sign up SIGN UP

Masih Terbayang-bayang Si Mantan? Ini 4 Tips Ampuh untuk Move On dari Mantan yang Masih Kamu Cintai!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 05 Jan 2022 23:30 WIB
Masih Terbayang-bayang Si Mantan? Ini 4 Tips Ampuh untuk Move On dari Mantan yang Masih Kamu Cintai!
caption
Jakarta -

Berkata memang selalu lebih mudah dibanding bertindak. Mungkin kamu sudah jutaan kali berkata akan move on dari mantan yang masih kamu cintai. Namun hingga saat ini, apakah kamu masih kesulitan untuk melupakan bayang-bayang sang mantan?

Entah alasan apapun kamu dan mantan pasangan memutuskan untuk mengakhiri hubungan, yang namanya perpisahan memang tidak selalu mudah. Meskipun mungkin kamu merasa ini yang terbaik, terselip setitik perasaan sedih yang mungkin masih mengganjal di hati. Terlebih, apabila kamu masih menyimpan rasa kepada mantan.

Tetap tenang, jangan khawatir. Meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan, Beauties! Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk move on dari mantan yang mungkin masih kamu cintai. Yuk, simak!

Putuskan Semua Bentuk Komunikasi

Panduan mengatasi putus cinta/pexels.com/mikoto.rawIlustrasi menghapus kontak mantan pacar/Foto: Pexels.com/mikoto.raw

Demi kesehatan fisik dan mental, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memutus semua jalur komunikasi dengan mantan. Yup, tidak ada aturan yang mengharuskan kamu untuk tetap menjalin komunikasi dengan mantan atau berteman. Semakin jauh jarak yang kamu ciptakan dengan mantan, semakin mudah untuk move on.

Jika menurutmu menghapus nomor ponsel dan memblokir semua akun media sosial mantan dapat membantumu untuk move on, maka lakukanlah. Hal ini tidak egois, kamu hanya berusaha menyelamatkan hatimu dari rasa sakit yang berlarut-larut. Semua orang memiliki caranya masing-masing untuk move on.

Jangan Terpaku dengan Masa Lalu

Putus cinta rupanya benar-benar dapat memengaruhi kita secara emosional yang membuat kamu sulit untuk tidur.Ilustrasi putus cinta/Foto: Freepik

Ketika hubungan berakhir, terlepas dari alasan apapun, kamu mungkin akan merasa sedih dan marah. Namun jika emosi negatif dari pengalaman yang telah berlalu tersebut terus kamu bawa ke masa kini, atau bahkan masa depan, rasanya pasti akan sangat menyakitkan. Tidak hanya itu, ini juga dapat menghambatmu untuk move on.

Mungkin di kepalamu masih berputar berjuta skenario, dan kamu terus memikirkan "andai aku begini, andai aku begitu" sepanjang waktu. Namun hal tersebut sudah berlalu, dan tidak ada gunanya untuk terus tenggelam di dalamnya.

Belajarlah untuk memafkaan dan berdamai dengan apa yang terjadi di masa lalu. Ini bisa membantumu untuk merasa lebih lega dan fokus pada masa kini.

Wajar Jika Masih Menyimpan Rasa

Mimpi mantan pacarIlustrasi mantan pacar/Foto: Freepik

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa kamu masih mencintai mantan walau sudah berpisah. Kamu pun mungkin akhirnya mengerahkan segala upaya untuk menghilangkan perasaan tersebut. But at the end of the day, kamu harus menyadari dan memahami bahwa sebenarnya tidak apa-apa, kok, jika memang perasaan cinta tersebut masih ada untuk mantan.

Bagaimanapun, ia pernah menjadi bagian dari hidup dan memberikan kesempatan bagimu untuk mengalami indahnya cinta. Namun memang, sebagai bagian dari pendewasaan, kamu harus mengakui bahwa cinta saja tidak selalu cukup untuk membuat suatu hubungan berhasil. Ada banyak faktor lain yang bisa memengaruhi suatu hubungan.

Dan terkadang, satu-satunya cara untuk melepaskan atau move on adalah mencintai seseorang cukup dengan menginginkan yang terbaik untuknya, bahkan jika itu artinya tidak bersama.

Cintai Diri Sendiri

Apapun yang dilakukan demi self care harus bisa memperbaiki hubungan yang dimiliki diri sendiri.Ilustrasi self-love/Foto: Freepik

Last but not least, salah satu cinta terbaik yang bisa kamu berikan adalah kepada diri sendiri. Percayalah bahwa kamu layak untuk dicintai, dan gagal yang kamu alami kali ini bukan artinya kamu akan gagal terus-menerus.

Lakukanlah hal-hal yang kamu senangi, dan luangkan waktu lebih banyak untuk memperhatikan diri sendiri. Ubahlah rasa sakit yang kamu alami perlahan-lahan menjadi sebuah kekuatanmu untuk bangkit. Pahami bahwa mungkin beberapa hubungan percintaan tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya, namun bermaksud untuk memberimu pelajaran yang bertahan seumur hidup.

Semangat move on, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id