sign up SIGN UP

Mengubah Pola Pikir, Inilah Kumpulan 10 Afirmasi Positif yang Bisa Kamu Gunakan

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 16 Sep 2021 22:00 WIB
Mengubah Pola Pikir, Inilah Kumpulan 10 Afirmasi Positif yang Bisa Kamu Gunakan
caption

Self-affirmation atau afirmasi diri sering dipergunakan oleh seseorang untuk mengubah pola pikir menjadi lebih positif. Afirmasi diri ini semakin populer dilakukan dan sering disarankan oleh banyak orang. Untuk melakukannya juga tidak sulit, kamu hanya perlu mengucapkan afirmasi ini atau menuliskannya secara rutin. Pada akhirnya, kalimat afirmasi ini bertindak sebagai sugesti yang akan memengaruhi pemikiran terhadap diri sendiri menjadi lebih positif.

Namun, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya seberapa efektifkah penggunaan afirmasi diri ini? Beauties, rupanya afirmasi diri ini sudah didukung oleh teori psikologi yang bernama self-affirmation theory. Seperti apa ya self-affirmation theory itu? Kalimat seperti apa yang sebaiknya kita ucapkan atau tulis sebagai afirmasi positif untuk diri? Nah, berikut ini penjelasannya.

Apa itu Self-Affirmation Theory?

Self-affirmation theory/
Self-affirmation theory/ Foto: pexels.com/samlion

Studi mengenai afirmasi diri sudah ada sejak tahun 1980an dan dipopulerkan oleh Claude Steel. Masuk ke dalam ranah psikologi sosial, teori ini beranjak dari sebuah premis yang menyebutkan setiap orang mempunyai motivasi untuk menjaga integritas dirinya masing-masing. Self-affirmation theory berdasarkan penelitian Steel menyatakan bahwa proses afirmasi diri muncul sebagai bentuk pertahanan diri dari sebuah ancaman berupa informasi yang menyerang konsep diri seseorang dan membuat persepsi terhadap diri sendiri goyah. Untuk memperbaikinya, seseorang membentuk pertahanan diri dengan membuat penjelasan, rasionalisasi, dan aksi yang dilakukan secara konstan. 

Karena itu, beberapa pernyataan-pernyataan yang kita ucapkan dan percayai akan memengaruhi pola pikir kita dan pada akhirnya, kita bisa menerapkannya sebagai aksi nyata. Studi lain yang merupakan ekstensi dari penelitian Steel juga menunjukkan terdapat pengaruh dari afirmasi diri terhadap psikologis seseorang, terutama saat menghadapi ancaman terhadap konsep diri tersebut.

 

Kumpulan Kalimat Afirmasi Diri

Kalimat afirmasi positif/
Kalimat afirmasi positif/ Foto: pexels.com/dimitryzub

Baik kamu ucapkan setiap pagi atau malam, maupun kamu tulis dalam jurnal, inilah beberapa contoh kalimat afirmasi positif untuk diri sendiri yang bisa kamu gunakan. 

  1. Saya memilih untuk bahagia.
  2. Saya diberkati dengan keluarga dan sahabat yang luar biasa.
  3. Saya memberikan ruangan bagi diri saya untuk belajar dan berkembang.
  4. Saya percaya saya berada di jalan yang tepat.
  5. Saya mempercayai intuisi dan panduan dari dalam diri saya.
  6. Saya yang mengontrol pikiran saya sendiri.
  7. Saya memilih untuk meninggalkan pemikiran negatif.
  8. Saya berdamai dengan diri saya.
  9. Saya percaya dengan kemampuan saya untuk bisa melakukannya.
  10. Saya menerima dan mencintai diri saya sendiri seutuhnya.

Selayaknya sebuah hubungan, mencintai diri sendiri itu juga butuh proses. Dan salah satunya bisa kamu awali dengan mencoba afirmasi positif ini. Selamat mempraktikkan Beauties. 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id