringan setiap hari. Menyortir checklist akan membantumu lebih disiplin dalam mengatur waktu dan memberi kepuasan tersendiri saat tugas terselesaikan.

Buat Perencanaan yang Spesifik dan Terukur

Ilustrasi Perencanaan/Foto: /Rawpixel
Ilustrasi Perencanaan/Foto: Pexels/Rawpixel

Jangan buru-buru panik ketika mengetahui banyak tugas berdatangan sekaligus, Beauties! Atur napas dulu supaya tenang dan bisa berpikir jernih. Kemudian, uraikan tujuanmu menjadi beberapa tugas yang lebih sederhana dan jadikan itu sebagai tugas harian.

Atur berapa lama waktu yang akan kamu alokasikan untuk mengerjakan setiap tugas per harinya. Buat perhitungan ini berdasarkan sisa waktu yang kamu miliki, ya. Kalau bisa, jangan terlalu mepet, Beauties! Barangkali, di hari-hari terakhir kamu bisa mengevaluasi ulang kerjaanmu dan melakukan revisi minor sebelum akhirnya diserahkan.

Kendalikan Diri dari Distraksi

Ilustrasi Distraksi/Foto: Pexels/Cottonbro
Ilustrasi Distraksi/Foto: Pexels/Cottonbro

Tidak dipungkiri, hidup kita tidak akan pernah lepas dari distraksi. Di tengah-tengah bekerja atau mengerjakan tugas, kamu mungkin kehilangan semangat dan ingin sesekali mencuri waktu untuk memeriksa pesan singkat atau melihat-lihat media sosial. Tapi, sekali kamu melakukannya, waktu berlalu begitu cepat dan terbuang sia-sia.

Untuk menghindari distraksi yang tidak perlu dan mengganggu kegiatan, tetapkan waktu tersendiri dalam jadwal khusus untuk beristirahat. Kamu bisa menggunakan waktu itu sekaligus untuk memeriksa pesan singkat, email, atau menghilangkan penat dengan menonton hiburan. Tapi, jika tidak ada sesuatu yang penting dan menarik, lebih baik gunakan waktumu untuk istirahat mengingat tenggat waktu yang semakin dekat.

Meskipun deadline yang dekat bisa diatasi, tapi akan lebih baik jika kamu mengerjakannya sedikit demi sedikit sejak awal ya, Beauties. Sebab tugas yang menumpuk bisa mempengaruhi mental dan kesehatanmu. Lebih baik lelah di awal dan beristirahat di akhir.

Selamat bekerja kembali, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE