sign up SIGN UP

Mendobrak Standar Kecantikan, Penampilan Boneka Barbie Kini Bikin Beda!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Jumat, 08 Nov 2019 07:45 WIB
Mendobrak Standar Kecantikan, Penampilan Boneka Barbie Kini Bikin Beda!
caption
Umumnya banyak dari kita mengenal Barbie sebagai boneka khusus wanita yang memiliki bentuk tubuh ramping yang tinggi, kulit putih, dan dengan rambut panjang yang pirang. Kini tidak lagi demikian, beberapa desain Barbie telah berubah. Dengan mulai mendobrak standar kecantikan yang telah melekat dalam persepsi banyak orang, kini Barbie mulai hadir dengan bentuk penampilan yang begitu berbeda!
Foto: https://malaymail.com

Boneka Barbie memang merupakan salah satu mainan favorit anak perempuan. Bentuk paras yang cantik, berkulit putih, tubuh yang langsing, dan rambutnya yang panjang membuat boneka tersebut seolah-olah menunjukan standar kecantikan seorang wanita yang sempurna. Tak ayal, banyak anak-anak hingga orang dewasa berimajinasi untuk bisa memiliki kecantikan seperti Barbie.

Ada banyak beberapa kasus wanita dan pria yang rela melakukan operasi plastik agar bisa mirip dengan boneka barbie. Hal demikian pun membuat beberapa pihak merasa bahwa bentuk Barbie selama ini merupakan representasi yang kurang sesuai terhadap bentuk tubuh yang sebenarnya ada di dunia nyata.

Tak hanya bentuk tubuh, warna kulit, rambut, tinggi badan, dan hingga etnis yang selama ini monoton juga membuat orang berpikir bahwa sosok yang cantik adalah yang memiliki kriteria yang mirip dengan boneka Barbie tersebut.
 


Foto: https://bustle.com

Keberadaan boneka Barbie tentang bentuk tubuh yang dinilai begitu sempurna dan tergolong tidak masuk akal untuk ditemui di dunia nyata, membuat boneka ini tidak selamanya mendapat sambutan positif di masyarakat.

Di tahun 2016 yang lalu akhirnya hal ini membuat perusahaan Barbie, yakni Mattel. Inc untuk melakukan inovasi dengan menghadirkan seri boneka Barbie dengan desain terbaru. Desain tersebut menghadirkan tiga tipe bentuk tubuh Barbie seperti tall (kurus tinggi), curvy (tubuh berisi), dan petite (mungil). Ketiga boneka ini juga dihadirkan dalam 7 warna kulit, 22 warna mata, dan 24 gaya rambut yang berbeda-beda.

Inilah beberapa bentuk Barbie yang diluncurkan sudah mulai semakin beragam, tidak seperti kriteria yang kita tahu selama ini.
 


Berkulit Gelap


Foto: https://pinterest.com

Selama ini Barbie banyak digambarkan sebagai wanita dari ras kulit putih. Akhirnya Mattel pun mengeluarkan boneka Barbie dengan kulit berwarna gelap disertai dengan rambut hitam yang kribo. Boneka ini cukup mempresentasikan orang dengan kulit hitam yang biasanya berasal dari Afrika.
 


Badan Lebih Berisi


Foto: https://pinterest.com

Gebrakan yang dibuat pada tahun 2016 yang lalu tersebut untuk mendukung body positivity atau gerakan untuk berpikir positif dan mencintai tubuh sendiri. Mattel mengeluarkan boneka Barbie dengan bentuk tubuh lebih berisi atau curvy dari yang kita tahu selama ini. Diharapkan dengan adanya keragaman bentuk tubuh, para wanita dapat merasa lebih percaya diri dengan tubuhnya.
 


Bertubuh Pendek


Foto: https://pinterest.com

Tidak harus selalu terlihat cantik karena memiliki bentuk tubuh yang tinggi. Kini, Barbie hadir dengan bentuk tubuh pendek yang menggemaskan.
 


Bermata Sipit


Foto: https://pinterest.com

Cantik tidak harus memiliki mata yang besar, Barbie bermata sipit ini malah terlihat sangat cantik dengan perbedaan pada sruktur wajah dan matanya yang sipit, seperti karakteristik di dunia nyata.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id