sign up SIGN UP

Lika-liku Pencarian Eril: Ridwan Kamil Ungkap Jasad Masih Utuh Wangi dan Akan Dimakamkan Senin 13 Juni

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 10:00 WIB
Lika-liku Pencarian Eril: Ridwan Kamil Ungkap Jasad Masih Utuh Wangi dan Akan Dimakamkan Senin 13 Juni
caption
Jakarta -

Setelah dua pekan, akhirnya jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril ditemukan. Penemuan tersebut terjadi pada Rabu (8/6), pukul 06.50 waktu Swiss. 

Beauties, berikut ini adalah rangkuman kronologi hilangnya Eril di Sungai Aare, sampai akhirnya ditemukan. Simak yuk!

1. Eril Dinyatakan Hilang

Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Emmeril dinyatakan hilang karena terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss.Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra Ridwan Kamil dan Atalia Praratya/ Foto: Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

Pada Kamis (26/5), Eril dinyatakan telah hilang di Sungai Aare. Saat itu, ia tengah berenang, bersama adik dan temannya. 

Namun, saat ini naik ke permukaan ia justru terseret arus sungai yang cukup deras. Sempat berusaha dibantu oleh temannya, tapi Emmeril Kahn Mumtadz tak tertolong. 

2. Seminggu Pencarian, Masih Tak Kunjung Ditemukan

Berbagai pencarian pun dilakukan, yang mana dibantu oleh KBRI Bern yang berkoordinasi langsung dengan pihak kepolisian di Swiss. 

Pencarian dari mulai penelusuran sungai sejauh 17 kilometer, pencarian dengan drone, sampai pencarian yang difokuskan pada area 2 pintu air terdekat dari tempat hilang. 

Namun, sampai seminggu pencarian Eril masih belum bisa ditemukan. 

3. Ridwan Kamil dan Keluarga Ikhlas, Pulang ke Indonesia

Ridwan Kamil Ikhlaskan ErilRidwan Kamil Ikhlaskan Eril/ Foto: Instagram: @ataliapr

Di media sosialnya, Ridwan Kamil dan keluarga pun ungkap keikhlasan atas hilangnya Eril ini. 

Atalia Kamil, ibunda Eril yang pertama kali mengungkapkan keikhlasannya. Ia mengatakan jika ia dan keluarga akan pulang ke Indonesia dan menitipkan Eril pada Allah SWT. 

"Ril, mamah pulang dulu ke Indonesia, ya. Mamah titipkan kamu ke dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, di manapun kamu berada," tulis Atalia Kamil, Kamis (2/6).

Selanjutnya, Ridwan Kamil pun turut mengungkapkan keikhlasannya. Demi bertemu dengan sang putra sulung, saat di Swiss ia telah melakukan penelusuran sendiri, mengumandangkan adzan, sampai melakukan salat gaib.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun, dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz," tulis Ridwan Kamil di laman Instagram.

4. Pencarian Masih Dilakukan, Beserta Perwakilan Keluarga

Meski keluarga telah ikhlas, pencarian masih tetap dilakukan. Ridwan Kamil pun mengungkapkan jika pencarian masih dilakukan hingga batas yang belum ditentukan.

Ada perwakilan keluarga yang menggantikan Ridwan Kamil di Swiss. Ia adalah paman Eril, Elpo Nazmuzaman, beserta keluarga lainnya yang telah tiba di Bern, beberapa hari sejak Eril dinyatakan hilang. 

5. Akhirnya, Jasad Eril Ditemukan

Elpi Nazmuzzaman dan Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad.Elpi Nazmuzzaman dan Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad./ Foto: Istimewa/tangkapan layar

Jumat (3/6) lalu saat keluarga telah ikhlas dan meyakini Eril sudah meninggal dunia karena tenggelam, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat pun mengeluarkan seruan kepada umat Muslim untuk melaksanakan salat gaib. 

Akhirnya, hampir dua pekan pencarian, Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung dari Ridwan Kamil dan Atalia Kamil, berhasil ditemukan. Eril ditemukan di bendungan Engehalde, Bern pada Rabu (8/6). 

Kabar ini pun telah telah dikonfirmasi kepolisian Bern, di laman resmi kepolisian setempat (https://www.police.be.ch/). 

"Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di Bendungan Engehalde, Bern. Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei," tulis keterangan Polisi Bern.

Usai ditemukan dan penelusuran lebih dalam terkait jasad yang ditemukan, di laman Instagramnya, Atalia Kamil pun mengungkapkan jika benar itu adalah Eril, karena DNA yang sama dengannya. 

"Alhamdulillah Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya... Innalillaahi wainna ilahi raajiunnn...," tulis Atalia Kamil dalam Instagram Storiesnya. 

6. Akan Dimakamkan Pada Senin, 13 Juni 2022

Ridwan Kamil pun telah mengajukan cuti, dan kembali terbang ke Swiss, usai Kemlu RI mengatakan jika ada progres dalam pencarian Eril.

Secara resmi di laman Instagramnya, Ridwan Kamil menyampaikan jika jenazah Eril akan kembali ke Tanah Air, pada Minggu (12/6). Selanjutnya, akan dimakamkan pada Senin 13 Juni 2022. 

Ia pun menyampaikan rasa terimakasihnya, kepada banyak pihak yang telah membantu pencarian Eril. Tak hanya itu, Ridwan Kamil menyampaikan, jika dirinya dan keluarga kini sudah tenang. 

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Pengabul doa kami," tulis Ridwan Kamil.

7. Ridwan Kamil Ungkap Jenazah Eril Masih Utuh dan Wangi

Putra Ridwan KamilPutra Ridwan Kamil/ Foto: Instagram @ataliapr

Terbaru, Ridwan Kamil menceritakan jika dirinya sangat bahagia dan bersyukur telah diberikan kesempatan untuk memeluk, membelai, dan memandikan anaknya sesuai syariat islam. Jika sebelumnya ia mengumandangkan adzan terbaiknya di tepi Sungai Aare, kini dengan sempurna Ridwan Kamil mengumandangkannya di telinganya persis, seperti saat Eril lahir ke dunia. 

Salah satu yang begitu menakjubkan, walau sudah lewat 14 hari Eril hilang, saat ditemukan jasadnya utuh, tidak ada kurang satu pun, dan wangi.

"Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajahnya rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," ungkap Ridwan kamil.

Ia pun menyampaikan jika Sungai Aare, benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. 

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke Tanah Air, untuk menghaturkan terimakasih kepada jutaan yang mendoakanmu," tulis Ridwan Kamil.

Beauties, itu dia lika-liku pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung dari Ridwan Kamil. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu tabah. Rest in love, Eril!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id