STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengungkit Masa Lalu Pasangan Malah Memancing Trust Issue? Simak Penjelasannya Yuk!

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 09 Dec 2021 22:00 WIB
Mengungkit Masa Lalu Pasangan Malah Memancing Trust Issue? Simak Penjelasannya Yuk!

Bagi sebagian orang, keinginan mengetahui masa lalu pasangan mungkin dianggap sebagai bentuk perkenalan dalam menjalin hubungan. Beberapa orang percaya bahwa memahami masa lalu pasangan akan semakin menumbuhkan kepercayaan satu sama lain.

Namun, apa jadinya jika kamu terlalu berlebihan dalam mengungkit masa lalu pasangan dengan dalih penasaran? Alih-alih menumbuhkan rasa percaya, kamu justru mulai memunculkan keraguan terhadap hubunganmu dengan pasangan, lho!

Berikut tiga alasan mengapa mengungkit masa lalu pasangan malah bisa memancing trust issue. Yuk, simak penjelasannya!

Menjadikan Masa Lalu Sebagai Bahan Perselisihan

Ilustrasi Debat/Foto: Pexels/Keira Burton
Ilustrasi Debat/Foto: Pexels/Keira Burton

Menyatukan dua isi kepala memang bukan perkara mudah. Oleh karenanya, perselisihan lumrah terjadi dalam suatu hubungan. Namun yang menjadi masalah adalah ketika perselisihan yang terjadi bersumber dari masa lalu pasangan.

Membahas masa lalu pasangan bisa menjadi hal positif jika tujuannya adalah untuk pembelajaran. Namun sebenarnya kamu tidak berhak untuk mengungkit hal-hal yang sudah berlalu.

Jika kamu mengungkit masa lalunya, kamu sengaja mencari masalah dari suatu hal yang sudah tidak relevan lagi dan tidak bisa dibenahi. Kemudian pertikaian mulai memanas, kamu dan pasangan tiba-tiba meragukan kecocokan satu sama lain. Akibatnya, hubungan kalian akan retak sia-sia.

Bayang-bayang Masa Lalu Mempengaruhi Hubungan

Ilustrasi Trust Issue/Foto: Pexels/Rodnae Productions
Ilustrasi Trust Issue/Foto: Pexels/Rodnae Productions

Mengungkit masa lalu seringkali melibatkan pembahasan soal trauma dan kesalahan yang pernah dilakukan di masa lampau. Hal ini dapat membuat kedua belah pihak sama-sama merasa gelisah.

Jika kamu melakukannya pada pasangan, bisa jadi kamu akan cemas jika pasanganmu mengulangi kesalahannya lagi dan takut melangkah lebih jauh bersamanya. Kamu mulai meragukan kemampuannya untuk berubah menjadi lebih baik.

Di sisi lain, terlalu jauh menanyakan hal-hal pribadi kepada pasangan bisa membuatnya merasa tidak nyaman dan tertekan. Kamu akan membuat pasanganmu selalu ingat dengan kegagalan dan traumanya di masa lalu. Akibatnya, dia tidak akan fokus di masa kini, apalagi berproses membangun masa depan.

Meningkatkan Rasa Insecure

Ilustrasi Trust Issue/Foto: Freepik/ Dragana_Gordic
Ilustrasi Insecure/Foto: Freepik/ Dragana_Gordic

Ketika membicarakan masa lalu, mungkin saja kamu akan menemukan sederet fakta tentang orang-orang yang pernah mengisi kehidupan pasanganmu sebelumnya. Kamu mulai membandingkan diri dengan mereka, memastikan apakah kamu yang terbaik dan paling pantas mendampinginya.

Hal ini bisa menjadi menyakitkan saat kamu sadar jika mantan sang pacar memiliki kelebihan yang tidak ada di dirimu. Kamu mulai memancing pasangan untuk meyakinkanmu bahwa kamu lebih baik dari orang-orang yang bahkan sudah tidak ada lagi di hidupnya.

Pasanganmu mungkin dengan senang hati meyakinkan. Tapi, jika ditanyakan terus-menerus akan membuatnya lelah menghadapimu. Siklus trust issue ini bisa terjadi berlarut-larut jika tidak segera dihentikan.

Itulah penjelasan tentang bagaimana mengungkit masa lalu pasangan malah bisa memancing trust issue. Ingat, Beauties, pasangan memiliki privasi yang harus dihormati.

Membahas masa lalu tentu boleh, namun jangan dijadikan untuk menjadikannya senjata saat terjadi pertengkaran di antara kalian, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE