sign up SIGN UP

Masih Banyak yang Terjerat Investasi Bodong, Cek Kiat Berikut Biar Nggak Jadi Korban Berikutnya!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 17:00 WIB
Masih Banyak yang Terjerat Investasi Bodong, Cek Kiat Berikut Biar Nggak Jadi Korban Berikutnya!
caption
Jakarta -

Kasus investasi bodong rupanya juga mencuat lagi di sepanjang 2021 dengan berbagai modus. Terbaru adalah kasus investasi bodong alat kesehatan dengan total Rp1,3 T.

Siapa saja berpotensi terjebak masuk ke dalamnya, Beauties. Bahkan kamu kemungkinan juga tengah dibujuk oleh orang terdekatmu untuk bergabung ke investaasi tertentu, yang sebenarnya itu tadi.. Berpotensi bodong.

Ciri Investasi Bodong

Imbal Hasil yang Besar

Yang bikin banyak orang tertarik karena cuan yang ditawarkan begitu besar dan stabil, Beauties. Bahkan terbilang tidak rasional, lho! Karenanya kamu perlu waspada bila mendapat tawaran seperti itu. Mengutip detikFinance, investasi bodong terkadang menggunakan skema ponzi atau money game.

gemini mudah mendapatkan uangIlustrasi imbal hasil investasi bodong yang besar. /Foto: Unsplash/ Sharon Mccutcheon

Diminta untuk Merekrut Orang Baru

Hal ini biasanya nggak lepas dari ciri investasi bodong, Beauties. Terlebih jika sifatnya memaksa alias wajib. Daripada semakin menjadi-jadi, lebih baik kamu segera keluar kalau sudah terlanjur masuk!

Legalitas dan Model Bisnis Tidak Jelas

Penting buat kamu mengetahui legalitas dan model bisnis sebagai calon investor. Tujuannya jelas untuk meminimalkan risiko. Legalitas berarti terdaftar secara resmi.

Dan model bisnis yang jelas, berarti sudah masuk di akal kamu bahwa kenapa bisnis tersebut sampai bisa memberi keuntungan bagi investornya, Namun bila temanmu yang mengajak tak bisa menjelaskan bagaimana model bisnisnya secara jelas tetapi terkesan tetap memaksa memintamu bergabung, maka patut curiga.

Kiat yang Perlu Dilakukan

Memulai belajar investasi / foto : pexels.com/LizaSummerMemulai belajar investasi / foto : pexels.com/LizaSummer/

Setelah mengetahui ciri dari investasi bodong, sebagai calon investor kamu juga perlu untuk mencari rekam jejak perusahaan. Misalnya dengan mengeceknya di Google, bagaimana pemberitaan tentangnya.

Sebelum mempercayakan uangmu, ada baiknya juga dengan berinvestasi pada diri sendiri. Yakni dengan membaca aneka bacaan terpercaya seputar investasi dan mengikuti seminar yang diadakan dari orang atau komunitas yang bisa dipercaya.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id