sign up SIGN UP

Menghirup Udara Luar Sejenak yuk! Begini Tips Jalan-jalan Aman Selama Pandemi Covid-19

Risma Oktaviani | Beautynesia
Selasa, 19 Oct 2021 23:00 WIB
Menghirup Udara Luar Sejenak yuk! Begini Tips Jalan-jalan Aman Selama Pandemi Covid-19
caption

Sudah setahun lebih kita terkurung dalam sebuah pandemi yang tak kunjung usai, hampir semua orang merasa jenuh dan bosan karena hampir seluruh aktivitas dan ruang gerak kita dibatasi. Salah satu hal yang mengalami perubahan terbesar selama pandemi adalah travelling atau jalan-jalan.

Menghabiskan masa liburan dengan jalan-jalan tentunya merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh hampir semua kalangan untuk me-refresh kembali pikiran dan tubuh setelah sibuk karena pekerjaan, pendidikan, atau aktivitas lainnya yang mungkin menjadi sebuah stressor yang membuat hidup kamu berat.

Tapi, apakah bisa jalan-jalan selama pandemi saat ini? Jawabannya adalah bisa! Namun, tentunya harus diikuti dengan rencana yang tepat dan memperhatikan atau memastikan keamanan dan keselamatan kamu selama perjalanan. Berikut adalah 3 hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa jalan-jalan aman saat corona. Simak yuk, Beauties!

1. Pastikan untuk Mendapatkan Vaksin Sebelum Melakukan Perjalanan

vaksinasi
vaksinasi / freepik.com / tirachardz

Vaksinasi merupakan sebuah upaya preventif untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Vaksin juga efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus Corona. Kemudian, apabila kamu terinfeksi, maka vaksin bisa membantu meminimalisir penyebaran virusnya.

Vaksin COVID-19 terbukti bisa membantu membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sekalipun, penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus ini.

Perjalanan akan lebih berisiko bagi orang yang tidak divaksinasi karena tingkat infeksi masih tinggi dan persentase infeksi yang meningkat oleh jenis virus yang lebih berbahaya.

2. Buat Packing List

packing list
packing list / freepik.com / freepik

Saat kamu sudah memutuskan untuk pergi, persiapkan segala sesuatu yang penting dan kamu perlukan dalam perjalanan agar liburan kamu tetap aman. Seperti, masker, tissue, hand sanitizer, disinfektan, dan lainnya.

Jika kamu berencana menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta, dan ke tempat yang cukup ramai, pastikan untuk mengenakan masker setiap saat, bahkan meskipun kamu sudah divaksinasi lengkap. Masker berfungsi untuk mengurangi jumlah partikel virus yang ditularkan dari orang ke orang.

Siapkan beberapa masker, dan simpan setidaknya satu masker tambahan di dekat kamu jika yang kamu kenakan kotor atau hilang entah bagaimana. Berhati-hatilah saat menyentuh masker dan selalu cuci tangan dengan bersih setelahnya.

3. Jaga Jarak dengan Orang Lain

Jaga jarak
Jaga jarak / freepik.com / freepik

Di manapun kamu, meskipun tempat yang kamu kunjungi nggak terlalu ramai, kamu harus tetap menjaga jarak dengan orang lain. Usahakan untuk selalu berjarak minimal 1 meter dari orang lain di tempat umum. Jarak fisik membantu membatasi penyebaran COVID-19, ini berarti kita menjaga jarak dari satu sama lain dan menghindari menghabiskan waktu di tempat ramai atau berkelompok.

Menjaga jarak tentunya nggak sulit kamu lakukan, demi keamanan dan keselamatan kamu selama liburan, pastikan untuk menjaga jarak beberapa langkah dari orang lain sebanyak mungkin selama perjalanan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id