sign up SIGN UP

Mau Jalan-Jalan Ke Solo? Jangan Lupa Cicipi 7 Makanan Khasnya Berikut Ini!

Shinta Nikmah | Sabtu, 20 Nov 2021 13:30 WIB
Mau Jalan-Jalan Ke Solo? Jangan Lupa Cicipi 7 Makanan Khasnya Berikut Ini!
caption

Hai Beauties, apakah kamu berencana untuk mengunjungi Kota Solo dalam waktu dekat ini? Jika iya, maka kamu nggak salah pilih kota tujuan, sebab kota kelahiran Pak Jokowi ini dikenal dengan kekayaan kuliner khas yang nggak cuma lezat tapi juga murah.

Nggak heran jika kota Solo dinobatkan sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Mau tahu apa saja kuliner khas yang bisa kamu coba di Kota Solo? Ada banyak sih, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Sosis Solo

Sosis solo
Sosis solo/ Foto: pinterest.com/Topwisata.info

Sosis Solo memang terkenal sebagai camilan yang nikmat terlebih dimakan dengan caberawit pedas. Wah, bisa-bisa nggak berhenti makan!

Jangan bayangkan sosis ini seperti sosis yang kamu makan pada umumnya ya. Sebab kulit sosis ini terbuat dari adonan tepung terigu dan telur serta isian yang bermacam-macam seperti daging maupun sayur. Ada juga varian sosis Solo basah yang kulitnya terbuat full dari adonan telur.

Hmm.. dilihat dari komposisinya memang kelihatan nikmat banget ya Beauties.

Selat Solo

Selat solo
Selat solo/ Foto: pinterest.com/Topwisata.info

Di Solo kamu juga bisa menemukan steak ala Eropa yang sudah dimodifikasi sesuai selera raja-raja Kasunanan Solo yakni Selat Solo. Selat Solo memiliki cita rasa manis, gurih, dan asam segar yang berasal dari kuah berwarna coklat. 

Isian selat Solo antara lain potongan daging sapi, wortel rebus, buncis rebus, kentang rebus, irisan tomat, irisan telur, selada, tambahan acar dan mayonaise. Selain enak, makanan ini juga sehat ya, Beauties.

Nasi Liwet

Nasi liwet
Nasi liwet/ Foto: pinterest.com/LANGSUNGENAK

Menu khas Kota Solo yang satu ini cocok banget untuk sarapan. Terdiri dari nasi gurih, sayur sambal goreng labu siam, suwiran ayam kampung, irisan telur rebus, dan tak ketinggalan areh santan yang menambah gurih sajian makanan ini.

Kamu hampir-hampir bisa menemukan makanan khas ini di sudut-sudut Kota Solo di pagi hari dan juga malam hari, lho.

Timlo Solo

Timlo Solo
Timlo Solo/ Foto: instagram.com/@levluke_mom

Timlo Solo hampir-hampir mirip dengan sop ayam, namun ada yang berbeda dari segi isiannya. Kaldu yang dipakai adalah kaldu ayam dengan isian bihun, wortel, daging ayam, dan jamur kuping.

Tidak hanya itu, isian timlo Solo juga dilengkapi dengan irisan telur ayam coklat dan sosis Solo yang menambah selera makan terlebih jika disajikan panas-panas.

Cabuk Rambak

Cabuk rambak khas Solo
Cabuk rambak khas Solo/ Foto: pinterest.com/Widya

Kamu yang berasal dari luar Solo mungkin masih asing dengan nama makanan ini. Cabuk rambak sejatinya adalah jajanan yang berisi ketupat dengan siraman bumbu yang rasanya sangat gurih. Bumbu pada cabuk rambak terbuat dari wijen yang digoreng dan dicampur dengan santan, cabe, bawang putih, dan gula jawa. 

Cabuk rambak juga dimakan dengan karak yang merupakan jenis kerupuk khas Solo. Alih-alih dimakan menggunakan sendok, makanan yang beralas daun pisang ini dimakan dengan menggunakan tusuk lidi.

Sate Kere

Sate kere Solo
Sate kere Solo/ Foto: pinterest.com/Widya

Sate kere merupakan kuliner khas Solo yang cukup terkenal karena murah dan lezat. Bayangkan saja, dengan uang seribu kamu bisa menikmati satu tusuk sate kere dengan siraman bumbu kacang yang aduhai nikmatnya.

Sate kere sendiri terbuat dari tempe gembus yang dioles bumbu dan dibakar di atas bara api. Selain tempe gembus, kamu juga bisa menemukan sate kere yang dibuat dari bahan lain yakni lemak sapi yang juga tiada tara enaknya.

Bubur Tumpang

Bubur tumpang
Bubur tumbang/ Foto: pinterest.com/Caroline Sylviani

Bubur tumpang atau jenang tumpang adalah salah satu sarapan favorit bagi warga Solo. Sesuai namanya, makanan ini terdiri dari bubur putih yang diberi toping sayur rebus atau urapan, lalu disiram sayur tumpang yang bau sedapnya sangat khas.

Sayur tumpang sendiri memiliki rasa dan aroma yang khas karena menggunakan tempe busuk atau tempe semangit sebagai bahan utamanya. Meski menggunakan tempe semangit, namun rasanya sangat enak dan gurih.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi kuliner khas yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Kota Solo. Jangan cuma ngiler ya Beauties, segera agendakan berkunjung ke kota ini secepatnya!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id