sign up SIGN UP

Mau Kulit Glowing Tapi Nggak Bikin Dompet Kering? Bisa Banget! Ini Caranya Menurut Para Ahli!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 28 Jul 2022 11:00 WIB
Mau Kulit Glowing Tapi Nggak Bikin Dompet Kering? Bisa Banget! Ini Caranya Menurut Para Ahli!
Cara bikin kulit glowing tanpa bikin dompet kering menurut para ahli/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Semua orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan glowing. Berinvestasi pada kesehatan kulit pun menjadi salah satu cara yang diambil untuk mendapatkan kondisi kulit yang diimpikan. Investasi dalam bentuk rutinitas perawatan kulit demi mendapatkan kulit yang sehat dikenal dengan istilah skinvestment.

Dengan banyaknya jenis skincare yang hadir, ditambah pula informasi yang mudah didapat melalui media sosial, kamu mungkin tergoda dan 'teracuni' untuk mencoba berbagai produk skincare baru. Namun, tidak hanya berisiko bagi kesehatan kulit, hal ini tentu bisa berdampak pula pada kondisi keuangan kamu alias bikin boros, nih, Beauties!

Lantas, gimana, sih, cara memilih skincare yang tepat untuk kulit sekaligus menjaga kondisi cash flow agar keduanya tetap sehat?

Cara Memilih Skincare yang Tepat

webinar Jenius X Beautynesia bertajuk ‘Healthy Skin Healthy Cash Flow! Skincare Tips & Good Skinvestment From Experts’Webinar Jenius X Beautynesia bertajuk ‘Healthy Skin Healthy Cash Flow! Skincare Tips & Good Skinvestment From Experts’/ Foto: Dok. Beautynesia

Menurut dr. Listya Paramita, Sp.KK cara menentukan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit dimulai dengan mengenali tipe kulit yang dimiliki dan mengidentifikasi masalah kulit yang dialami.

"Cari tahu jenis kulit kita apa, entah itu kering, berminyak, kombinasi, sensitif. Setelah identifikasi jenis kulit, baru kemudian kita identifikasi masalah kulit kita yang mau diberesin itu apa," tutur dr. Listya Paramita, Sp.KK dalam webinar Jenius X Beautynesia bertajuk 'Healthy Skin Healthy Cash Flow! Skincare Tips & Good Skinvestment From Experts' yang diadakan secara daring pada Kamis (21/7).

"Dua poin ini akan menjadi patokan kita dalam mencari produk skincare yang sesuai. Kalau dua itu nggak kepegang, milihnya akan membabi buta pasti. Segala macam ingin dibeli rasanya, padahal nggak semua produk itu bisa cocok di kulit kita. Karena setiap produk ada tujuan dan formulasinya masing-masing," tambahnya.

Jenis Skincare yang Dibutuhkan Kulit

dr. Listya Paramita, Sp.KK menjelaskan jenis skincare yang dibutuhkan kulitdr. Listya Paramita, Sp.KK menjelaskan jenis skincare yang dibutuhkan kulit/ Foto: Dok. Beautynesia

Beberapa tahun belakangan ini, sosial media diramaikan dengan tren memakai skincare hingga berlapis-lapis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan semua manfaat demi mendapatkan kondisi kulit yang diimpikan.

Namun sebenarnya, menurut dr. Listya Paramita, Sp.KK yang akrab disapa dr. Mita, tahap skincare paling dasar yang bisa diterapkan semua orang hanya ada 3, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit.

"Bersihkan kulit pakai cleanser atau pembersih wajah. Kemudian lembapkan menggunakan produk yang ada efek untuk melembapkan kulit, bentuknya apapun boleh, misalnya lotion, gel, atau cream. Kemudian, lindungi kulit pakai sunscreen. Jadi basic-nya sebenarnya hanya 3 itu saja," ungkapnya.

Cocok dengan Produk Skincare Namun Harga Terlalu Mahal, Apa Solusinya?

