sign up SIGN UP

Mengenal Operasi Hernia yang Dijalani Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 13:00 WIB
Mengenal Operasi Hernia yang Dijalani Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar
caption
Jakarta -

Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar akan menjalani operasi Hernia. Kabar ini dibagikan langsung oleh Billar, di laman Instagram pribadinya.

Ia meminta doa kepada followersnya di Instagram, agar operasi sang anak bisa dilancarkan. 

Baby L bersama Rizky Billar dan Lesti KejoraBaby L bersama Rizky Billar dan Lesti Kejora/ Foto: Instagram.com/rizkybillar

"Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan," tulis Rizky Billar. 

Kolom komentar pun menjadi ramai doa dari para selebritas, yang turut mendoakan Baby L. 

"Lancar2 ya insyaallah gak apa2 dede fatih cepet sehat lagi yaaaa💖mamah @lestykejora n papa semangatt yaaa...," tulis Adelia Pasha.

"Syafakallah anak shaleh," tulis Zaskia Sungkar.

Mengenal Operasi Hernia yang Dijalani Baby L

Baby L bersama Rizky Billar dan Lesti KejoraBaby L bersama Rizky Billar dan Lesti Kejora/ Foto: Instagram.com/rizkybillar

Kerap disapa Baby L, anak Rizky Billar dan Lesti Kejora ini lahir pada Minggu, 26 Desember 2021. Ia lahir secara prematur, di usia kandungan yang baru 34 minggu. 

Kini menjalani operasi Hernia, apa itu? Simak yuk!

Apa Itu Hernia?

Melansir American Society of Anesthesiologist, hernia adalah penonjolan organ melalui struktur atau otot yang biasanya menampungnya. Kondisi ini paling sering terjadi di dinding perut, ketika usus mendorong melalui titik lemah di dinding. 

Operasi hernia adalah salah satu jenis operasi yang paling umum. Bahkan, lebih dari 1 juta operasi hernia dilakukan setiap tahunnya di Amerika Serikat, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). 

Jenis-jenis Hernia

Baby L bersama Rizky Billar dan Lesti KejoraBaby L bersama Rizky Billar dan Lesti Kejora/ Foto: Instagram.com/rizkybillar

Ternyata, ada beberapa jenis hernia yang paling umum, yakni sebagai berikut:

1. Hernia Inguinalis, terjadi di daerah selangkangan bagian dalam, terjadi ketika usus menonjol melalui salah satu dari dua saluran di dinding perut bagian bawah yang disebut kanalis inguinalis. 

2. Hernia Femoralis, terjadi di daerah paha atas atau selangkangan luar, terjadi di saluran yang lebih dalam yang disebut kanal femoralis.

3. Hernia Hiatus, yang terjadi ketika bagian atas menonjol ke dada melalui lubang kecil (hiatus) di diafragma.

4. Hernia Ventral, terjadi melalui lobang di otot perut, yang terbagi lagi menjadi dua, yakni:

- hernia epigastrium yang terjadi di atas pusat

- hernia umbilikalis yang terjadi di dekat pusar. Jenis hernia yang satu ini paling sering terjadi pada bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur. Hernia ini bisa menutup dengan sendirinya pada saat anak berusia 4 tahun dan bisa lebih bermasalah jika terjadi pada orang dewasa. 

Bayi yang lahir pada 26 Desember 2021 lalu dari pasangan 'Leslar' atau Lesty dan Rizky Billar ini memiliki nama unik yang berasal dari gabungan nama mereka yakni Muhammad Leslar Al-Fatih Billar/ Foto: Instagram/ @lestykejoraRizky Billar dan Lesti bersama anak/ Foto: Instagram/ @lestykejora

Mengingat Baby L, anak Lesti Kejora dan Rizky Billar lahir secara prematur, ada kemungkinan jika ia mengalami hernia umbilikalis yang sering terjadi pada bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur. 

Namun, baik Lesti dan Billar belum ada konfirmasi lanjutan terkait operasi hernia seperti apa yang pastinya. Doakan yang terbaik dan semoga dilancarkan saja ya Beauties untuk kesehatan Baby L!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id