
Merdekakan Perempuan dari Standararisasi Kecantikan Ideal di HUT ke-75 RI

Merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, skincare lokal berbasis teknologi, BASE mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk membebaskan diri dari konsep kecantikan ideal, lebih percaya diri dan merangkul keanekaragaman.
Kampanye #beBASEkspresi diluncurkan di media sosial sebagai wadah bagi perempuan untuk bersama-sama merubah persepsi tentang kecantikan ideal dan menyuarakan kenyamanan dengan keunikan diri sendiri.
Melalui kampanye #beBASEkspresi, BASE menggandeng 10 perempuan muda dari berbagai
latar belakang pendidikan, profesi, budaya, karakter dan kecantikan yang beragam. Kesepuluh perempuan tersebut dipercaya BASE merepresentasi keunikan kecantikan perempuan Indonesia yang berdaya.
![]() Kampanye #beBASEkspresi/Base Skincare |
Mereka berbagi pendapat tentang pentingnya menjadi diri sendiri dan mengekspresikan diri menurut sudut pandang pribadi mereka, yang semakin memperkaya keberagaman persepsi tentang kecantikan ideal sekarang, sesuai zamannya.
#beBASEkspresi Perempuan Hebat
Kampanye #beBASEkspresi menggandeng dua seniman berbakat, Sekar Putri dan Nadya Noor yang meminjamkan keterampilan menggambarnya untuk mengilustrasikan keanekaragaman dan kebebasan berekspresi pada merchandise kaus, eksklusif bagi pengguna BASE.
![]() Kampanye #beBASEkspresi/Base Skincare |
Kaus ramah lingkungan yang terbuat dari serat bambu didukung oleh merek Liberty Society, merek fashion lokal yang menjalankan bisnis yang etis, transparan, dan memiliki dampak baik bagi lingkungan. Kaus dengan ilustrasi berjudul “Freedom to be Ourselves” dari Sekar Putri menggambarkan ekspresi diri yang otentik, serta keunikan perempuan dengan gayanya masing-masing yang selalu berbagi dengan orang-orang di sekitarnya.
Sedangkan karyanya dengan judul “Victory is Contagious” menunjukkan banyak perempuan menari dengan bebas, mata tertutup, sambil menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk turut merayakan keanekaragaman.
![]() Kampanye #beBASEkspresi/Base Skincare |
Nadya Noor menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia melalui “The Beauty from
Sabang to Merauke”. Ilustrasinya memperlihatkan kecantikan dan keunikan perempuan Indonesia yang khas dari berbagai daerah.
“Seperti Sekar dan Nadya, BASE mendukung kekuatan dan keunikan perempuan. Kami juga hanya menggunakan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan lingkungan dalam mengembangkan rangkaian produk kami, sebagaimana Liberty Society menjalankan bisnisnya. Maka itu, kolaborasi ini adalah langkah yang tepat bagi kami,” ujar Yaumi Fauziah Sugiharta selaku Co-founder dan Chief Executive Officer BASE.
Ratih Permata Sari, Co-founder dan Chief Product Officer BASE menambahkan, “Standarisasi kecantikan ideal sering membuat kita minder, tapi melalui #beBASEkspresi dengan limited- edition merchandise ini, kami harap perempuan Indonesia teringat untuk lebih percaya diri, berani bersuara, dan bangga terhadap dirinya sendiri.”
![]() Kampanye #beBASEkspresi/Base Skincare |
“Ini hanya satu dari banyak sekali langkah yang masih perlu kami ambil untuk membantu
mengubah perspektif kecantikan di Indonesia—salah satu goals yang ingin kami capai melalui BASE. Jadi, kami tidak akan berhenti sampai di sini, kami akan terus berusaha mendorong prinsip bahwa setiap orang adalah unik,” tegas Yaumi.
Kaus yang hadir dalam jumlah terbatas ini bisa didapatkan pada setiap pembelian Staple Kit yang terdiri dari cleanser, toner, dan moisturizer wajah seharga Rp 446.000 di www.base.co.id.