Soal skinvestment, dr. Mita mengungkapkan bahwa hal tersebut penting. Sebab, memiliki kulit yang terawat akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dan nyaman untuk menjalani kegiatannya sehari-hari, termasuk bersosialisasi dengan orang lain.

Namun, salah satu masalah yang cukup sering dihadapi adalah perihal ketersediaan budget dalam membeli skincare. Kamu mungkin sudah cocok dengan produk skincare dari suatu brand, tetapi harganya terlalu mahal. Bagaimana menyiasatinya?

"Ketika kita ngomongin skincare dengan bahan aktif yang sama, itu range harganya bisa lebar banget. Misalnya, retinol, ada yang dari harga puluhan ribu sampai jutaan. Lalu apakah harus pakai yang harga jutaan biar bagus? Ya nggak juga, karena disesuaikan sama kondisi kulit dan budget. Sesuaikan sama kemampuan, karena merawat kulit itu bukan sehari-dua hari, namun kontinu dan berlanjut setiap hari. Pilih yang bisa dijangkau sesuai kemampuan dan kebutuhan kulit," papar dr Mita.

Cara Menjaga Cash Flow tetap Sehat saat Meraih Kulit Sehat

Masih seputar skinvestment, webinar yang diadakan Jenius X Beautynesia juga membagikan tips untuk mendapatkan kulit sehat impian tanpa bikin dompet kering sekaligus bisa menjaga kondisi keuangan tetap sehat.

"Healthy cash flow pada dasarnya adalah berbicara soal arus keuangan yang baik, di mana uang yang masuk lebih besar dibanding uang yang dikeluarkan," ungkap Certified Financial Planner Metta Anggriani pada kesempatan yang sama.

Metta menjelaskan salah satu rumus yang mudah diterapkan untuk menggapai healthy cash flow adalah dengan menerapkan aturan 50/30/20.

"50 persen dari penghasilan itu kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan, bayar listrik dan air, hingga transportasi. Lalu ada keinginan, ini misalnya kita ingin jajan, jalan-jalan, bisa spend sampai 30 persen dari pengeluaran. Lalu sisanya, 20 persen untuk ditabung," tuturnya.

Certified Financial Planner Metta Anggriani menjelaskan cara menjaga cash flow tetap sehat saat meraih kulit sehatCertified Financial Planner Metta Anggriani menjelaskan cara menjaga cash flow tetap sehat saat meraih kulit sehat/ Foto: Dok. Beautynesia

Menyinggung soal keinginan untuk mencoba berbagai macam skincare karena derasnya arus informasi atau terjebak FOMO alias fear of missing out ketika melihat orang lain mencoba skincare baru, Metta pun membagikan solusinya.

"Harus tahu bahwa namanya skincare dan financial management adalah bentuk self-care, kita merawat diri supaya kebutuhan kita terpenuhi dan kondisi kita baik di masa sekarang dan yang akan datang. Jadi yang namanya self-care harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Kita pahami isi dompet kita berapa, kebutuhan saat ini dan ke depannya apa, sehingga pengeluaran jadi tidak berlebihan di masa sekarang," tuturnya.

Fitur Jenius yang Bisa Bantu Kamu Raih Healthy Skin & Healthy Cash Flow

Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan kulit sehat dan glowing namun tetap punya cash flow yang sehat adalah dengan mengalokasikan budget untuk skincare secara khusus agar tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya.

Nah, Jenius dari Bank BTPN memiliki beragam fitur yang bisa membantu kamu untuk mewujudkannya nih, Beauties! Jenius sendiri adalah sebuah aplikasi perbankan digital yang membantu penggunanya untuk mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel.

Ada beberapa fitur Jenius yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mendapatkan healthy skin sekaligus healthy cash flow, misalnya fitur x-Card, Dream Saver, dan Jenius Pay.

