sign up SIGN UP

Mau Dapat Tiket Pesawat Murah Buat Liburan? Yuk, Intip Rahasianya di Sini!

Ariska Rini | Beautynesia
Rabu, 23 Jan 2019 07:25 WIB
Mau Dapat Tiket Pesawat Murah Buat Liburan? Yuk, Intip Rahasianya di Sini!
caption
Kamu sudah berencana liburan, tetapi belum mendapatkan tiket pesawat? Enggak usah khawatir, karena ternyata beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket promo pada waktu dan kesempatan tertentu. Tentunya, kesempatan ini tak bisa kamu lewatkan. Kamu harus pintar memburunya, Ladies! Nah, Beautynesia punya 5 strategi untuk mencari tiket pesawat murah nih, Ladies!. Simak yuk rahasianya di sini!

1. Perhatikan Tujuan Kamu


Hal pertama yang harus dilakukan saat mencari tiket pesawat murah adalah tujuan liburan kamu. Jika rute pilihan kamu adalah rute yang populer, seperti  seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, maka kamu harus pintar-pintar melihat perbandingan harga tiket pesawat, Ladies!

Untuk penerbangan ke tempat-tempat tersebut, harga tiket pesawatnya memang cenderung fluktuatif. Bisa tinggi dan juga bisa rendah, tergantung waktu penerbangannya. Jadi, jika kamu menemukan harga tiket yang menurutmu murah, maka segeralah memesan dan jangan menunda.

Namun jika rute yang kamu pilih adalah rute yang tidak dilayani oleh maskapai ber-budget rendah atau bukan rute yang ramai wisatawan, seperti Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kapanpun kamu membeli tiketnya, harganya tidak akan berbeda secara signifikan Ladies. Karena maskapai yang melayani rute dengan tujuan tersebut menerapkan sistem year-round fare yang artinya harga tiket pesawat akan kurang lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season, seperti Lebaran dan liburan akhir tahun.


Foto: https://rmgtours.com/wp-content/uploads/2018/06/book-sg-nightout.jpg

2. Perhatikan Maskapai yang Kamu Pilih


Setelah memilih rute dan tujuan liburan kamu, perhatikan pula maskapai yang melayani penerbangan ke tempat tujuan liburanmu. Untuk penerbangan Low Cost Carrier (LCC), harganya bisa lebih murah jika dipesan dari jauh sebelum tanggal keberangkatan dan biasanya akan meningkat dengan cepat sebelum hari H,  Ladies!

Sedangkan untuk maskapai yang menawarkan full-service,  biasanya menetapkan year-round fare  untuk harga tiket pesawatnya, yang membuat harga tiketnya memilki harga yang selalu sama selama satu tahun.

 


Foto: https://cdn.shutterstock.com/shutterstock/videos/21546376/thumb/1.jpg

3. Perhatikan Waktu Perjalanan, Serta Hari Pergi dan Pulang Liburan


Weekend, long weekend, dan musim liburan selalu menjadi langganan bagi kebanyakan masyarakat untuk berlibur, Ladies. Sehingga, pihak maskapai akan menggunakan kesempatan ini dengan menaikkan tiket pesawat. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah kamu bisa mencoba liburan di periode low-season, seperti bulan September-November serta bulan Februari-April.

Di samping masa liburan, hari keberangkatan dan kepulangan juga berpengaruh pada harga tiket lho, Ladies! Untuk menghemat budget, kamu bisa memilih waktu keberangkatan atau kepulangan yang jatuh pada weekdays. Karena, di saat weekend, tiket biasanya jauh lebih tinggi harganya.


Foto: https://www.verywellfamily.com/thmb/KzzDiItvVVap2RNB_LiwjoX-0wk=/400x250/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/GettyImages-140196966-5956902a5f9b58843fd9da11.jpg

4. Perhatikan Tanggal Keberangkatan


Setelah memilih hari, untuk mendapatkan tiket pesawat murah kamu juga harus memperhatikan tanggal keberangkatan kamu. Karena dari hasil observasi salah satu website penerbangan, harga tiket pesawat di tanggal 20 ke atas cenderung lebih murah dibanding awal atau pertengahan bulan, Ladies! 

Hal ini bisa jadi karena banyak maskapai dan masyarakat menganggap bahwa tanggal 20 ke atas adalah tanggal tua dan banyak orang yang tidak memilih berlibur di akhir bulan. Sehingga, maskapai pun memberikan harga murah di periode waktu ini agar kursi-kursi mereka tetap terisi.


Foto: https://blocksoflife.com/wp-content/uploads/2016/07/iStock_72110017_MEDIUM-1014x487.jpg

5. Pelajari Tren Promo Maskapai Penerbangan


Terkadang, maskapai selalu menawarkan newsletter untuk memberikan informasi promo melalui email kamu. Selain itu, kamu bisa mengikuti akun media sosial maskapai, dan mempelajari tren promo yang diberikan maskapai penerbangan.

Pelajari waktu maskapai-maskapai tersebut saat mengeluarkan promo dan jenis promonya lainnya. Maka dari itu, kamu akan tahu pada waktu apa saja maskapai tersebut memberikan tiket pesawat murah.


Foto: https://img.budgettravel.com/_contentHero1x/computer-coffee-woman-credit-card.jpg?mtime=20180212114205

Nah, itulah sederet tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah, Ladies! Kamu bisa menerapkannya saat ingin berlibur, lho! Wah, selamat berburu tiket ya..


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id