sign up SIGN UP

Menakjubkan, Potret Keindahan Geopark Belitung yang Bakal Jadi Bagian UNESCO Global Geopark

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 12 Feb 2021 09:30 WIB
Menakjubkan, Potret Keindahan Geopark Belitung yang Bakal Jadi Bagian UNESCO Global Geopark
caption
Jakarta -

Indonesia patut berbangga, pasalnya Geopark Belitung, salah satu aset wisatanya berhasil meraih pengakuan dari UNESCO (Organisasi khusus PBB untuk pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan). Dikabarkan UNESCO akan segera menetapkan Geopark Belitung jadi bagian UNESCO Global Geopark, wow!

Diketahui Geopark Belitung sukses mendapat raihan skor yang tinggi yakni sebanyak 850. Nilai tersebut adalah nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia di ujian akhir sidang konsel 8 Desember 2020.

Wisata Andalan di Pulau Belitung

Geosite Batu Bedil Granite Rock
Geosite Batu Bedil Granite Rock/belitonggeopark.net

Geopark Belitung terletak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini sempat terkenal saat jadi ikon cerita dari buku Best Seller Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Namun kali ini, Pulau Belitung terkenal akan potensi kekayaan alamnya yang luar biasa.

Diketahui, kawasan tersebut memiliki total luas wilayah sekitar 4.800 kilometer persegi (daratan) dan 13.000 kilometer persegi (lautan). Geopark Belitung ini memang layak mendapatkan predikat luar biasa, sebab daerah ini kaya akan timah dan memiliki kondisi geologi yang mengagumkan.

Tujuan Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Geosite Batu Baginda
Geosite Batu Baginda/belitonggeopark.net

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif percaya bahwa Geopark Belitung akan menjadi destinasi wisata incaran di dunia. Bahkan Sandi pun turut memberikan apresiasi positif pada Pulau Belitung dan mengungkapkan komitmennya untuk mendukung kemajuan dari wisata di Belitung.

"Hal ini menambah keyakinan kita bahwa Belitung memiliki sesuatu yang luar biasa. Ini destinasi incaran domestik dan mancanegara. Jadi, sudah seharusnya pariwisata lebih terdukung sehingga peluang pasar ekonomi kreatif lebih terbuka," kata Sandi, dikutip dari Kompas.com.

Surga Geosite

Geosite Kuale Granite Mangrove Forest
Geosite Kuale Granite Mangrove Forest/belitonggeopark.net

Geosite adalah tempat yang merekam sejarah bumi, biasanya ditunjukkan dengan adanya batu cadas dan pasir yang menjelaskan mengenai geologi, alam dan budaya dari zaman purba.

Geopark Belitung yang bakal bergabung jadi deretan Geopark Global UNESCO memiliki sejumlah geosite yang sangat indah dan menakjubkan. Salah satunya adalah geosite Juru Sebrang yang terletak di Kecamatan Tanjung Pandan.

Daerah yang merupakan bekas tempat penambangan timah ini memiliki banyak penangkaran ikan kerapu, proyek mitigasi perubahan bencana hingga penanaman pohon bakau. Selain itu Juru Sebrang juga diperkaya dengan pantai pasir putih di jalur melintasi hutan bakau dan atraksi memancing tradisional.

Selain geosite Juru Sebrang, ada pula geosite Bukit Peramun yang berada di Desa Aik Selumar, Kecamatan Sijuk, sekitar 22 km dari Bandara HAS Hanandjoeddin. Selain itu, ada pula geosite Batu Baginda. Dijamin kamu akan dimanjakan dengan pemandangan batu granit terbesar di Pulai Belitung dan hamparan hutan yang masih asri dan hijau. Selain geosite tersebut, masih ada pula geosite lainnya.

Pantai yang Indah

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang/wisataedukasi.id

Tak hanya itu, di Geopark Belitung, kamu juga akan dipuaskan dengan berbagai pantai yang cantik dan juga indah. Salah satu pantai yang menarik adalah Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki ombak yang tak terlalu tinggi sehingga kamu bisa berenang dengan aman dan tenang.

Ada pula pantai batu bedil yang kaya dengan pemandangan bebatuan dengan formasi unik dan menarik, serta pantai burung mandi yang memiliki pasir putih halus dan deretan pohon pinus.

Wah, jadi tidak sabar ya untuk bisa berlibur ke pulau Belitung. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir, agar kita bisa jalan-jalan santai dan keliling Indonesia lagi untuk menikmati wisata yang indah dan menakjubkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id