sign up SIGN UP

Mau Mengubah Gaya Hidup Lebih Simpel? Ini Beda Minimalis dan Frugal Living!

Wandha Kusuma | Rabu, 18 Aug 2021 22:30 WIB
Mau Mengubah Gaya Hidup Lebih Simpel? Ini Beda Minimalis dan Frugal Living!
caption

Semakin dewasa Beauties mungkin mengenal beberapa gaya hidup yang bisa dan cocok diadaptasi dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan gaya hidup ternyata sangat penting lho, soalnya ini bisa jadi sebuah 'rem' kala tertentu.

Contohnya saat Beauties pindah kantor. Kantor baru lokasinya di pusat kota dan memiliki gaya hidup high and classy. Akibat tuntutan sosial, yang biasanya sarapan satu tangkup roti di rumah sudah cukup, demi 'mengikuti' lingkungan akhirnya menambah pengeluaran untuk kopi cantik sebelum kerja atau lainnya. Nah, kalau Beauties punya gaya hidup sendiri, inilah remnya.

Ada dua gaya hidup yang mirip-mirip tapi ternyata berbeda lho, yaitu frugal living dan minimalis. Keduanya seolah menggalakkan opini agar hidup hemat dan irit, ternyata tak seperti itu.

Gaya Hidup Minimalis

minimalis
Gaya hidup minimalis/Sumber: freepik.com

Sebenarnya gaya hidup minimalis sudah ada sejak lama sempat terlupakan. Seiring berjalannya waktu, gaya hidup ini juga terus mengalami perubahan. Gaya hidup minimalis rasanya kembali terdengar dan semakin terkenal berkat Marie Kondo. Ia mengenalkan cara ringkas dan cepat dalam mengatur barang di rumah dan berbagai hal lainnya.

Gaya hidup minimalis memiliki arti berbeda bagi setiap orang, tetapi menurut Caleb Backe, seorang Health and Wellness Expert for Maple Holistics, seseorang yang minimalis sengaja berfokus pada apa yang benar-benar penting. Bagi sebagian orang, ini berarti menghilangkan 'hal-hal' yang tidak membuat mereka bahagia.

Salah satu contohnya, Beauties hanya akan membeli barang-barang yang penting untuk ada di rumah. Kebahagiaan yang didapat misalnya, tidak ribet saat membersihkan rumah, tidak sumpek karena banyak barang, dan lainnya. Gaya hidup ini akan benar-benar mengaplikasikan 'apakah barang ini dibutuhkan atau diinginkan' sebelum membeli atau membawa barang. 

Tentunya gaya hidup ini akan berpengaruh dengan isi dompetmu karena Beauties hanya membeli sesuatu yang diperlukan saja.

Ada cara mudah kalau Beauties ingin memulai hidup minimalis! Setiap akan membeli sesuatu tanyakan pada dirimu 3 pertanyaan ini. 

  • Pertama: 'apakah aku menggunakannya?'
  • Kedua: 'apakah aku menyukainya?'
  • Ketiga: 'apakah aku membutuhkannya?'

Nah, kalau ternyata jawabannya merujuk pada tidak ada tujuan yang jelas, sebaiknya tak perlu dibeli.

Gaya Hidup Frugal Living

lifestyle
Tentukan prioritas/sumber: freepik.com

Gaya hidup frugal living akan memaksa kamu untuk memahami prioritas. Tak masalah barang yang Beauties beli harganya cukup mahal jika memang prioritas dan memiliki nilai. Jadi, ini bukan soal irit atau hemat.

Dalam frugal living, tujuanmu bukan hanya berhemat atau mengeluarkan uang lebih sedikit, tapi gunakan dengan bijak dan cerdas. Tanamkan pada diri bahwa pengeluaran yang cerdas adalah konsumsi yang bertanggung jawab.

Kalau Beauties mengeluarkan uang secara bertanggungjawab, pastinya akan ada hal-hal yang diperhatikan sebelum membelinya. Termasuk ketika barang yang dibeli cukup merogoh kocek, tak perlu merasa bersalah bisa jadi barang itu multifungsi atau mempercepat kinerja, dan sebagainya.

Beda Minimalis dan Frugal Living

lifestyle
Beda minimalis dan frugal living/Sumber: freepik.com

Dari penjelasan di atas terkait masing-masing arti dari gaya hidup minimalis dan frugal living, ternyata sangat berbeda ya?

Minimalis merupakan gaya hidup yang menerapkan pengiritan maksimal, hanya sesuatu yang penting yang bisa Beauties beli. Sehingga sangat meminimalisir barang yang tak perlu untuk ada di rumah atau dikonsumsi. Kalau frugal living menerapkan gaya hidup prioritas, harga tak jadi masalah yang penting fungsionalitas dan prioritas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id