Digital Banking Biz Planning, Portfolio, & Management Lead Bank BTPN Putri Siti Ratih menjelaskan fitur Jenius yang bisa bantu meraih healthy skin & healthy cash flowDigital Banking Biz Planning, Portfolio, & Management Lead Bank BTPN Putri Siti Ratih menjelaskan fitur Jenius yang bisa bantu meraih healthy skin & healthy cash flow/ Foto: Dok. Beautynesia

x-Card adalah kartu debit tambahan yang bisa membantu memisahkan pengeluaran dan memudahkan mengalokasikan kebutuhan spesifik agar masing-masing pengeluaran tidak kebablasan, termasuk untuk produk skincare dan skinvestment. Jumlah kartu x-Card yang bisa kamu miliki adalah maksimal 3 kartu.

"Jadi ada 1 kartu utama, dan ada 3 kartu tambahan. Nah, masing-masing kartu ini bisa kita kasih nama, misalnya ada yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, untuk weekend, bahkan skincare. Kita bisa atur dan alokasi berapa banyak uang yang mau kita keluarkan untuk skincare di kartu tambahan ini, jadi nggak akan ngeganggu cash flow lain," tutur Digital Banking Biz Planning, Portfolio, & Management Lead Bank BTPN Putri Siti Ratih.

Ada pula fitur Jenius lainnya yakni Dream Saver yang bisa membantu kamu menabung sesuai dengan keinginan atau mimpi yang ingin dicapai. Kamu bisa menentukan nama tabungan sesuai mimpi atau wishlist, dan menentukan target uang sesuai jumlah tertentu yang ingin ditabung. Nantinya, uang yang ditabung akan langsung ditarik dari saldo utama sesuai periode harian, mingguan, atau bulanan yang dipilih.

Putri memberikan contoh penggunaan fitur Dream Saver untuk treatment atau perawatan kulit.

"Fitur Dream Saver ini bisa dipakai Beauties untuk mulai menabung yang akan dipakai perawatan kulit. Karena perawatan kan harganya variatif, bisa sampai jutaan," ungkapnya.

"Bedanya Dream Saver dengan tabungan biasa, kalau tabungan biasa hanya untuk menabung, terus ya udah disimpan aja. Kalau Dream Saver ngajarin kita rajin nabung untuk mencapai mimpi. Kita bisa ganti nama tabungan, misal 'treatment PRP', jadi memotivasi kita untuk mencapai target," tambahnya.

Dream Saver juga bisa mengingatkan kamu jika sudah waktunya menabung. Menariknya lagi supaya makin termotivasi, kamu bisa memasang foto sesuai nama tabungan, lho!

"Fitur Dream Saver dari Jenius ini akan mengingatkan kamu, 'eh ini udah waktunya, lho, untuk nambahin duit ke Dream Saver 'Treatment PRP'. Nanti dia akan ambil dari saldo utama, otomatis dipindah sesuai periode yang kamu pilih. Bunganya juga cukup tinggi, jadi bantu kamu achieve lebih cepat ke target," paparnya.

Lalu, ada fitur Jenius Pay yang membantu kamu bertransaksi di berbagai merchant atau situs online dengan lebih praktis, tanpa perlu memasukkan informasi dari kartu debit/kredit ataupun melakukan transfer antarbank. Sumber dana yang dapat dipilih pun bisa berasal dari Saldo Aktif, e-Card, x-Card, dan Flexi Cash. Sumber dana melalui Flexi Cash ini adalah solusi terbaru yang dihadirkan oleh Jenius sebagai dana fleksibel yang bisa dibayarkan dalam bentuk cicilan dengan tenor hingga 36 bulan.

"Satu lagi yang menarik itu kita punya fitur Flexi Cash, jadi ketika kita bayar pakai Jenius Pay, kalau kita pilih sumber dana dari Flexi Cash, ini sebenarnya bentuknya adalah pinjaman, tapi kita bisa mulai kecil banget dari transaksi minimum Rp500 ribu. Jadi transaksinya diubah langsung jadi cicilan, kita bisa pilih sendiri tenornya," papar Putri.

Nah, tunggu apalagi, Beauties? Yuk, wujudkan healthy skin dan healthy cash flow bersama Jenius!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id